Cara Merawat Ban Motor, Tetap Awet dan Aman Digunakan

Share:

Cara Merawat Ban Motor, Tetap Awet dan Aman Digunakan

Otomotif   98   Update: 09/06/2024


Para pengendara motor tentu harus memperhatian bagian terpenting dari kendaraan kita selain, mesin dan lainnnya. Dalam hal ini ban motor merupakan bagian yang sangat penting pada sebuah kendaraan. Supaya ban kendaraan motor yang kita miliki aman digunakan dan awet saat dipakai, maka kali ini akan kami sajikan beberpa tips yang harus diperhatikan.

 

1 Perhatikan tekanan udara

Usahakan tekanan udara yang terdapat dalam ban motor sesuaikan dengan rekomendasi pabrikan pembuat ban itu sendiri. Pengisian udara jangan terlalu kuat juga terlalu rendah, sebab tekanan udara pada ban akan sangat mempengaruhi daya cengkram, selain kenyamanan, dan efisiensi bahan bakar. Periksa tekanan udara pada motor secara berkala terutama saat akan melakukan perjalanan jarak jauh.

2 Kondisi ban

Biasakan periksa ban sehabis berkendara atau ketika akan mengistirahatkan kendaraan kita. Pastikan bahwa ban kendaraan motor yang kita miliki terbebas dari adanya paku yang menancap, pecahan kaca, atau bentuk kerusakan lainnya. Jika ditemukan retakan pada ban motor atau adanya lubang, sebaiknya ganti dengan ban baru, untuk mengantisipasi ketika digunakan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

3 Rotasi ban

Biasakan melakukan rotasi secara berkala, karena hal ini akan membantu memastikan keausan yang terjadi pada ban. Di samping bisa meningkatkan umur pakai ban yang kita gunakan dan dapat menjaga kendaraan motor dalam keadaan tetap stabil.

4 Hindari beban berlebih

Hundari membawa beban berlebih saat menggunakan kendaraan sepeda motor, jangan melebihi batas maksimum yang telah ditentukan dan diizikan pabrikan. Karena muatan yang berlebihan dapat menimbulkan keausan pada ban kendaraan.

5 Perhatikan keseimbangan dan poros ban

Perhatikan keseimbangan dan poros ban, pastikan ketika memasangkannya dalam keadaan benar dan seimbang pada porosnya. Jika tidak seimbang atau kurang baik dalam memasangkannya dapat menyebabkan getaran yang tidak diinginkan ketika berkendara. Hindari hal yang dapat menjadikan kita tidak merasa aman dalam berkendara.

6 Kedalaman alur ban

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, kedalaman alur ban yang memadai dapat menjaga daya cengkram saat berkendara, terutama ketika kondisi jalan basah. Perhatikan jika kedalaman alur ban masih dalam batas yang aman. Pertimbangkan untuk segera menggantikan ban jika ketahuan dalam keadaan sudah aus.

7 Pengereman mendadak

Hindari melakukan pengereman yang bersifat mendadak, karena jika hal ini sering dilakukan pengendara maka bisa menyebabkan keausan yang berlebihan pada ban kendaraan yang kita pakai. Sebaiknya dan memang harus mencoba menghindari pengereman yang bersifat mendadak, demi menjaga kondisi ban dan aman berkendara.

8 Simpan dengan baik

Kalau seandainya kita menyimpan kendaraan dalam waktu yang cukup lama, harus dipastikan terlebih dahulu ban kendaraan terhindar dari sorotan sinar matahari secara langsung. Hindari meletakan di permukaan yang tajam. Selain itu, mengangkat motor dari tanah dengan menggunakan stang tengah dapat mengurangi beban pada ban motor.

9 Perawatan berkala

Rawatlah kendaraan motir secara berkala, selain bagian mesin dan lainnya juga termasuk ban kendaraan yang kita miliki. Perawatan yang baik tidak hanya meningkatkan ferforma, tetapi juga akan mampu meningkatkan keselamatan kita saat berkendara.

