Rem Blong Motor Matik Ketahui Penyabab dan Cara Merawatnya

Share:

Rem Blong Motor Matik Ketahui Penyabab dan Cara Merawatnya

Otomotif   31   Update: 13/06/2024


Rem Blong Pada Motor Matik Ketahui Jenis, Kerusakan, dan Cara Merawatnya,, 

Rem blong adalah momok bagi para pengendara sepeda motor matik. Rem blong salah satu penyebabnya adalah kurangnya perawatan. Perawatan yang meliputi dari pengecekan rem belakang dan rem depan. Pengecekan dan perawatan ini umumnya di lakukan satu bulan sekali.

Kasus rem blong yang terjadi pada motor matik biasanya terjadi pada saat motor melewati turunan yang panjang. Bukan hanya turunan panjang namun penyebab rem blong juga karena kelalaian pengendaranya dalam perawatan.


Pentingnya Perawatan Rem

Rem sangat penting di dalam kendaraan bermotor. Khususnya motor matik yang memiliki sistem yang menggunakan CVT. Motor yang menggunakan CVT tidak bantuan pengereman dari mesin atau sering di sebut engine break.

Maitik ketika tidak di rawat rem nya akan menganggu keamanan dalam hal berkendara. Namun jika dilihat dari fungsinya sendiri rem adalah alat yang di gunakan untuk memperlambat motor bahkan berfungsi untuk menghentikan motor itu sendiri.

Dengan fungsi yang sepenting ini menjadikan perawatan pada komponen ini sangat panting dan harus di lakukan.


Tipe- tipe Rem Pada Motor

1. Rem Cakram/ Disk Breake

Sistem rem yang satu ini adalah salah satu yang paling efisien. Rem jenis ini menjepit piringan besi dengan kampas yang di dorang dengan sistem hydrolik dari piston dalam master rem. Dengan penyempurnaan dari rem sebelumnya menjadikan sistem yang satu ini hampir di gunakan di seluruh motor yang keluaran terbaru.

Penggunaan rem jenis ini mumumnya di gunakan pada rem depan di sepeda motor matik dan di jenis motor lain. Rem belakang yang menggunakan rem jenis ini biasanya pada motor soprt atau ber CC besar seperti 125 CC ke atas.

2. Rem Tromol/ Mekanik

Rem yang satu ini adalah salah satu rem yang penerapanya di pakai di motor keluaran lama. Motor lama yang menggunakan rem jenis ini biasanya di pasangkan pada rem belakang dan depan. Dengan menggunakan kabel rem dan tromol yang di dalamnya berisi kampas rem. Dengan mengunakan mekanisme kampas yang menjepit tromol dengan ungkitan tuas untuk memperlambat roda.

Pada motor matik rem jenis ini di pasangkan pada rem belakang. rem belakang adalah salah satu rem yang sering menggunakan tromol karena kegunaanya tidak sekrusial rem depan. Rem belakang berfungsi untuk memperlambat saja, tidak seperti rem depan kalau rem depan di gunakan untuk menghentikan motor secara penuh.


Kerusakan yang Sering Terjadi pada Rem

1. Kampas Habis

Kehabisan kampas rem adalah masalah yang sering terjadi pada motor. Karena pengunaan yang bersifat harian memicu faktor terjadinya hal tersebut. Kehabisan kampas rem pada motor salah satunya membuat rem menjadi kehilanga cengkraman pada bidang gesek.

Tanda- tanda kehabisan kampas adalah bunyi besi yang bergesekan. Gejala ini biasanya di alami oleh rem jenis cakram atau disk break. Jika terjadi indikasi ini segeralah menganti kampas rem, jika di biarkan akan membuat piringan cakram kalian tergerus oleh besi kampas rem yang sudah habis.

Untuk rem tromol kehabisan kampas di tandai dengan rem ketika di injak atau di tarik tuasnya pengereman semakin dalam. Hal ini di sebabkan oleh rem yang kehilangan daya gesek karena terkikisnya kampas rem. Serta gap antara tromol dan kampas menjadi lebih lebar dari setandar yang di anjurkan. Pergantian kampas rem sendiri harus menggunakan kwalitas yang bagus atau menggunakan kampas original.

