Manfaat, Pro Kontra Teknologi Wearable

Share:

Manfaat, Pro Kontra Teknologi Wearable

Teknologi   86   Update: 31/05/2024


Apa itu wearable technology? Sebagian besar masyarakat sudah pasti aware dengan keberadaan teknologi yang satu ini karena setiap hari dipakai, kan? Sederhananya, wearable technology adalah istilah untuk sekelompok perangkat yang dapat kita kenakan (wearable) langsung pada anggota tubuh kita.

Contoh wearable technology yang paling sering kita pakai adalah pelacak kebugaran, pemantau kesehatan, headset VR, kacamata pintar, dan juga smartwatch yang memang dirancang untuk dipakai sepanjang hari. Nah, bagaimana keberadaan teknologi ini mentransformasikan hidup kita secara real-time?


Potensi Wearable Technology

Wearable technology menjadi semakin populer selama beberapa tahun terakhir. Terlebih karena teknologi ini berkembang seiring kemajuan teknologi perangkat pintar (smart devices). Di era yang serba "smart" ini, tidak ada yang lebih pintar atau lebih inovatif daripada perangkat yang diproduksi oleh industri perangkat wearable.

Perangkat wearable memiliki sensor yang dapat mengumpulkan berbagai jenis data penggunanya dalam sekejap. Termasuk diantaranya memonitor tekanan darah dan detak jantung, pola tidur, tingkat aktivitas atau jumlah kalori yang terbakar, dan masih banyak lagi.

Dengan terus memantau data-data biometrik ataupun realitas interaktif yang dibutuhkan oleh penggunanya, perangkat ini dapat memberikan informasi kepada pengguna mengenai kesehatan dan kebuguran mereka.

Potensi perangkat wearable technology bergantung pada teknologi digital canggih yang berpusat pada penggunanya. Penggunaannya menggunakan sensor dan data real-time yang benar-benar merupakan layanan digital yang dibuat khusus untuk manusia. Teknologi ini memang telah menjadi alat yang sangat berharga untuk membantu kita tetap mendapat informasi dan berhubungan dengan diri kita sendiri. Sehingga merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.

Selain itu, sejumlah wearable technology ini mampu membaca notifikasi, mengirim SMS singkat, melakukan panggilan telepon, dan masih banyak lagi. Perlahan-lahan teknologi ini juga berpotensi memasuki industri game dan fashion.

Dengan demikian, teknologi ini dapat memasuki target pasar dengan bentuk, fungsi, dan aplikasi yang lebih baik. Khususnya kepada target audiens dalam hal pelayanan dan manajemen kesehatan, penggemar fitness, fashionista, maupun penggemar teknologi yang dipersonalisasi sedemikian rupa.


Manfaat Wearable Technology

Perkembangan wearable technology kini bertransformasi menjadi perangkat unggulan yang digunakan dalam berbagai industri. Pengguna pun memanfaatkannya sebagai acuan untuk menjaga kesehatan dan kebugarannya. Secara umum, wearable technology menawarkan banyak manfaat yang berdampak positif pada kehidupan kita sehari-hari, diantaranya:

Meningkatkan pelayanan kesehatan

Industri kesehatanlah yang paling merasakan manfaat dari teknologi ini. Dengan teknologi canggih ini, membantu pengguna untuk tetap aktif dan produktif dengan kemudahan yang praktis. Seperti misalnya dalam memberikan respons otomatis yang membantu pengguna memantau statistik vitalnya secara real-time.

Meningkatkan produktivitas dan kesehatan tenaga kerja

Industri bisnis juga memperoleh manfaat dari teknologi ini yang disalurkan kepada tenaga kerjanya. Menurut penelitian di Amerika, 79% karyawan yang memakai smart devices di kantor melaporkan bahwa perangkat tersebut berperan penting dalam pekerjaan mereka.

Tak hanya meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup karyawan, teknologi ini dapat meningkatkan komunikasi, melacak aktivitas karyawan, serta meningkatkan langkah-langkah keselamatan di tempat kerja. Jadi, karyawan yang lebih sehat dan bahagia akan menghasilkan tingkat retensi karyawan yang lebih tinggi.

Mobilitas dan keserbagunaan

Teknologi ini juga bersifat handsfree dan portabel sehingga mudah digunakan dan dipegang, tidak seperti smartphones. Teknologi ini juga dapat melakukan beberapa fungsi yang dilakukan smartphone seperti panggilan telepon, SMS, email, dan masih banyak notifikasi lainnya. Keserbagunaan yang ditawarkan teknologi ini memang memberikan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari.


