5 Cara Menghemat Uang Bulanan Rumah Tangga

Share:

5 Cara Menghemat Uang Bulanan Rumah Tangga

Keuangan   32   Update: 12/06/2024


Menghemat uang bulanan jadi salah satu PR besar bagi yang sudah berumah tangga. Soalnya, ketika berumah tangga, pengeluaran cenderung meningkat. Kalau tidak pintar-pintar mengelola uang bulanan, bisa-bisa kita boncos tiap bulan.

Sebagaimana diketahui, kebutuhan bulanan yang membengkak menyebabkan banyak sekali masalah besar, salah satunya terjerumus ke dalam lubang utang. Banyak ibu rumah tangga yang terjerat pinjaman online gara-gara kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tak sedikit yang sampai dikejar-kejar debt collector gara-gara utangnya sudah terlalu menumpuk. Kita semua pasti tak mau, kan, hidup tak tenang karena punya utang?

Penting bagi kita untuk menghemat uang bulanan rumah tangga, khususnya bagi pasangan suami istri baru. Hal ini agar keuangan rumah tangga bisa terkontrol sejak awal dan tak menghadapi masalah seperti di atas.

Nah, artikel ini akan menguraikan 5 cara menghemat uang bulanan rumah tangga, khususnya untuk pasangan suami istri yang baru menikah.


Untuk lebih jelasnya, simak 5 cara mengehemat uang bulanan berikut, yuk!

1. Buat Tujuan Keuangan Jangka Panjang

Menentukan tujuan keuangan jangka panjang bisa menjadi kunci sukses menghemat pengeluaran bulanan. Tujuan keuangan jangka panjang bisa berupa tabungan pendidikan anak, tabungan untuk beli rumah, tabungan untuk beli kendaraan, imvestasi, atau tujuan keuangan lainnya.

Tujuan keuangan di atas bisa menjadi pendorong bagi kita agar bisa hidup lebih hemat. Dengan tujuan keuangan yang jelas, kita tentunya akan lebih berhati-hati mengeluarkan uang sehari-hari agar tujuan di atas cepat tercapai. Kita ingin membeli sesuatu, kita pasti jadi menimbang-nimbang apakah barang tersebut merupakan kebutuhan atau hanya keinginan belaka? 

Nah, apakah Anda sudah punya tujuan keuangan jangka panjang saat ini? Kalau belum punya tujuan keuangan jangka panjang, coba diskusikan dengan pasangan sekarang juga, deh. Kalau sudah punya, simak cara selanjutnya, yuk!

2. Budgeting Uang Bulanan

Cara selanjutnya adalah melakukan budgeting uang bulanan secara rutin. Budgeting adalah proses menentukan alokasi dana untuk tujuan tertentu. Karena sedang membahas uang bulanan, budgeting yang dimaksud di sini adalah mengalokasikan dana untuk memenuhi kebutuhan bulanan, mulai dari uang untuk kebutuhan dapur, membayar tagihan listrik, transportasi, iuran komples, dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Budgeting uang bulanan bisa dilakukan dengan cara mencatat semua kebutuhan selama satu bulan, kemudian menentukan dana untuk setiap posnya. Setelah itu, Anda harus memastikan agar pengeluaran tidak melebihi budget yang sudah ditetapkan di awal.

Kita juga harus melakukan evaluasi secara rutin agar pengeluaran tetap terkontrol. Lacak semua pengeluaran bulanan dan lakukan evaluasi. Jika dirasa ada yang terlalu over budget, kita bisa mengkaji ulang dan menyesuaikannya. Dengan begitu, pengeluaran bisa tetap berada di batas aman.

Dalam hal ini, jangan lupa libatkan pasangan agar bisa saling mengingatkan tujuan berhemat yang sudah dibuat di awal, ya!