Dengan mengganti dengan kwalitas yang bagus akan memper awet umur dari rumah tromol itu sendiri. Pengantian dengan menggunakan kampas yang kurang berkwalitas akan menimbulkan gesekan yang kasar dengan rumah tromol. Kampas dengan kwalitas yang jelek memiliki bidang gesek yang cenderung kasar. Gesekan yang terjadi antara tromol dan kampas yang bersifat terus menerus akan menimbulkan keausan pada rumah tromol.

Keausan pada rumah tromol yang sudah parah akan menimbulkan rem tidak bisa berfungsi dengan optimal karena bidang gesek yang menjadi tidak rata, jika hal ini terjadi adalah menganti rumah tromol dengan yang baru. Pengantian rumah tromol memerlukan biyaya yang besar mengingat harga rumah tromol yang mahal.

2. Kabel Rem Putus

Kabel rem adalah salah satu penghubung antara tuas rem dan tuas pengungkit pada rem jenis tromol. Putusnya kabel rem membuat rem tidak berfungsi, salah satu penyebab putusnya  kebel ram di akibatkan oleh kwalitas kabel yang kurang baik dan umur kabel rem yang sudah lama. Penyebab lain yang menyebabkan putusnya kabel rem adalah rusaknya lubang pengait di handel rem yang dindingnya menjadi tajam.

Hal ini menjadikan kabel rem ujung pengaitnya menjadi terkikis, dan mengakibatkan putusnya kabel rem. Jika kabel rem putus terjadi pada motor matik akan menjadi kan rem kehilangan fungsinya karena tidak ada penghubung antara tuas rem dan sistem rem yang ada di roda.

3. Minyak Rem Habis

Habisnya minyak rem sering terjadi. Hal ini di akibatkan menguapnya minyak rem karena panas dari master rem bawah yang berlebih atau kebocoran pada saluran pada selang rem. Habisnya minyak rem terjadi pada rem bertipekan rem cakrem atau rem disk break.

Sebagai penganti kabel rem, minyak rem sendiri berfungsi sebagai penghubung antara tuas rem dan master rem serta berfungsi sebagai pengerak piston. Pengecekan minyak rem harus di lakukan secara berkala karena jangka waktu minyak rem itu habis tidak bisa di prediksi.

Indikasi minyak rem yang habis adalah rem menjadi blong dan tidak ada lagi cengkraman di tuas rem. Bagi kalian yang ingin mengecek minyak rem kalian bisa mengecknya dengan melihat di kaca di tempat penampungan minyak rem.

4. Rusaknya Sil Master Rem

Sil pada rem hanya ada dalam rem berjenis rem cakram/ disk break. Sil terletak di master rem atas dan master rem bawah. Kerusakanya sendiri di karenakan usangnya karet sil, karena berbahan karet sil sendiri mudah mengalami rusak. Kerusakan di akibatkan oleh sobeknya karet itu sendiri atau karet berubah menjadi keras karena umur.

Pengantian karet sil di lakukan jika mengalami kebocoran pada area yang menggunakan karet sil. Di kedua master rem memiliki karet sil yang fungsinya sangat krusial di setiap komponen. Jika ingin menganti karet sil kalian harus membongkar sistem rem dengan total dan biyaya pengantianya cukup mahal.


Perawatan Pada Rem

Perawatan yang harus di lakukan pada rem cakram ataupun rem tromol biasanya di lakukan setiap satu bulan sekali atau dua bulan sekali. Dibawah inilah beberapa perawatan rem pada motor.

  • Membersihkan rem
  • Mengecek minyak rem
  • Pengecekan kablel rem
  • Pengecekan kampas rem
  • Pengantian Parts yang mengalami keausan

Author by: Taufiq Irfani

Artikel terbaru


Keyword

rem motor Matik rem blong jenis rem kerusakan rem cara merewat rem