Motor Matic Honda Vario Sering Gredek dan Cara Mengatasinya

Share:

Motor Matic Honda Vario Sering Gredek dan Cara Mengatasinya

Otomotif   28   Update: 15/06/2024


Motor matic sebagai salah satu jenis sepeda motor roda dua masih menjadi primadona di kalangan penggunanya. Selain harganya yang cukup terjangkau, biaya perawatan yang relatif murah, juga karena body, desain dan cara operasionalnya yang jauh lebih simple. Meskipun dirasa sederhana dalam penggunaannya, terdapat sejumlah masalah yang sering dikeluhkan sejumlah pengguna khususnya pemilik sepeda motor matic Honda Vario.

Sebagai merek motor yang diproduksi oleh Astra Honda Motor di Indonesia, Motor bertransmisi otomatis ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006. Diproduksinya motor Honda Vario ini dimaksudkan untuk semakin populernya motor matic di pasar sepeda motor Indonesia. 


Penyebab Honda Vario Sering Gredek

Agar tidak terjadi kekeliruan dalam mengidentifikasi gejala gredek-gredek pada motor matic Honda Vario, jangan langsung mendiagnosa dan memvonis penyebab tanpa dilakukan lebih dahulu pemeriksaan oleh mekanik, karena tak jarang penyebab yang ditimbulkan dari masalah tersebut diakibatkan oleh sejumlah masalah di beberapa komponen sepeda motor.  

Berikut ini terdapat beberapa penyebab yang sering menimbulkan gredekan pada sepeda motor matic Honda, diantaranya:

  1. CVT Kotor

Salah satu penyebab yang sering mengakibatkan gredekan adalah karena kondisi CVT atau Continuously Variable Transmission yang kotor dari partikel-partikel debu yang masuk. Terdapat sejumlah penyebab kotoran tersebut muncul, mulai dari lingkungan sekitar atau bisa juga karena kampas rem gandanya yang bermasalah. 

  1. Kualitas Kampas Ganda 

Penyebab yang lainnya terletak pada kondisi dan kualitas rubber clutch damper atau biasa disebut sebagai karet penahan kampas ganda sudah mengeras. Karena kualitasnya tersebut berkurang, maka kampas akan menjadi goyang tidak stabil karena ketiadaan penyangga sehingga yang terjadi adalah benturan atau gesekan dengan mangkuk tempat kopling berada. 

Beberapa penyebab gredek yang kerap ditemui beberapa mekanik pada Honda Vario ditimbulkan pada saat kampas ganda memutar mangkok kopling. Namun proses pengembangan tersebut terganggu karena terdapat beban dari roda dan pengenda, sehingga kondisi tersebut menyebabkan kampas kopling ganda kesulitan untuk memutarkan mangkok kopling, sehingga yang terjadi adalah gredek pada saat putaran mesin awal. 

Dengan kata lain, mangkok kopling sedang dalam kondisi diam, tetapi kampas kopling berusaha berputar, sehingga yang akan terjadi justru selip karena permukaan kampas yang kotor dan kemudian perputaran tersebut menimbulkan suara decitan dan gredek pada saat berakselerasi.

  1. Grease Pada Pulley Rusak dan Roller CVT Rusak

Penyebab lain adalah kondisi grease atau gemuk pada pulley bocor sudah mengeras atau sudah menipis. Karena kondisi seperti ini menyebabkan kampas ganda bergoyang. Selain itu, rusaknya roller weight atau roller CVT serta fan belt yang sudah aus juga menjadi sejumlah faktor lain yang menyebabkan terjadinya gredekan pada sepeda motor matic Honda Vario.

Dari sejumlah informasi yang termuat di media massa, keluhan dan permasalahan mengenai gredekan di bagian CVT dialami di sejumlah pengguna beragam motor matic khususnya Honda Vario. Biasanya, suara getaran atau gredekan ini terjadi ketika tarikan gas pertama, atau ketika hendak berakselerasi pada putaran mesin bawah ke menengah. Kondisi ini sering membuat penggunanya tidak nyaman terlebih ketika situasi jalan raya yang sedang macet. Selain menimbulkan suara yang berisik, tarikan gas menjadi lambat dan berat, akselerasi motor pun tidak mulus karena getar yang diakibatkan terasa sampai pada stang. 


