Fitur & Harga N-Max Baru dan Nama Turbonya

Share:

Fitur & Harga N-Max Baru dan Nama Turbonya

Otomotif   22   Update: 20/06/2024


Mengenal N-Max Gen 3 dan Nama Turbonya

Yamaha meluncurkan motor baru di keluarga matic touring yaitu N-Max dengan teknologi terbaru yang mereka usung. Teknologi itu adalah turbo dengan teknologi ini membuat N-Max lebih baik dalam kondisi akselerasi di putaran manapun sehingga memiliki tenaga yang konstan.

Dengan tampilan body yang mirip dengan N-Max generasi pertama yang memiliki body yang ramping. Dengan mempertahankan teknologi yang sama dengan yang generasi sebelumnya membuat kenyamanan berkendara masih terjaga.

Hadir dengan teknologi yang di kembangkan oleh yamaha dengan teknologi yang bernama turbo membuat N-max keluaran teraru ini memiliki torsi yang maksimal. Namun turbo yang satu ini berbeda dengan turbo yang umum di pasaran.

Memberikan fitur lebih dari pada generasi sebelumnya dan lebih baik dari motor keluaran dari pabrikan lain membuat harga 45 juta adalah harga yang cukup masuk akal. Di bawah ini adalah beberapa fitur yang ada dalam yamaha N-Max gen 3.

Fitur baru yang ada di N-Max gen 3

Teknologi dan fitur yang di berikan oleh Yamaha pada motor cukup banyak. Dengan mengusung konsep maxsi membuat motor N-Max gen tiga memiliki body seperti pendahulunya yaitu Yamaha leksi dan N-Max gen sebelumnya.

New Engine 155cc YECVT, Blue Core & VVA

Mesin Blue Core 155 cc generasi terbaru yang disempurnakan ditambah dengan teknologi Yamaha Electric CVT (YECVT) yang mampu memberikan berkendara dengan sensasi "Turbo".

Turbo Riding Mode

Dilengkapi 2 mode berkendara, T Mode : Town Commuting (untuk penggunaan saat berkendara di perkotaan) , S Mode : Sport Touring (untuk penggunaan saat berkendara yang membutuhkan akselerasi lebih seperti saat perjalanan keluar kota).

Turbo Y-Shift

"Turbo" Y-Shift memberikan pengalaman akselerasi dengan 3 tingkatan, 1 atau low, 2 yaitu medium, 3 itu High. yang dapat dioperasikan dengan menekan tombol Y-Shift saat berakselerasi maupun saat ingin merasakan engine brake.

Dual Channel ABS (Anti-Lock Braking System)

Kontrol pengereman yang optimal dengan Dual Channel Anti-Lock Braking System.

Traction Control System (TCS)

Sistem yang dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

Tubeless Wide Tire

Ukuran ban depan 110/70 - 13", Ukuran ban belakang 130/70 - 13" memberikan pengalaman berkendara yang nyaman saat bermanuver.

Rear Sub-Tank Suspension

Untuk mendukung performa berkendara yang lebih nyaman diberbagai kondisi jalan. *optimized setting with 5mm lengthened stroke suspension.

Performance Damper

Mendukung performa handling yang semakin stabil selama perjalanan dan saat cornering.

MAXi Design

Desain khas MAXi Yamaha dengan dimensi MAXi yang terlihat lebih tegas, elegan dan modern sehingga meningkatkan rasa bangga saat berkendara.

Front & Rear LED Lamp With Dual Projector

Desain lampu depan dan belakang baru yang memberikan kesan tegas, mewah, dan modern. Dilengkapi Dual Projector LED sehingga pencahayaan jadi optimal, lebih terang, dan fokus

TFT Navigation Display

Jelajahi tempat-tempat baru dengan bantuan sistem navigasi yang didukung oleh Aplikasi Garmin Street Cross yang ditampilkan di TFT Infotainment Display.