10 Penyeimbangan ban

Ketika kita menggunaakan kendaraan kemudian merasakan getaran yang tidak normal saat menjalankannya, sebaiknya segera melakukan penyetelan ulang. Perlunya melakukan penyetelan ulang, selain dapat membantu mengatasi getaran yang terjadi, juga dapat menjaga kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

11 Perhatikan saat mencuci

Ketika mencuci hendaklah menggunakan panduan yang benar, disamping ban motor mudah dibersihkan, juga bisa tetap dalam kedaan awet serta kinclong. Hindari sabun cuci motor yang dapat merusak ban.

Tentu saja setiap pemilik motor akan mengharapkan bannya saat dicuci tidak menyebabkan kerusakan, selain ban tetap dalam keadaan awet. Namun, siapa sangka ternyata ada sabun yang perlu dihindari terutama yang bisa menyebabkan ban menjadi kaku, keras, dan kehilangan daya cengkramnya saat digunakan.

Maka akibat menggunakan sabun cuci yang tidak semestinya, maka bisa berakibat pula pada ban kendaraan yang kita milik, mudah selip, kaku, dan bahkan bisa memoerpendek usia ban motor.

12 Gunakan air Bersih

Gunakan air bersih saat mencuci ban motor, sembur dengan selang pada tekanan air yang telah diatur. Bersihkan kotoran pada sela-sela ulir ban. Lalu bilas dengan lap untuk mengeringkannnya, ketika menjemur sebaiknnya hindari sorotan sinar matahari secara langsung.

13 Rawat dengan silicon murni

Sillikon murrni bisa digunakan untuk merawat ban motor yang mana fungsinya dapat mernjaga kelembaban ban dan membuat berfungsi optimal. Selain itu ban motor yang kita miliki akan awet dan tampak tetap bagus, serta siap menemani kita untuk melakukan perjalanan jauh.

14 Sikat dengan teliti

Untuk membersihkan kotoran dan kerikil kecil yang bersembunyi pada sela-sela ulir ban sebaiknya digosok dengan perlahan menggunakan sikat khusus tanpa memakai air sabun. Lakukan dengan teliti dan berhati-hati, supaya ban benar-benar bersih dan tidak menimbulkan goresan yang menyebabkan ban rusak.

15 Hitamkan ban dengan soda

Ban motor agar terlihat lebih cantik dan bagus, kita bisa menggunakan minuman soda. Ternyata minuman ini tidak hanya menyegarkan ketika diminum, juga bisa menghitamkan ban motor dengan cara yang sangat mudah. Tinggal dituangkan dengan menggunakan kuas, minuman soda tadi lalu usapkan ke seluruh permukaan ban dan biarkan hingga kering, maka ban motor akan kembali tampak menjaji hitam dan berkilau.

Penutup

Ban merupakan komponen kendaraan yang sangat penting selain bagian yang melakukan kontak langsung dengan permukaan jalan saat digunakan. Di samping memiliki fungsi utamanya, yaitu memberikan daya cengkram, stabilitas, dan kenyamaan ketika bergerak di atas jalan. Juga ban berperan dalam meredam guncangan yang ditimbulkan dari permukaan jalan ketika melaju, sehingga dapat memastikan kendaraan bisa bergerak dengan aman dan lancar.

Maka melakukan perawatan terhadap ban motor dengan baik merupakan langkah penting yang harus dilakukan untuk memastikan kinerja optimal dan keamanan ketika kita berkendara.

Maka tentu saja perlu memperhatikan dalam hal perawatannya, sebagaimana telah dikemukakan dan diuraikan di atas, cara merawatnya agar awet dan aman bagi pengendara.(Alam)

Author by: Alam

Artikel terbaru


Keyword

pengendara motor aman digunakan awet saat dipakai daya cengkram ban motor