Cara Mengatasi Gredek Pada Motor Honda Vario

Tidak sedikit dari pemilik motor matic yang mengeluhkan soal munculnya gredekan kasar pada mesin motor ketika menarik gas. Dari sejumlah penyebab terjadinya masalah tersebut yang sudah diidentifikasi, terdapat sejumlah cara untuk meminimalisir hingga menghilangkan gejala gredek tersebut. Karena sumber masalah ini sering terjadi pada CVT, jadi untuk mengurangi tarikan kasar tersebut hingga menimbulkan gredekan, lakukan pemeriksaan secara berkala, perawatan dan pergantian sejumlah part di CVT. Cara ini sering dilakukan oleh sejumlah mekanik untuk mengatasi kredekan pada sepeda motor matic Honda Vario. 

Berikut ini terdapat beberapa alternatif cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala gredekan pada motor matic Honda Vario, diantaranya.

  1. Service CVT Secara Berkala

Solusi yang paling mudah yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan konsisten membersihkan sejumlah part di CVT termasuk memeriksa kondisi mangkok kopling agar tidak dalam kondisi kotor yang akan mengakibatkan gangguan pada sistem penggerak. Umumnya, ongkos yang diperlukan untuk membayar biaya service pemeriksaan dan pembersihan CVT ini berkisar Rp35.000 termasuk melakukan pembersihan seluruh area CVT dengan semprotan angin, pemeriksaan roller, hingga menambah grease CVT yang telah kering. 

  1. Modifikasi CVT

Akan tetapi mengatasi masalah gredekan pada motor matic Honda Vario hanya dengan membersihkannya bersifat sementara dan tidak permanen menghilangkan gejala gredekan. Karena sifatnya preventif cara seperti ini tidak akan menghilangkan masalah gredekan untuk selamanya, tapi ada waktu tertentu masalah tersebut akan muncul lagi.

Selain dengan cara mencegahnya, dikutip dari beberapa sumber di internet terdapat cara lain yang bisa dilakukan dan direkomendasi oleh sejumlah mekanik yakni dengan menggunakan mangkok kopling aftermarket atau dengan cara memodifikasi melubangi mangkok kopling agar partikel kotoran mudah terlepas dari part-part di CVT. Meski terbilang cara ini cukup progresif, tapi di faktanya di lapangan jalan keluar alternatif ini cukup efektif. Sedangkan untuk estimasi biaya yang diperlukan untuk mengerjakan cara ini berkisar di harga Rp75.000, belum termasuk pembelian produk aftermarket dengan kisaran harga sekitar Rp350.000 sampai Rp450.000 tergantung mereknya. 

  1. Ganti Kampas CVT

Tak hanya dengan kedua cara tersebut, upaya lain yang dapat dilakukan guna menghilangkan gredekan juga dapat dilakukan dengan mengganti per kampas CVT dengan ukuran 1.500 rpm. Part ini dipercaya sejumlah pemerhati otomotif dapat meredam getaran, karena membantu bukaan kampas kopling kala digas. Untuk harganya sendiri per kampas CVT dijual dengan harga sekitar Rp50.000 tergantung jenis, kualitas dan pabrikannya.

Namun di sejumlah bengkel untuk pengerjaan dengan cara ini biasanya dibanderol dengan biaya Rp100.000 termasuk pembersihan area CVT, ganti kampas CVT hingga membersihkan filter saringan udara. 

Author by: Yayang Nanda Budiman

Artikel terbaru


Keyword

Motor Matic Honda Honda Vario Service Motor Honda Vario Gredek Cara Mengatasi Motor Gredek Biaya Service Motor Vario