Daftar Agen BRILink, Raup Keuntungan Menjanjikan?

Share:

Daftar Agen BRILink, Raup Keuntungan Menjanjikan?

Bisnis   19   Update: 27/06/2024


Ibarat jamur di musim hujan, agen BRILink menjadi peluang usaha menjanjikan yang populer belakangan ini. Sesuai dengan namanya, agen BRILink sendiri merupakan perpanjangan tangan dari Bank BRI. Lalu bagaimana cara menjadi Agen BRILink dan apa saja syarat untuk menjadi Agen BRILink? Agen BRILink seperti dikutip dari website resmi Bank BRI merupakan perpanjangan dari layanan BRI dan BRI bekerja sama dengan nasabah BRI sebagai agen yang dapat memproses transaksi perbankan atas nama mereka. Melalui agen BRILink, masyarakat tidak perlu pergi ke bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan seperti kiriman uang, setor tunai, tarik tunai, dan pembayaran berbagai  tagihan. Agen BRILink biasanya dapat ditemukan di lokasi terpencil yang jauh dari ATM BRI dan cabang BRI. Oleh karena itu, masyarakat di pelosok daerah-daerah hanya perlu mendatangi perwakilan BRILink terdekat.


Apa Itu BRILink?

Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai perusahaan milik negara tetap berkomitmen untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia. BRI tidak hanya merupakan bank besar, tetapi juga memiliki cabang di seluruh negeri, mendukung masyarakat di pedesaan secara finansial dan transaksional. Tak hanya itu, BRI sebagai bank terpercaya juga memiliki cabang yang tersebar di seluruh tanah air, memberikan bantuan keuangan dan layanan kemudahan transaksi kepada masyarakat pedesaan.

Program Branchless Banking atau layanan perbankan tanpa kantor cabang disiapkan pada tahun 2012 oleh pemerintah bekerja sama dengan Bank Indonesia. Untuk mencapai hal ini, pemerintah menggunakan platform layanan online untuk melayani pelanggannya. Menanggapi tantangan pemerintah, Bank Rakyat Indonesia  meluncurkan  layanan bernama BRILink. Melalui layanan ini, BRI dapat menjaring nasabah dari seluruh wilayah Indonesia hingga pelosok tidak terkecuali pelanggan yang tinggal di desa terpencil.

BRI dapat mencapai tantangan ini tanpa perlu mendirikan kantor di wilayah tersebut. Bagaimana cara BRI mencapainya? Ya, cara ini dilakukan melalui agen BRILink. Kehadiran agen-agen tersebut sangat membantu masyarakat dalam memanfaatkan layanan perbankan sesuai kebutuhannya. Agen-agen ini menjadikan seluruh aktivitas transaksi keuangan masyarakat dapat diakses secara online dan real-time melalui EDC BRI atau  aplikasi mobile. Transaksi yang dapat dilakukan pelanggan adalah: 

  • Penarikan Tunai (tersedia melalui kartu ATM)

  • Setoran Tunai

  • Pengisian Saldo

  • Pengisian Token Listrik

  • Pembayaran keuangan BAF, WOM, OTO, dan lain-lain

Semua transaksi yang dilakukan oleh pelanggan dikenakan biaya transaksi, tetapi ini adalah bagi perantara, bank BRI bisa memperoleh penghasilan melalui konsep shared fee. Jika kamu nasabah Bank BRI, mendaftar menjadi agen BRILink memungkinkan kamu membantu orang terdekat dengan mudah bertransaksi tanpa harus bepergian jauh untuk mencari  ATM atau ke bank.


