Investasi Emas Digital: Keuntungan dan Kerugian

Share:

Investasi Emas Digital: Keuntungan dan Kerugian

Keuangan   50   Update: 09/06/2024


Emas merupakan salah satu instrumen investasi dan benda berharga yang masih populer keberadaannya. Tak hanya diperuntukkan sebagai aksesoris atau perhiasan, emas juga sering diperuntukan sebagai barang investasi jangka panjang oleh sebagian banyak orang.

Dari sejumlah instrumen investasi seperti reksadana, obligasi atau saham, emas masih memuncaki tangga popularitas sarana investasi masyarakat menengah ke bawah. 

Tak dipungkiri bahwa hingga saat ini toko perhiasan masih populer dan ramai oleh pengunjung, entah dalam rangka membeli, menjual atau menggadaikan emasnya. 

Karena mudahnya jual-beli, terjangkau dan tahan lama, membuat sebagian masyarakat belum dapat berpindah ke bentuk investasi lain. 

Di tengah era globalisasi seperti dewasa ini, setiap lini interaksi kehidupan bertransformasi ke digital. Begitu pun dengan ekosistem investasi yang berpindah dalam model-model digital, seperti halnya emas. 

Masih tak banyak orang tahu bahwa sekarang emas sudah dapat dibeli dalam bentuk digital, bukan lagi fisik seperti yang telah tersedia di Bareksa maupun di aplikasi Pegadaian. 

Untuk mengetahui lebih lanjut apakah worth it dan aman untuk investasi emas digital, bagaimana keuntungan dan resikonya? Berikut ini adalah keuntungan dan kelebihan investasi emas digital. 


Kelebihan Investasi Emas Digital

Emas masih menjadi tujuan investasi jangka panjang sejumlah kalangan. Karena wujudnya yang pasti, mudah dipahami dan praktis emas masih menjadi primadona sarana investasi. Berikut ini juga beberapa kelebihan lain dari investasi emas digital yang wajib nasabah tahu.


Emas Digital Efisien

Secara efisiensi, investasi emas secara digital tak mengharuskan nasabah bingung untuk menyimpan emas yang aman dimana. Nasabah tak perlu lagi cemas untuk menyimpan di tempat yang atau takut kehilangan emas karena lupa naruh, karena dengan emas digital semua telah fleksibel dan tersimpan dengan aman di handphone nasabah. 

Selain mudah tersimpan dan aman, emas digital tidak dapat rusak. Sebab, emas digital juga memiliki jaminan emas fisiknya dan dapat dicetak sewaktu-waktu. 

Selain itu, nasabah tidak perlu lagi berlama-lama mengantri atau keluar rumah mendatangi lagi toko emas, panas-panasan dan mengantri menunggu giliran. Karena sekarang semuanya bisa dilakukan di rumah sambil rebahan hanya lewat handphone saja. Transaksi aman, mudah dan cepat. 


Emas Digital Terjangkau

Tak hanya efisien, secara harga emas digital sangat terjangkau bagi semua kalangan. Untuk dapat membeli emas nasabah tak perlu menabung jutaan dulu baru dapat membeli emas, karena sekarang dengan emas digital membeli dari mana saja dan di waktu kapan pun mulai dari harga terendah, bahkan dengan Rp50.000 saja melalui platform investasi sudah dapat membeli sejumlah instrumen investasi termasuk emas. 

Di tengah akses yang serba cepat dan mudah, tidak ada lagi alasan untuk tidak berinvestasi secara digital. Tak perlu lagi cemas memikirkan harga yang mahal, karena semuanya sekarang sudah sangat terjangkau. 

Selain terjangkau, harga emas digital sifatnya realtime sehingga nasabah dapat mengikuti fluktuasi harga pasar di waktu kapan saja (harian, mingguan atau bulanan) dengan cara memantau melalui smartphone.


Kekurangan Emas Digital

Selain sejumlah kelebihan yang didapat dari berinvestasi emas digital, namun tak dipungkiri bahwa instrumen investasi ini masih menuai beragam kekurangan, seperti:


Rawan Investasi Bodong

Meskipun pengawasan sudah dilakukan lembaga terkait seperti OJK atau Bappebti, namun faktanya masih terdapat sejumlah investasi bodong yang tak sedikit selalu memakan korban. 

Akibat mudahnya akses informasi di internet, seringkali platform atau website penyedia emas digital aspal (asli tapi palsu). Banyak sekali penipuan yang dilakukan pelaku dengan cara membuat akun, website atau alamat yang serupa dengan penyedia layanan investasi yang sah. 

Bahkan tak sedikit yang memberikan embel-embel keuntungan cepat dan menjanjikan jumlah investasi yang besar sehingga tidak sedikit dari nasabah yang akhirnya masuk ke dalam jebakan investasi bodong.

Selain rawan investasi bodong, investasi emas digital juga masih dapat berpotensi terjadinya peretasan oleh hacker. Akibat buruknya sistem keamanan aplikasi dan mudahnya para pelaku meretas sistem, seringkali faktor ini membuat sebagian investor ragu dan takut untuk berinvestasi melalui sarana digital seperti yang sedang populer saat ini.

Sebagai investor yang rasional dan bijak, maka pastikan untuk memeriksa dahulu informasi dan akuratan data dan keaslian sebuah aplikasi atau website penyedia emas digital sebelum memutuskan untuk membeli sejumlah emas digital tersebut agar terhindar dari kerugian yang tidak diinginkan.


Emas Digital Belum Familiar

Meskipun hampir separuh mayoritas masyarakat sudah mafhum menggunakan sarana elektronik dan teknologi, namun literasi soal investasi digital masih belum menyentuh kehidupan masyarakat pada umumnya. 

Tak dipungkiri bahwa emas fisik belum dapat tergantikan posisinya dengan emas digital. Selain karena kegagapan pengetahuan soal teknologi dan literasi yang disampai oleh pemerintah soal investasi emas digital yang belum menjangkau seluruh lapisan kehidupan masyarakat. 

Disparitas dan ketidakmerataan akses informasi soal literasi investasi masih belum menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Masih banyak daerah di pelosok yang jauh dari pusat kota dan sarana informasi belum mengetahui perkembangan digital saat ini.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan kesadaran masyarakat untuk melakukan transisi investasi perlu adanya keseriusan untuk mengiklankan dan membuat semacam forum sosialisasi terkait dengan investasi emas digital. 


Terdapat Biaya Tambahan

Selain biaya transfer dan biaya admin aplikasi, biasanya terdapat sejumlah pembiayaan yang tidak terlalu murah. Misalnya, pembiayaan mencetak emas digital. Jadi apabila nasabah hendak mengonversi emas digital ke emas fisik terdapat biaya tertentu yang belum pasti berapa nominalnya karena setiap platform atau aplikasi penyedia jasa berbeda-beda. Semakin berat atau besar emas, biasanya semakin mahal.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan berinvestasi melalui satu aplikasi, alangkah baiknya untuk melakukan perbandingan dari satu aplikasi dengan aplikasi yang lain agar dapat terlihat kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Demikian, berikut itu merupakan keuntungan dan kelebihan serta resiko investasi emas digital yang perlu nasabah dan investor ketahui.

Author by: Yayang Nanda Budiman

Artikel terbaru


Keyword

Investasi Emas Investasi Emas Digital Investasi Emas Digital Investasi Bodong Keuntungan Investasi Digital Resiko Investasi