Multi Infotainment Display With Y-Connect

Desain baru Full LCD Speedometer yang informatif untuk pengendara dengan konektifitas dengan Y-connect dapat memberikan notifikasi pesan dan telpon.

Turbo di N-Max

Menggunakan istilah turbo membuat motor ini menjadi pusat perhatian para pengamat otomotif. Kata turbo yang di semakan pada nama N-Max yang terbaru ini membuat pro dan kontra. Pasalnya turbo yang ada dalam motor ini adalah sistem yang berbeda dengan sistem yang ada pada mobil yang sering kita lihat.

Turbo pada motor N-Max adalah sistem yang ada dalam CVT terbaru yang di buat oleh yamaha. Sistem CVT yang di sempurnakan dengan tambahan motor pengerak yang di pasangkan di sebrang box CVT. Berfungsi untuk mengerakan pully CVT depan supaya akselerasi menjadi lebih instan.

Dengan tambahan motor yang bertujuan sebagai penganti karet roler fungsinya mengantikan gerak sentrifugal yang dari roler depan.

Motor tambahan yang di atur dengan ECU pada motor N-Max juga dapat di atur menggunakan tuas yang ada di bagian kiri setang dan bisa di gunakan pada saat di butuhkan torsi pada situasi tertentu. Fitur tuas ini bertujuan untuk menambahkan lonjakan tenaga pada saat ingin menyalip atau pada saat tanjakan.

Perbedaan Turbo Pada N-Max dan Turbo Pada Mobil

Perbedaan adalah komponen dan cara kerjanya turbo pada N-Max adalah membantu performa dari CVT untuk meningkatkan akselerasi. turbo pada motor ini menggunakan dinamo yang memutar pully depan untuk mendapat akselerasi yang lebih baik.

Sedangkan turbo pada Mobil memiliki parts tambahan yang ada di luar mesin yang fungsinya untuk menambahkan udara yang berasal dari kenalpot ke dalam ruang bakar. Sistem turbo pada mobil memiliki banyak komponen mulai dari turbo, intercooler, wesget, dan blowoff.

Dengan perbedaan yang mencolok ini membuat sistem turbo pada N-Max bukanlah sistem turbo yang sebenrnya. Penambahan yang cukup mencolok ini membuat para pengamat otomotive bertanya tanya apakah ini turbo asli atau hanya marketing.

Dalam vidionya bersama ridwan Hanif yang di upload bebrapa waktu lalu pada tiktok ridwan hanif rahmadi mengatakan” itu bukan turbo asli bukan, turbo itu bukan seperti itu hanya markrting.” Statment dari om Mobi ini tidak salah karena sistem yang si gunakan oleh yamaha adalah bukan sistem yang ada dalam turbo.

Dengan nama yang cukup kontroversial membuat beberpa riviewer otomotive membuat vidio tentang motor ini. Dengan antusiasme yang bagus dari para riviewer membuat nama N-Max Turbo semakin naik dan penjualan N-Max menjadi meningkat karena marketing yang bagus dari Yamaha dalam segi nama ini.

Kesimpulan

N-Max generasi ke tiga ini bukan motor yang di pasangkan turbo namun sensasi yang serasa turbo yang dapat di atur dengan tuas. Yamaha menyematkan nama turbo yang bertujuan untuk marketing dan banyak mengundang atensi dari para pengamat adalah tujuan utama dari pabrikan yang satu ini.

Dengan harga yang cukup tinggi yaitu 45 juta apakah kalian akan membeli motor ini?,  karena kelas  di atasnya yaitu X-Max memiliki harga yang hanya sedikit di atasnya yaitu 66 juta. Pilihan antara N-Max dan X-Max adalah pilihan yang akan datang pada kalian yang akan membeli motor N- Max mengingat dari harganya yang berdekatan.

Author by: Taufiq Irfani

Artikel terbaru


Keyword

n-max turbo n-max gen 3 harga n-max n-max turbo fitur n-max n-max baru