Aplikasi Pendukung Whatsapp Business API, Wajib Dimiliki!

Share:

Aplikasi Pendukung Whatsapp Business API, Wajib Dimiliki!

Teknologi   229   Update: 26/06/2024


Tahukah kamu jika aplikasi Whatsapp yang hadir pada tahun 2009 dibesut oleh dua orang mantan karyawan Yahoo bernama Jan Koum dan Brian Acton telah memiliki user pengunduh hingga 3 juta orang di seluruh dunia hingga tahun 2024. Aplikasi Whatsapp tersebut sebagai pengganti SMS (pengiriman pesan biasa)  menjadi pesan berteknologi tinggi dengan ragam fitur dan keistimewaan lainnya. Whatsapp bersimbol telepon warna hijau bulat ini semakin disempurnakan setiap kali user melakukan upgrade aplikasi. 

Tujuan upgrade aplikasi adalah untuk meminimalkan kejahatan para peretas dan sekaligus mengganti atau menambah fitur lama menjadi fitur baru.

 

Perkembangan Whatsapp biasa merambah ke Whatsapp Business yangmana bisa dipakai untuk chat pribadi dan bisa chat keperluan bisnis. Makin tahun, aplikasi ini semakin dipercaya sebagai perangkat lunak yang kompatibel membantu user dalam mengembangkan karir. 


Keunggulan Mengunduh Aplikasi Whatsapp bisnis

Dengan adanya software pendukung Whatsapp business semua user dapat berkirim pesan dengan mudah dan cepat saat online, tak hanya itu saja ya tapi juga bisa mengirimkan foto dan video, update status, melihat status, membuat grup bersama orang lain, melakukan tindakan panggilan telepon biasa dan video serta mengirimkan dokumen.

Whatsapp dalam bentuk android dilengkapi juga barcode di bagian settingannya untuk menghubungkan link barcode kode aplikasi lain. Peran Whatsapp sebagai aplikasi pengiriman pesan tidak menyerap pulsa regular user tapi semua telah dikalkulasi oleh data kuota internet ketika Anda pakai. Berbeda dengan pengiriman pesan biasa memakai pulsa reguler yang setiap kali kirim bisa memakan pulsa sebesar Rp. 250 – Rp. 450 per sekali kirim (setiap operator seluler memiliki tarif yang berbeda).

Hanya saja kelemahan dari aplikasi SMS biasa ada pada terbatasnya pengiriman foto dan video. Semakin maju perkembangan Whatsapp maka semakin banyak juga kefungsian Whatsapp pribadi dan Whatsapp bisnis. Whatsapp pribadi khusus digunakan untuk keperluan percakapan pribadi sedangkan Whatsapp bisnis bisa untuk keduanya (percakapan pribadi dan bisnis). Whatsapp bisnis sendiri dilengkapi juga dengan fitur bisnis berupa kolom katalog yang memungkinkan user memposting dan membuat deskripsi produk bisnisnya tanpa berbayar.

Agar makin menarik perhatian user, Whatsapp didukung oleh aplikasi pendukung yang pro dengan Whatsapp originalnya. Artinya, aplikasi Whatsapp yang user unduh dan pakai saat ini bisa dikoneksikan dengan aplikasi dukungan Whatsapp lain untuk membuat tampilan dan fungsi Whatsapp makin keren.

 

Ingin tahu seperti apa?

Scroll lagi yuk!

 

Aplikasi Integrasi Whatsapp Business API

Perlunya mengunduh aplikasi lain yang terkoneksikan dengan Whatsapp bisnis tujuannya untuk memaksimalkan potensi teknologi user. Sehingga adapun aplikasi komunikasi tidak terkesan membosankan dan stagnan dalam satu linier kerja saja. Dengan adanya aplikasi tambahan ini, user dapat mengelola segala kebutuhan di Whatsapp Business API.

1. CRM

CRM adalah Customer Relationship Management dimana aplikasi ini nantinya akan menghubungkan pelanggan dengan user sebagai pengelola usaha atau bisnis. Kegunaan dari aplikasi crm yakni mampu menyimpan data pelanggan baik telah memesan atau akan memesan. CRM bermanfaat untuk mengawasi progress produk dari awal hingga akhir. Contoh aplikasi CRM seperti Sugar CRM, Engagebay, Pipedrive dan Keap.