Syarat Mendaftar Agen BRILink

Berikut ini terdapat sejumlah persyaratan yang wajib untuk dilengkapi jika berencana mendaftar sebagai agen BRILink, diantaranya:

  1. WNI perorangan/instansi non badan hukum

  2. Mempunyai usaha minimal 2 tahun yang dilengkapi dengan Surat Izin Usaha minimal dari pemerintahan desa

  3. Mempunyai rekening BRI

  4. Menyetorkan uang jaminan (deposit) sebesar Rp3.000.000 khusus EDC. 

  5. Mempunyai ponsel pintar minimal OS Android 4.4, akses internet yang baik serta printer mobile bagi agen BRILink Mobil (optional)

  6. Tidak menjadi agen dari Bank penyelenggara Laku Pandai lainnya

  7. Status tempat milik sendiri


Cara Mendaftar Agen BRILink

Kemudian jika semua persyaratan tersebut di atas sudah dilengkapi, maka selanjutnya diajukan beberapa dokumen untuk bisa mendaftar dan diterima sebagai agen BRILink. Berikut ini langkah-langkah yang harus diketahui. 

  1. Fotocopy kartu identitas pemilik atau pengurus (KTP) dan NPWP

  2. Fotocopy buku tabungan/rekening koran Bank BRI

  3. Fotocopy legalitas atau izin usaha dari instansi terkait minimal RT/RW atau perangkat desa

  4. Untuk agen berbadan usaha wajib melampirkan TDP, Akta Pendirian Usaha dan berkas izin usaha lainnya

  5. Sedangkan bagi individu, dapat  melampirkan fotocopy SK pengangkatan pegawai tetap atau SK pensiunan. 

  6. Mengisi formulir pengajuan dan menandatangani perjanjian kerja sama BRILink

  7. Semua berkas dokumen tersebut kemudian diserahkan ke unit kerja cabang Bank BRI terdekat. 

Keuntungan Daftar Agen BRILink

Selama ini, masyarakat yang menjadi agen BRILink mengaku mendapatkan keuntungan yang sangat tinggi hingga jutaan rupiah setiap bulannya. Selain menerima komisi dari biaya setiap transaksi yang dilakukan, para agen ini juga mendapatkan asuransi untuk melindungi  dari kecelakaan dan bencana di tempat usahanya seperti misalnya kebakaran. Nilai asuransinya sendiri diketahui sebesar Rp2.500.000 juta untuk kecelakaan diri dan cacat. Selain itu, agen akan mendapat tunjangan pelatihan sebesar Rp1.000.000 dan kompensasi penghasilan. Berikutnya ada santunan duka sebesar Rp500.000 dan asuransi kebakaran dengan nominal Rp25.000.000

Resiko Daftar Agen BRILink

Ada tidaknya kerugian menjadi agen BRILink memang tergantung dari sudut pandang masing-masing individu. Namun kenyataannya di lapangan jumlah agen justru semakin bertambah. Sedangkan, resiko yang dimaksud adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pendaftaran agar tidak salah dalam mengambil keputusan. 

  1. Persyaratan mengatur bahwa calon agen harus memiliki rekening tabungan senilai setara Rp3.000.000 sebagai jaminan penggunaan EDC. Selama menjadi agennya, dana tersebut tidak dapat digunakan dan hanya dapat diperoleh kembali jika prinsipal tidak lagi menjadi agen.

  2. Perlu diketahui bahwa seperti halnya bisnis apa pun, BRILink memerlukan modal untuk  beroperasi. Dengan kata lain, kamu perlu menyiapkan sejumlah  modal awal. BRI tidak memberikan pendanaan kepada agennya dan hanya menyediakan mesin EDC sesuai kebutuhan operasionalnya. Sekarang terserah kamu untuk memutuskan bagaimana menggunakannya dan mendapat untung.

  3. BRI menetapkan target  minimal 200 transaksi per bulan untuk agen dan sanksi akan dikenakan jika nilai target tidak tercapai. Namun, tujuan target tersebut baru  berlaku setelah 6 bulan pertama menjadi agen.

Author by: Yayang Nanda Budiman

Artikel terbaru


Keyword

BRI Bank BRI BRILink Daftar BRILink Penghasilan BRILink Syarat Agen BRILink Agen BRILink Cara Daftar Agen BRILink