Piston: Jenis, Kerusakanya, dan tips Merawat

Share:

Piston: Jenis, Kerusakanya, dan tips Merawat

Otomotif   44   Update: 09/06/2024


Piston: Jenis, Kerusakanya, dan tips Merawat

Piston adalah salah satu komponen di dalam mesin yang fungsinya sangat vital pada kendaraan bermotor. Fungsi piston adalah memproduksi tenaga pada kendaraan bermotor, walaupun mobil dan motor masing- masing memiliki piston namun kedua memiliki jumlah piston yang berbeda.

Piston pada mobil memiliki jumlah lebih dari satu. Jumlah yang umum di pakai pada mobil adalah 3 sampai 4 piston untuk mobil berjenis harian, namun ada pula yang menggunakan sampai 12 piston dalam satu mobil peruntukanya untuk motor sport. Untuk motor umumnya memiliki jumlah 1 piston namun untuk motor dengan jenis superbike memiliki jumlah piston 4 sampai 6 piston pada satu motor, bertujuan untuk performa dan kecepatan.

Pentingya Piston Pada Kendaraan Bermotor

Piston sangat penting karena salah satu pengerak mekanisme pembuat tenaga pada kendaraan bermotor. Tenaga yang di ciptakan berfungsi untuk memutar roda pada kendaraan bermotor. Mengandalkan gerakan bolak- balik di dalam silinder, dengan bahan bakar yang di embunkan dan di ledakan dengan percikan bunga api dari busi. Memberikan tendangan tenaga di dalam ruang bakar untuk menghasilkan putaran pada roda.

Penting bagi setiap pengendara atau pemilik kendaraan bermotor untuk menjagakesehatan komponen ini . Bertujuan untuk menjaga ke awetan kendaraan itu sendiri. Apabila mengalami kerusakan pada komponen yang satu ini maka motor tidak akan berfungsi dengan maksimal bahkan dapat mengalami macet.

Jenis- jenis Piston pada Kendaraan Bermotor

Piston Alumunium

Piston yang satu ini adalah jenis piston yang berbobot ringan, untuk jenis ini selain bonotnya ringan mampu menahan panas yang tinggi. Piston jenis ini di gunakan untuk kendaraan penumpang.

Piston Cast Iron

Piston ini jenis piston dengan durability yang tinggi, dengan ketahanan tinggi menjadikanya andalan untuk mesin bertipekan mesin industri dan truk.

Piston Forged

Jenis yang satu ini menggunakan tempaan tingkat tinggi untuk mendapatkan kekuatan pada piston yang tinggi. Dengan tingginya kekuatan yang di hasilkan oleh piston ini menjadikan salah satu komponen andalah untuk balapan dan mesin performa tinggi.

Piston Coated

Piston coated dilapisi dengan lapisan tahan aus untuk meningkatkan umur pakai dan mengurangi gesekan. Umumnya digunakan mana gesekan rendah sangat di utamakan.

Kerusakan yang Terjadi pada Piston

Aus karena umur pemakain

Lamanya umur pemakaian piston pada kendaraan bermotor mengakibatkan keausan serta terkikisnya dinding piston. Aus akibat gesekan yang terlalu sering dengan dinding srilinder mengakibatkan piston ukuranya menjadi mengecil. Kerusakan jenis ini mengakibatkan bunyi nglitik pada silinder dan memungkin masuknya oli ke runga bakar.

Piston Pecah

Diakibatkan pemakian yang ekstrim pada kendaraan bermotor mengakibatkan benturan dan tekanan yang tinggi pada piston hal ini yang mampu membuat piston mengalami keretakan bahkan pecah. Benturan pada piston bisa di akibatkan oleh timing dari katup yang menutup dengan kurang cepat dan menabrak piston yang sedang bergerak ke atas.

