Cara Memilih Perusahaan Sekuritas Untuk Berinvestasi

Share:

Cara Memilih Perusahaan Sekuritas Untuk Berinvestasi

Keuangan   31   Update: 25/06/2024


Pernahkah Anda mendengar istilah sekuritas? Sebagai seorang investor pemula, tahukah bahwa Anda tidak dapat secara langsung untuk membeli atau menjual saham di Bursa Efek Indonesia untuk berinvestasi? Oleh karena itu, ada perusahaan sekuritas yang disebut broker. Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang melakukan pembelian dan penjualan efek baik dalam bentuk saham maupun obligasi. Perusahaan sekuritas bertindak sebagai perantara pembelian dan penjualan efek antara investor dan pasar modal.

Bagi investor pemula yang masih dalam tahap mengenal dan belajar seputar cara kerja investasi, memilih sekuritas yang tepat bukanlah perkara mudah. Pasalnya, kurangnya pengalaman membuat  sulit membedakan sekuritas mana  yang dapat diandalkan dan mana yang tidak. Apalagi  di era digital, banyak bermunculan sekuritas baru dengan fitur dan metode pendaftaran yang sangat sederhana. Hal Ini menyebabkan semakin banyak persaingan dan kebingungan bagi kita sebagai konsumen, manakah yang paling dapat diandalkan?

Tak dapat dibantahkan, berinvestasi kini seolah sudah menjadi kebutuhan dan  gaya hidup. Namun, agar investasi pasar modal yang kita rencanakan dapat aman dan menguntungkan, Anda perlu mengetahui cara memilih perusahaan pialang terbaik. Untuk menjadi investor yang sukses di pasar modal, Anda perlu memilih dengan bijak perusahaan investasi tempat Anda memperdagangkan saham.

Perusahaan sekuritas sendiri merupakan perusahaan yang telah mendapat izin dari OJK untuk melakukan berbagai kegiatan usaha, sebagaimana tercantum dalam situs resmi OJK. Usaha yang dimaksud  misalnya kegiatan sebagai perantara pedagang efek, perusahaan asuransi efek, atau kegiatan lain sesuai dengan ketentuan pengawasan pasar modal. Oleh karena itu, memilih perusahaan sekuritas terbaik sama pentingnya dengan memilih saham yang akan dibeli. Artikel ini  memberikan panduan lengkap dalam cara memilih perusahaan sekuritas  terbaik sesuai kebutuhan dan tujuan investasi Anda.

Apa itu Perusahaan Sekuritas?

Perusahaan Efek merupakan pihak yang telah mendapatkan izin dari lembaga yang berwenang dalam melakukan pengawasan dan pendaftaran serta telah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan kegiatan sebagai perantara pedagang efek, penjamin emisi, dan manajer investasi. Perusahaan sekuritas di Indonesia terbagi menjadi dua jenis, yaitu perusahaan sekuritas dan perusahaan manajemen investasi. Perusahaan Efek sendiri adalah suatu perusahaan yang  mendapat izin  dari OJK untuk  melakukan kegiatan perantara pedagang efek, perusahaan asuransi efek, atau kegiatan lainnya sesuai dengan peraturan Pengawas Pasar Modal.


Cara Memilih Perusahaan Sekuritas Yang Benar

Berikut  beberapa tips dan cara yang benar untuk membantu investor pemula dalam memilih perusahaan sekuritas terbaik.

  1. Aspek Legalitas, Terdaftar dan Diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Anda harus memastikan bahwa perusahaan sekuritas yang dipilih terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan Anggota Bursa (AB) dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Hal ini penting untuk menjamin keamanan investasi Anda dan menghindari risiko penipuan. Berbagai perusahaan sekuritas berlisensi dapat Anda cek di situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  1. Reputasi Perusahaan Sekuritas

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan cara memperhatikan reputasi atau jam terbang perusahaan sekuritas yang akan dipilih. Pilihlah perusahaan sekuritas yang sudah berdiri sejak lama  dan memiliki reputasi baik di kalangan komunitas investasi saham Indonesia. Tentunya Anda akan merasa lebih percaya diri jika berinvestasi pada perusahaan sekuritas yang telah direkomendasikan oleh pedagang/investor saham berpengalaman. Selain itu, Anda juga harus mengecek rekam jejak perusahaan investasi tersebut. Pastikan  nama pada keamanan bersih dan tidak memiliki keterlibatan masa lalu. Anda bisa lebih yakin bahwa perusahaan sekuritas yang ingin Anda pilih benar-benar memiliki rekam jejak yang baik dengan melihat rekam jejak berita terkait perusahaan sekuritas tersebut di Google.

  1. Biaya Transaksi 

Perdagangan saham selalu melibatkan biaya, dan atas dasar hal tersebut biaya perdagangan dapat mempengaruhi hasil investasi. Pastikan untuk mencari tahu tentang biaya apapun yang terkait dengan saham. Perhatikan biaya-biaya yang lebih halus seperti biaya transaksi,  pajak, biaya fitur tambahan, dan biaya administrasi. Memilih sekuritas terbaik memerlukan perbandingan biaya  satu sekuritas dengan sekuritas lainnya dari waktu ke waktu.Pilihlah keamanan yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan Anda dan biaya yang paling terjangkau.

  1. Teknologi dan Platform Sekuritas 

Saat ini, teknologi memegang peranan penting dalam dunia investasi saham. Pilih sekuritas  yang menawarkan platform perdagangan yang ramah pengguna dan memiliki beragam fitur modern misalnya saja kemampuan trading online yang stabil. Sekuritas yang baik dan recomended tentunya menawarkan banyak pilihan tambahan untuk ketenangan pikiran Anda sebagai investor.

  1. Dukungan Riset dan Edukasi 

Perusahaan sekuritas yang bagus biasanya akan menyediakan riset pasar dan dukungan edukasi kepada  investor buat keputusan investasi yang lebih baik dengan akses ke analis pasar dan informasi riset terbaru. Anda juga harus memastikan bahwa analis yang disediakan oleh keamanan Anda adalah analis yang kompeten dan netral. Tidak ada analis abal-abal yang  sibuk mengejar komisi atau “pom-pom” pada saham tertentu. Perlu diketahui bahwa analis hanya memberikan informasi dan analisa mengenai kondisi pasar. Namun, mengembangkan strategi investasi memerlukan analisis yang lebih komprehensif, dimulai dengan kemampuan finansial Anda, profil risiko, dan diakhiri dengan tujuan finansial Anda.

  1. Pelayanan Pelanggan 

Sekuritas yang responsif menjadi salah satu indikator dalam menentukan perusahaan sekuritas yang terbaik. Jangan memilih perusahaan sekuritas yang pelayanan nasabahnya lambat. Namun jika ada kesempatan, pilihlah broker dengan layanan pelanggan yang tanggap 24 jam sehari. Dengan begitu, jika terjadi sesuatu yang tidak terduga, Anda dapat yakin bahwa layanan pelanggan selalu tersedia.

Memilih perusahaan sekuritas yang tepat merupakan langkah penting dalam strategi investasi Anda. Ingatlah selalu untuk memperdagangkan sekuritas yang andal dan legal. Jangan lupa untuk memperbanyak pengetahuan anda dalam dunia investasi saham agar investasi anda terus berkembang dalam jangka panjang.


Author by: Yayang Nanda Budiman

Artikel terbaru


Keyword

Investasi Sekuritas Perusahaan Saham Pasar Modal Rekomendasi Sekuritas Investasi Saham Investor Pemula