7 Jenis Investasi Yang Aman & Legal di Indonesia

Share:

7 Jenis Investasi Yang Aman & Legal di Indonesia

Keuangan   62   Update: 01/06/2024


Investasi merupakan hal yang sangat penting untuk di lakukan demi mendapatkan masa depan yang baik. Dengan investasi kita dapat menghasilkan uang pada saat kita tidur,


Nah setelah paham apa itu investasi dan alasan kenapa kita harus investasi, tentu kita akan berpikir untuk memulai investasi. Namun banyak dari kita yang masih bingung untuk bagaimana memulai investasi dan investasi apa yang cocok untuk kita. Maka dari itu saya akan membantu menjelaskan tentang pilihan investasi kepada anda.


1. Investasi SAHAM

Saham merupakan investasi favorit dari penulis sendiri,karena saham bisa menghasilkan return yang besar namun di sertai juga dengan resiko yang tinggi jika anda tidak memiliki ilmu yang cukup. 

Keuntungan dari saham :
  • High return
  • Bisa di cairkan kapan saja
  • Bisa mendapatkan keuntungan dari dividen
  • Fluktuatif
  • Bisa di mulai dengan dana yang tidak banyak
Pada dasarnya saham adalah investasi yang aman dan hampir low risk jika anda melakukanya untuk jangka panjang. Tolong buang jauh2 pikiran anda mengenai bahwa saham itu harus trading,yang jika di tinggal sebentar saja sudah habis. SAHAM BERBEDA DENGAN FOREX DAN BITCOIN. 


2. Investasi reksadana

Reksadana merupakan tempat yang digunakan untuk mengumpulkan uang-uang masyrakat yang akan di gunakan investasi bersama. Jika di ibaratkan reksadana seperti BUS,anda akan pergi bersama-sama dengan orang lain dalam mencapai tujuan,dan manajer investasi nya adalah sebagai supir bus yang akan menyetir hingga sampai tujuan.

Reksadana sendiri terdiri dari reksadana pasar uang,reksadana obligasi,reksadana saham,dan reksadana campuran.

Keuntungan Reksadana :
  • Bisa di mulai dengan dana minim (Rp 100.000 juga bisa mulai reksadana)
  • Tidak perlu pusing untuk memilih karena sudah ada manajer investasi yang bekerja 
  • Fluktuatif
  • Bisa di cairkan kapan saja (untuk beberapa jenis reksadana saja)
Namun kekurangan dari reksadana sendiri adalah jika anda salah memilih manajer investasi maka kemungkinan terburuk uang anda tidak bisa anda cairkan. Dan di reksadana sendiri juga anda harus membayar fee kepada sang manajer investasi tersebut.


3. Deposito

Deposito merupakan investasi yang hampir semua orang tau dan pernah melakukanya. Deposito cukup simpel karena anda hanya tinggal menaruh uang anda di bank dan anda akan mendapatkan bunga sesuai yang di janjikan oleh pihak bank yang anda pilih. Namun kekuranagan dari deposito

Keuntungan Deposito :
  • Pendapatan yang pasti 
  • Mudah untuk dilakukan
  • Aman
Aman hanya jika anda melakukan deposit di bank yang memiliki kredibilitas yang tinggi ya,namun deposito juga memiliki kekurangan. Selain bunga yang di dapatkan tidak sebesar saham/reksadana deposito sendiri tidak bisa di tarik begitu saja.

Jika anda ingin menarik uang anda sebelum jatuh tempo maka kemungkinan anda akan harus membayar denda. Jadi pastikan anda memiliki dana darurat terlebih dahulu sebelum menginvestasikan uang anda ke deposito ya.


4. Obligasi

Obligasi merupakan surat hutang yang diperjual belikan,anda bisa membeli obligasi negara dan juga obligasi korporasi. Obligasi merupakan investasi yang aman seperti deposito karena kemungkinan gagal bayar sangat kecil terutama untuk obligasi negara. Namun untuk membeli obligasi mungkin sedikit rumit untuk orang yang belum terbiasa

Keuntungan Obligasi :
  • Aman 
  • Bunga yang cukup besar


5. Properti

Properti merupakan salah satu investasi yang menarik,karena biasanya properti memiliki nilai yang selalu naik selama tidak terjadi krisis. Anda bisa memulai dengan menyewakan properti atau melakukan jual beli properti tersebut.

Dengan kondisi yang strategis anda bisa mendapaktna keuntungan kurang lebih 13%-15?lam setahun. Karena modal dari properti sendiri juga tidak kecil dan kita harus membayar biaya perawatan dan juga pajak. Jadi untuk investasi properti di perlukan perhitungan terlebih dahulu

Keuntungan Properti :
  • Harga yang selalu naik
  • Profit yang besar (jika anda menyewakan properti maka anda seperti mendapatkan cashflow bulanan)
Namun kekurangan dari properti sendiri seperti yang dijelaskan di atas,selain kita harus membayar biaya perawatan dan pajak.

Properti sendiri tidak semudah itu untuk laku karena harga yang di jual tidak semua orang bisa membelinya. Dan properti sendiri juga membutuhkan biaya yang besar untuk investasi.


6. Emas & Logam Mulai

Investasi emas saat ini sudah menjadi hal yang umum bagi warga indonesia. Investasi ini sangat cocok untuk jangka panjang karena sifatnya yang selalu naik.

Dan investasi emas sendiri juga tergolong investasi yang aman. Saat ini anda bisa membeli emas dengan sistem online jadi anda tidak perlu repot-repot untuk menyimpan emas dalam bentuk fisik, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli brankas atau menyimpan di bank.


7. Peer to peer lending

Peer to peer lending merupakan investasi yang tergolong baru di indonesia,peer to peer lending atau yang di sebut dengan p2p merupakan sistem peminjaman online dengan kita sebagai peminjam dan mendapatkan keuntungan dari bunga pinjaman.

Bunga yang di tawarkan pun juga cukup lumayan besar bisa di dapatkan 13-16%,namun begitu juga sebaliknya bahwa p2p sendiri memiliki risk yang cukup tinggi karena jika peminjam gagal bayar maka anda akan bisa tidak mendapatkan uang anda ataupun terlambat mendapatkan uang anda.


Disclaimer Resiko

Semua jenis investasi diatas merupakan instrumen yang memiliki resiko dan keuntungan, pahami , pelajari lebih dalam jika ingin mulai investasi karena semua memiliki resiko yang perlu dipertimbangkan.

Author by: glory avianto

Artikel terbaru