 

2. MARKETPLACE

Tentang adanya marketplace tentu menjadi pembantu user dalam mengelola Whatsapp bisnis makin maju karena dalam fitur Whatsapp bisnis ada tautan link yang terhubung dengan berbagai tujuan sistem. Dari marketplace, konsumen bisa menghubungi user dari nomor kontak Whatsapp yang tertera di halaman muka marketplacenya.

 

3. CHATBOT

Chatbot pada Whatsapp Business API begitu penting, bentuknya dari hasil kecerdasan buatan yang dikenal sebagai asisten digital yang akan menjawab segala keluhan konsumen. Whatsapp Business API tidak dilengkapi aplikasi chatbot alias terpisah sehingga jika user ingin memaksimalkan kinerja sistem Whatsapp harus mengunduhnya terpisah.

Secara otomatis akan terkoneksi dengan Whatsapp Business API reguler. Kinerja asisten digital cukup membantu keluhan konsumen walaupun yang menjawab adalah mesin. Jadi, user asli tidak perlu capek mengetik balasan komentar dari usernya.

 

4. INSTAGRAM

Siapa yang tidak kenal dengan instagram, tentu semua orang telah mengunduh aplikasi sumber komunikasi ini ya. Integrasikan instagram dengan Whatsapp Business API tidak langsung ya tapi ada saluran link yang akan masuk ke instagram kemudian nantinya orang lain yang melihat IG user akan mengetahui link Whatsapp kontak, link Whatsapp produk katalog dan sebagainya.

 

5. FACEBOOK

Aplikasi facebook juga perlu terhubung dengan Whatsapp Business API tapi memang sedikit rumit karena pengelolaan terhubung dengan iklan. Caranya:

  • User wajib melakukan verifikasi dari halaman Facebook Bisnis Manager, dalam hal ini user akan diminta mengisi data penting kebutuhan.
  • Lakukan set up dan isilah profil tentang bisnis user pada Whatsapp API, jika langkah pertama di atas telah selesai maka bukalah aplikasi Whatsapp da nisi data yang diminta pada kolom account.
  • Koneksikan nomor Whatsapp bisnis dengan bantuan Whatsapp BSB, user dapat membuka situs Whatsapp bsb dan ikuti langkah berikutnya untuk memasukkan nomor Whatsapp Business API. Keunggulan dari perantara Whatsapp BSB yakni user akan memperoleh dashboard yang dapat digunakan untuk keperluan bisnis.

 

6. SYSTEM TICKETING

System ticketing di sini bukanlah sistem pemesanan tiket ya tapi tiket kumpulan keluhan pelanggan guna  memperbaiki sistem kerja user dan aplikasi itu sendiri. Sistem ini akan muncul ketika user telah sempurna mengunduh dan mengelola Whatsapp api bisnis. Bentuknya yakni obrolan dari pelanggan yang masuk kemudian dipartisi dan dijadikan satu lokasi untuk kemudian dievaluasi.

 

7. DASHBOARD OMNICHANNEL

Dashboard omnichannel adalah sebuah aplikasi pendukung yang membantu performa customer service user. Dalam hal ini ada banyak situs penyedia omnichannel misalnya www.qiscus.com. User yang telah terdaftar akan diberikan hak akses penuh oleh situs tersebut dalam mengelola layanan pengiriman dan menerima pesan.

 

Kesimpulan

Aplikasi Whatsapp merupakan sebuah wadah yang cukup sempurna untuk mengembangkan potensi diri karena dari satu aplikasi dasarnya dapat dikoneksikan atau integrasikan dengan aplikasi lain yang dapat memaksimalkan kemauan kebutuhan user. Dari satu aplikasi Whatsapp reguler berkembang menjadi Whatsapp bisnis, kemudian berkembang lagi menjadi Whatsapp Business API. Dari Whatsapp Business API dapat dikoneksikan lebih maksimal terhadap aplikasi lain.

Author by: Titin astuti

Artikel terbaru


Keyword

Aplikasi pendukung Whatsapp Business software pendukung Whatsapp Business Whatsapp Business API aplikasi integrasi Whatsapp Business API