Pro & Kontra Wearable Technology

Meskipun transformasi wearable technology tergolong cukup bermanfaat, namun ada pro dan kontranya. Baik pengguna maupun perusahaan mulai menggunakan berbagai perangkat wearable untuk berbagai aplikasi. Walaupun dampaknya semakin besar di mata masyarakat, tetap penting untuk mempertimbangkan pro dan kontranya. Berikut penjelasannya:

Pro

Cocok untuk orang yang selalu bepergian

Wearable technology memungkinkan kita memiliki akses tanpa harus merogoh saku atau tas. Khususnya untuk pengguna yang aktif dan sibuk setiap harinya. Teknologi ini cocok bagi yang ingin memantau kesehatan dan kebugaran mereka secara praktis.

Olahraga dengan lebih efisien

Teknologi ini khusus bagi pengguna yang ingin mencapai target kebugaran tertentu secara real-time. Dimanapun mereka berada, baik di gym, kantor, ataupun di mall, waktu berolahraga pun akan menjadi lebih efisien.

Peningkatan produktivitas dan efisiensi dalam bekerja

Poin ini adalah salah satu alasan utama banyak orang memutuskan untuk berinvestasi dalam wearable technology. Dalam masyarakat yang serba cepat, kita terus mencari cara untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi baik di tempat kerja maupun dalam kehidupan pribadi.

Dengan bantuan teknologi ini, kita akan tetap terhubung bahkan saat kita sedang keluar kantor. Dengan kata lain, kita dapat dengan mudah memantau korespondensi via email dengan smartwatch kita.

Kontra

Masalah teknis

Masa pakai baterai yang terbatas merupakan salah satu masalah bagi banyak wearable technology. Berikut contoh masalah teknis yang ada:

  • Kapasitas baterai dan pengisian daya
  • Dukungan GPS
  • Jangkauan komunikasi terbatas
  • Manipulasi data
  • Kurangnya enkripsi.

Masalah regulasi

Negara-negara di seluruh dunia mengikuti peraturan dan regulasi yang berbeda-beda dalam menangani pengumpulan, transfer, penyimpanan, dan keamanan data wearable technology. Beberapa negara mengikuti undang-undang pengawasan yang sangat ketat dan menuntut penyimpanan data secara lokal. Dalam beberapa kasus, perusahaan tidak dapat menyimpan data untuk jangka waktu yang lama.

Ancaman cyber

Keamanan dan privasi catatan kesehatan pengguna adalah salah satu masalah yang terkait dengan wearable technology. Data yang dikumpulkan dibagikan secara online, digital, atau dengan pihak ketiga yang berpotensi untuk tujuan pemasaran.

Maka dari itu, penggunaan data untuk pelanggaran kriminal tidak dapat diabaikan. Dalam beberapa kasus, pengetahuan dan pemahaman tentang privasi data kurang dipahami oleh pengguna.

Sistem error dalam interpretasi data

Keandalan, validitas, dan keakuratan data adalah kelemahan lain dari wearable technology. Data yang dikumpulkan mungkin sangat bervariasi jika perangkat dikenakan pada bagian tubuh yang berbeda. Jika perangkat menunjukkan data yang tidak akurat untuk statistik kesehatan vital, maka akan terjadi kesalahan dalam interpretasi data.


Kesimpulan

Industri wearable technology akan terus berkembang di masa depan karena berbagai faktor. Teknologi ini sangat berguna karena khusus dirancang untuk memiliki keserbagunaan, aplikasi canggih, fungsionalitas, meningkatkan kesadaran tentang kesehatan dan kebugaran, dan masih banyak manfaat lainnya.

Teknologi ini dapat bertransformasi menjadi perangkat kesehatan pribadi dengan memberikan akses langsung terhadap data kesehatan real-time. Teknologi ini merevolusi cara kita berpikir tentang kesehatan pribadi dengan memberdayakan pengguna untuk mengendalikan kebugaran mereka dan mendorong pendekatan proaktif terhadap manajemen kesehatan.

Namun, dengan meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai wearable technology ini, sulit untuk mengabaikan faktor risikonya. Terkadang ada permasalahan seperti isu keamanan, privasi, tantangan pengaturan settings, dan tantangan teknisnya yang perlu segera ditangani.

Nah, menurut kalian, apakah worth-it untuk membeli salah satu perangakat wearable technology terkini untuk kita pakai sehari-hari? 

Author by: Ayu Putu Niastarika

Artikel terbaru