3. Belanja Sekaligus

Belanja kebutuhan sekaligus bisa membantu kita menghemat uang bulanan. Ada beberapa kebutuhan yang bisa dibeli sekaligus, misalnya: beras, minyak goreng, gula, daging, sayuran, sabun mandi, shampo, dan lain-lain.

Membeli kebutuhan tersebut sekaligus bisa menghindari risiko pengeluaran tak terkendali. Soalnya, sering kali kita kalap membeli sesuatu ketika sedang berada di pasar atau swalayan, apalagi jika ada iming-iming promo atau diskon. Jadi, membeli kebutuhan-kebutuhan di atas dalam satu waktu bisa jadi pilihan yang bijak.

Sebelum berbelanja, buat catatan daftar barang yang akan dibeli. Orang yang tak membawa catatan daftar belanjaan cenderung akan membeli barang yang tak dibutuhkan. Malam hari sebelum belanja, lihat area dapur dan tempat penyimpanan barang kebutuhan sehari-hari, kemudian catat apa saja yang perlu dibeli.

4. Manfaatkan Promo

Cara yang selanjutnya adalah memanfaatkan promo yang ada. Banyak sekali swalayan yang memberikan promo di waktu-waktu tertentu, misalnya awal bulan atau akhir bulan saat gajian. Nah, kita bisa memanfaatkan promo tersebut sebaik-baiknya.

Meski terkesan sepele, memanfaatkan promo dengan baik bisa membantu kita menghemat uang bulanan, lo. Meski cuma belasan ribu, lumayan, kan? Untuk itu, penting untuk mencari tahu informasi promo di swalayan tempat berbelanja.

Opsi lain yang bisa diambil adalah berbelanja di platform online. Saat ini, banyak sekali platform online yang menyediakan kebutuhan bulanan mulai dari bahan makanan hingga kebutuhan rumah tangga lainnya. Platform online sering kali memberikan diskon atau cashback yang menguntungkan kita.

Namun, pastikan untuk tidak tergiur dengan promo lainnya, ya. Fokuslah untuk membeli barang-barang yang memang dibutuhkan saja.

5. Membuat Meal Preparation

Uang bulanan erat kaitannya dengan kebutuhan dapur. Dalam hal ini, kita bisa membuat meal preparation agar pegeluaran untuk kebutuhan dapur tidak membengkak. Meal preparation adalah metode mempersiapkan bahan masakan dalam jumlah banyak untuk periode tertentu. 

Meal preparation bisa dimulai dengan memisah-misahkan bahan makanan untuk sekali masak ke dalam wadah. Kita bisa membuat meal preparation untuk 5-7 hari. Jangan lupa siapkan juga bumbunya agar makin praktis dan hemat.

Meski sedikit ribet dan menyita waktu, cara ini sangat efektif untuk menghemat bahan di dapur. Dengan membuat meal preparation, bahan-bahan yang sudah dibeli tidak mungkin kurang atau mubadzir. Selain itu, cara ini juga bisa menghemat waktu kita untuk memasak setiap harinya.

Penutup

Membiasakan diri untuk berhemat memang tidak mudah, kita harus menahan diri untuk tidak membeli sesuatu yang bukan kebutuhan pokok. Butuh kedisiplinan yang tinggi dan waktu yang tidak sebentar untuk membiasakannya.

Namun, tak mulai berhemat dari sekarang bisa menimbulkan masalah besar di kemudian hari, mulai dari keuangan yang berantakan hingga terjerat utang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Nah, 5 cara menghemat uang bulanan rumah tangga di atas bisa membantu kita untuk perlahan membiasakan diri menghemat pengeluaran bulanan. Dengan begitu, kondisi finansial akan lebih stabil dan kita bisa menyisihkan lebih banyak uang menabung untuk mencapai tujuan jangka panjang yang sudah dibuat.

Bagaimana, berani mencoba mulai dari sekarang?

Author by: Hani Arifah

Artikel terbaru


Keyword

Cara menghemat uang bulanan menghemat uang bulanan rumah tangga tips hemat cara agar hemat