Mesin 2JZ Toyota Powerfull Favorit Para Drifter

Share:

Mesin 2JZ Toyota Powerfull Favorit Para Drifter

Otomotif   30   Update: 13/06/2024


2JZ adalah mesin yang di produksi oleh Toyota. Mesin yang pertama kali di produksi pada 1993 terpasang di mobil Toyota supra MK IV memeiliki beberapa ke istimewan. Mesin ini berkonfigurasi 3000 CC, enam silinder segaris, Full injection dan dapat menghasilkan tenaga mencapai 300 Hourse Power.

Mesin yang terkenal dengan powernya yang besar dan di favoritkan oleh para pembalap drift. Balapan drift membutuhkan power yang besar dari mesin untuk memutar roda belakang sehingga terjadi slip pada roda. Para pembalap drift menggunakanya untuk balapan pada mobil drift mereka, karena dapat di modifikasi sesuai kebutuhan mereka.


Kenapa 2 JZ dipakai Untuk Drifting

Powerful

Mesin ini di bekali dengan 6 silinder dengan tenaga dasarnya 300 Hourse Power. Tenaga setandar yang sudah di atas rata-rata mobil pada umumnya, menjadikan mesin ini salah satu yang paling powerful di kelasnya. Tenaga mesin umumnya pada kondisi standar berkisar hanya 200 Hourse Power, contohnya BMW E36 dengan konfigurasi dan setup yang mirip mobil keluaran tahun 1996 ini hanya mampu memproduksi Hourse Power sebesar 169 hp saja.

Dengan menggunakan blok yang tebal mesin ini mampu menerima ledakan dari ruang bakar dengan sangat baik. Mesin ini mampu di modifikasi sampai 1000 Hourse Power, dengan modifikasi yang sangat ekstrim ini membuat mesin mendapatkan tekanan kompresi yang cukup kuat.

Part setandarnya mempu menahan power yang tinggi dari mesin. Mesin ini tampa di ganti internalnya mampu di modifikasi sampai 400 Horse Power. Tidak banyak mobil dengan parts standart mampu di modifikasi sampai 400 Hourse Power.

Drifting mewajibkan mesin memiliki dengan daya tehan yang super kuat karena olahraga balap mobil menggunakan RPM tinggi untuk mendapatkan power. Putaran mesin tinggi membuat mesin menjadi panas, apabila mesin tidak memiliki daya tahan yang baik maka mesin akan cepat jebol.

Populainya Banyak

Mesin 2JZ memiliki populasi yang banyak, karena Mesin ini di pasangkan ke banyak mobil keluaran Toyota dan dengan berbagai tipe. Semua tipe mobil yang di pasangkan 2JZ memiliki tenaga output di atas 200 Hourse Power. Tipe mobil yang di pasangkan mesin 2JZ ada yang menggunakan turbo ada pula yang tidak.

Walaupun tidak menggunakan turbo tapi mesin ini masih bisa di modifikasi dengan di pasangkan turbo after market. Pemasangan turbo bertujuan untuk mendongkrak tenaga /Hourse Power.

Inilah mobil yang menggunakan mesin 2JZ, Toyota Aristo, Toyota Altezza AS300, Toyota Chaser, Lexus IS300, Toyota Supra, Toyota Crown, Toyota Mark II, Toyota Soarer, dan masih banyak yang lagi.

Bobot Mesin yang Ringan

Balapan drifting adalah salah satu balapan yang membutuhkan mobil dengan bobot yang ringan. Karena dengan bobot yang ringan akan membuat mobil mampu mengepot lebih cepat. Para drifter berlomba lomba membuat mobil mereka seringan mungkin, dengan memasangkan mesin yang ringan juga. Mesin 2JZ adalah mesin yang ideal, mesin ini haya memiliki bobot mesin sekiter 200 kg.

Ini lebih ringan kalau di bandingkan dengan mesin v8 lsx yang berbobot mencapai 300 kg, yang notabenya memiliki tenaga yang sama dengan 2JZ.

Part Performence Banyak dijual

Mesin ini mampu di modifikasi dengan sangat ekstrim, namun modifikasi ekstrim membutuhkan part performence yang berkwalitas. Parts performence yang paling terkenal adalah HKS brand besar satu ini membuat part erformence untuk 2JZ mulai dari piston sampai ke turbo.

Namun pabrikan seperti Tomei juga menyediakan part 2JZ. Pabrikan Jepang ini membuat part performence untuk mesin ini lengkap dan dengan spek yang beragam. Bukan hanya dua brand besar namun banyak brand yang menyediakan part performencenya.


Drifter yang Menggunakan mesin 2JZ

Ziko Harnadi

Drifter yang menggunakan mesin ini dari tahun 2015 sampai sekarang adalah Ziko Harnadi. Pembalap dari tim BSI Drift Tim ini sangat memfavoritkan mesin ini. Memfavoritkan mesin jenis ini dan terpasang pada mobilnya yaitu Nisan Silvia 180 SX yang membawanya juara D1 GP Malaysia dan IDS seri 1.

Dirinya juga memiliki chanel Youtube dengan nama Garasi Drift yang memiliki Jumlah subcriber sebanyak 1,98 juta. Cahanel ini adalah chanel tentang otomotive dan drifting terbesar di indonesia.

Emanuel Amandio

Drifter yang satu ini adalah drifter yang malang melintan di dunia drifting karena dirinya sudah menjuarai hampir di seluruh kejuaraan drifting di Indonesia. Walaupun dirinya terkenal dengan mesin SR nya namun dia juga menggunakan mesin 2JZ di salah satu mobilnya.

Mobil amandio yang menggunakan 2 JZ adalah mobil nisan silvia S14. Walaupun enggunakan mesin standar dan hanya ganti turbo yang lebh besar, mobil ini bisa menjuarai banyak kejuaraan di indonesia salah satunya kejurnas Achilles Drift Battle Championship.

Akbar Rais

Salah satu presiden drift di Indonesia ini menggunakan mesin 2JZ di semua mobil balapnya. Mobil balapnya yang hampir semua BMW di swap engine menggunakan 2JZ. Akbar Rais adalah salah satu pengemar mesin 2JZ karena dirinya dari pertama kali mulai drifting sudah nengunakan mesin ini.

James Dean

Drifter Formula Drift ini menjadi pembalap ter Populer di dunia drifting di beberapa tahun belakangan. Dengan prestasinya yang sangat mentereng di dunia drifting menjadikanya dirinya sangat terkenal.

James Dean mengendarai mobil Silvia S14 dengan swap engine 2JZ. dengan tenaga 980 HP on wheel, menjadikan dirinya salah satu drifter yang berbahaya dalam dunia drifting. Hampir semua mobil balapnya menggunakan Mesin 2JZ, seperti BMW M3 E92 miliknya yang di swap engine menggunakan mesin ini.

Dengan popularitasnya James Dean berkolaborasi mengembangkan kaki-kaki yang khusus untuk drifting yaitu wisefeb. Kaki- kaki ini memiliki engel belok yang patah bisa mencapai 160 drajat, namun untuk harganya yang mahal mencapai 60 juta untuk pasar indonesia membut para drifter di indonesia harus merogoh kocek yang dalam.

Author by: Taufiq Irfani

Artikel terbaru


Keyword

2JZ Mesin Powerfull drift Mesin 2JZ Drifter Favorit drifting pakai 2JZ ziko harnadi james dean mesin awet mesin tahan lama