Peluang Usaha Jualan ES TEH JUMBO, Franchise atau Mandiri?

Share:

Peluang Usaha Jualan ES TEH JUMBO, Franchise atau Mandiri?

Bisnis   97   Update: 30/05/2024


Bingung mau memulai bisnis apa dengan modal yang pas-pas an ? sini aku jelasin bisnis yang sedang menjamur dan banyak peminat

KENAPA HARUS ES TEH JUMBO ?

Es Teh, minuman yang satu ini merupakan minuman yang di gandrungi semua kalangan. Terbuat dari seduhan daun teh yang khas dengan harum melati serta rasa pahit legit yang begitu nikmat. Siapa sih yang nggak suka minum teh apalagi teh manis dan di beri es diminum siang hari waktu matahari lagi panas-panasnya.

Penjual es teh kian menjamur di berbagai pelosok daerah dan di berbagai kalangan. Bisa dilihat sepanjang jalan banyak berjajar penjual es teh jumbo dengan varian merk dan harga yang cukup terjangkau.

Jika kamu lagi bingung mau memulai bisnis apa,bisnis es teh jumbo ini wajib kamu perhitungkan. Sebelum memulai bisnis es teh yang perlu kamu perhatikan adalah gimana mencari ciri khas es teh mu agar banyak peminat dan di sukai banyak orang. Karena sejatinya bagi pecinta teh,merk teh dan aroma sangan berpengaruh. Bagi pemula harus benar - benar tau racikan teh yang pas dan yang pasti bisa menghasilkan laba.

Sejatinya,banyak yang beranggapan bahwa bisnis minuman adalah salah satu bisnis yang bermodalkan relatif sedikit dengan untuk yang besar. Anggapan tersebut tidak 100?na tapi tidak juga salah ya,untung atau rugi adalah 1 kesatuan bagi para pebisnis.

Tapi memang bisnis jualan air memiliki untung yang relatif bisa di perhitungkan bagi pemula yang mau membuka usaha.

Memulai bisnis tidak harus dengan modal yang besar atau dengan skala yang luas,bisa dimulai dengan skala kecil,modal yang relatif kecil dan pastinya menjanjikan. Salah satu rekomendasi bisnis kekinian yang sedang hibe di semua kalangan yaitu Usaha Es Teh jumbo.

Kamu bisa memulai bisnis ini hanya dengan modal yang relatif bervariasi tergantung mau usaha dengan brand sendiri atau franchise. Ada banyak pilhan franchise yang bisa kamu sesuaikan dengan budget kamu nih. Atau kalau nggak mau terikat dengan brand manapun kamu bisa memulai dengan membuka lapakmu sendiri.


MAU FRANCHISE ATAU BUAT BRAND SENDIRI ?

Jika kamu ragu untuk memulai bisnis es teh jumbone dengan brand sendiri, kamu bisa memulai dengan mencari franchise yang menurutmu cocok dengan budgetmu,pemasaran oke dan yang pasti rasanya sesuai dan enak. Ada beberapa rekomendasi franchise yang lagi menjamur ada Teh Nusantara,Teh Desa,Teh Solo,Teh Warga,dan masih ada beberapa lagi.

Untuk harga kemitraan sangat bervariasi tergantung paket mana yang kamu mau dan yang pasti sesuai dengan kebutuhan untuk membuka usaha es teh ini. Contoh Teh Desa,dengan hanya Rp 1.900 sekian kamu udah bisa dapetin free produk+cup dan sedota sebanyak 100pcs,x banner,termos,jigger dan alat - alat jualan lainnya.

Jika budgetmu ada lebih,kamu bisa miih ke mitraan denga brand lain yang sudah menyediakan booth juga,jadi kamu udah nggak perlu bingung lagi untuk cari tempat atau ruko.

Kelebihan franchise kamu nggak perlu bingung cari nama,promosi,dan biasanya udah disediain media untuk kamu bisa promosiin usahamu. Kekurangannya,kamu harus repeat order untuk produk2 yang sudah di tentukan oleh brand tersebut. Jika kamu nggak repeat order biasanya akan di putus kemitraan dan kamu udah nggak bisa lagi pakai nama brand tersebut.

Kalau ragu buat ikut franchise,kamu bisa rintis usahamu sendiri dengan modal min 3jt aja udah bisa buka es teh jumbo dengan brandmu sendiri. Tapi 3jt blm sewa tempat ya,karena estimasi modal segitu kamu sudah punya lahan atau tempat,jadi hanya tinggal beli peralatan penunjang seperti cup sealer,booth,termos,cetak mmt dan x banner dan lain sebagainya.

Kelebihan kalau kamu buka usaha ini sendiri kamu bisa kelola nama brandmu,desain sesuai selera kamu,menu-menu bisa kamu variasikan sesuai dengan minat pasar,nggak perlu terikat dengan brand manapun,kamu bisa tambahin menu camilan dan yang pasti untuk kamu kelola sendiri. Kekurangannya hanya media promosi terbatas karena kamu harus mengelola media promosimu sendiri dari awal.


MEDIA PROMOSI BISNISMU

Yang perlu di perhatikan mau memulai bisnismu dengan franchise atau brand sendiri,kamu wajib sudah tau resiko dalam berbisnis yaitu untung dan rugi. Maka sebelum memulai,usahakan kamu sudah tau perhitungan HPP untuk setiap produkmu,berapa biaya operasionalmu,jika sewa tempat jangan lupa di perhitungkan ya. Dan di jaman yang canggih ini kamu juga nggak bisa mengesampinkan media promosi online seperti tiktok,instagram,facebook dan snap WA.

Buat desain brandmu semenarik mungkin,rajib membuat konten dan di upload di semua sosial mediamu.

Tidak lupa juga manfaatkan platform online seperti gojek,shopeefood,grab,dan maxim. Daftarkan bisnismu ke platform tersebut agar nggak cuma orang sekitar aja yang tau produkmu,orang lain juga bisa tau lewat pembelian di platform - platform tersebut. Dan ingat segala bentuk bisnis kuliner mau itu es teh jumbo sekalipun,kamu juga wajib memperhatikan kualitas,kebersihan,dan kerapian tempat usahamu agar para pelangganmu nyaman.


CARI LOKASI YANG STRATEGIS

Tidak lupa juga,cari tempat yang strategis ya,karena semua usaha diatas akan kurang lengkap kalau kamu buka bisnismu tidak di tempat yang strategis. Pilih tempat yang bersih,mudah diakses dan dijangkau,serta jangan lupa untuk mencantumkan alamat bisnismu di google bisnis,agar orang nggak salah alamat waktu nyari lokasimu. Sertakan foto dan beri diskripsi di bisnismu dengan jelas ya.

Jangan lupa untuk selalu cek ulasan google bisnismu,karena ulasan bisnis juga berpengaruh pada kinerja akunmu. Semakin baik ulasan tingkat kepercayaan pelanggan baru semakin meningkat juga. 


Kesimpulan

Bisnis es teh jumbo yang sedang marak memang menjanjikan apalagi di tengah cuaca panas Indonesia,tapi kamu juga harus perhatikan selera pasar,kualitas es teh,lokasi bisnis yang strategis,pemasaran produk online maupun offline,media promosi yang selalu aktif dan update,dan nggak lupa selalu berdoa agar bisnismu lancar.

Meski merintis bisnis tidak mudah,semoga artikel ini bisa membantu kamu yang lagi bingung untuk memulai bisnismu sendiri.

Author by: DANAR PANGESTIKA

Artikel terbaru