Tekanan dari kompresi yang tinggi. Kekuatan yang kurang pada piston mengakibatakan pecahnya piston saat menerima tekanan yang di atas kemampuan piston itu sendiri. Pecahnya piston merusak banyak komponen di dalam mesin. Kerusakan yang di timbulkan adalah rusaknya komponen lain seperti lecetnya dinding silinder dan bengkoknya setang piston menjadi kerusakan parah yang di akibatkan oleh pecahnya piston.

Lemahnya Ring Piston

Ring piston salah satu komponen yang menempel pada setiap piston yang terpasang pada silinder. Ring piston memiliki fungsi untuk menahan oli dan menjadi permukaan yang bergesekan langsung ke dinding silinder.

Tidak ratanya dinding silinder menjadikan ring piston terkikis sedikit demi sedikit, walaupun komponen in harganya tidak mahal. Namun pemasanganya akan memakan biyaya yang mahal karena harus membongkar mesin dan melepas banyak parts.

Pen Piston aus

Pen piston yang aus menyebabkan bunyi pada piston karena getaran yang tinggi di terima pada piston. Bila di biarkan akan mengakibatkan piston mengalami getaran yang berlebih menyebabkan luka di dinding silinder.

Piston Lecet

Diakibatkan oleh sering kekurangan oli di dalam ruang mesin mengakibatkan piston lecet. Piston yang lecet mengakibatkan masuknya oli ke ruang bakar dan membuat asap putih yang keluar dari dalam kenalpot. Kekurangan oli adalah penyebab yang paling besar mengakibatkan masalah ini.

Piston Oblak

Bukan hanya pen piston bisa oblak namun piston sendiri bisa oblak karena gesekan. Ekstrimnya gesekan pada piston dapat memicu terkikisnya dinding piston dan mengakibatkan bunyi nglitik pada mesin. Efek yang paling parah bisa membuat motor menjadi ngebul.

Piston Macet

Piston perlu pelumasan yang baik. Kerusakan karena kurangnya pelumasan adalah hal yang sering terjadi. kekurangan oli dalam ruang mesin adalah penyebabnya. Kurang pemahaman akan masalah ini mengakibatkan piston tidak mau bergerak dan motor menjadi macet. Kalau piston sudah mengalami macet akan berimbas ke komponen lain seperti dinding silinder yang akan mengalami baret.

Tips merawat piston

Menganti oli

Menganti oli dengan teratur akan memperpanjang umur piston, karena piston terlumasi dengan baik dan gesekan antara piston dan silinder menjadi minim. Seluruh komponen yang berkaitan dengan piston akan terlumasi dengan mereta dan Terhindar dari kehabisan oli.

Menjaga Kebersihan piston

Menjaga kebersihan pison adalah salah satu keharusan bagi para pengunna kendaraan bermotor, karena piston yang kotor dapat menyebabkan macet dan lecet di permukaanya.

Menjaga kebersihan piston dengan melakukan service besar dalam jangka waktu setahun sekali dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada piston. Dengan melakukan penbongkaran dan membersihkan komponen yang terdapat pada piston mampu membuat kendaraan anda menjadi freash kembali.

Menganti ring Piston Secara Berkala

Meminimalisir dalam kerusakan yang lebih lanjut adalah menganti ring piston. Pasalnya ring piston sering mengalami aus pada bidang geseknya dan apabila sudah aus akan mengakibatkan ruang bakar pada piston kemasukan oli dan membuat kerak di sana.

Kesimpulan

Mengenal piston pada kendaraan bermotor sangatlah penting pasalnya komponen yang ini adalah komponen yang menopang kendaraan anda. Merawat dengan baik piston mampu memperpanjang umur kendaraan anda.

Menyepelekan kerusakan pada piston membuat kerusakan akan melebar dan membuat komponen lain menjadi ikut rusak dan biyaya yang anda keluarkan akan menjadi lebih besar dari pada hanya sekedar merawat piston.

Author by: Taufiq Irfani

Artikel terbaru


Keyword

piston mobil piston motor kerusakan piston jenis- jenis piston kerusakan pada piston cara metawat piston piston macet dampak kehabisan oli