11 Tips Cara Menjaga Baterai HP Tetap Awet

Share:

11 Tips Cara Menjaga Baterai HP Tetap Awet

Teknologi   74   Update: 08/06/2024


Cara mengatasi dan merawat baterai hp atau ponsel  tetap awet, sehingga pengguna dapat memakainya secara leluasa dan tidak ketakutan cepat padam saat digunakan terutama dalam keadaan yang sangat penting. Ini sangat diperlukan terutama ketika kita berada jauh dari rumah atau di tempat yang tidak memungkinkan untuk melakukan isi ulang.

Baterai merupakan sebuah komponen yang sangat penting dari sebuah perangkat termasuk ponsel yang sering kita gunakan sehari-hari. Memang jika sebuah baterai memiliki kapasitas daya yang besar tentu dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Ternyata tidaklah semua ponsel android dibekali dengan kapasitas daya yang besar, tidak kurang ada yang memiliki kapasitas daya sangat terbatas. Nah, untuk mengatasi ponsel yang memiliki kapasitas baterai dengan daya terbatas diperlukan sebuah trik agar baterai bisa awet.

Berikuti ini kami sajikan 11 tips cara menjaga agar baterai hp tetap awet;

 

1. Nyalakan mode pesawat

Airplane Mode atau mode pesawat, ketika ponsel tidak digunakan sebaiknya nyalakan mode ini, karena ini bisa menjadi salah satu upaya membuat baterai jadi awet. Sebab dengan menyalanya koneksi internet dapat menguras daya baterai.

Matinya mode pesat tentu ponsel dalam kedaan offline, keadaan ini bisa digunakan ketika kita dalam kondisi tidur atau dalam perjalanan, yakni pada saat-saat kita tidak terlalu membutuhkan koneksi interner ponsel.

2. Aktifkan mode hemat daya

Diaktifkannnya mode hemat daya akan secara otomatis mengurangi fungsi yang dapat menguras habis pemakaian baterai. Fitur ini memiliki fungsi menguraingi kecepatan mesin hingga mencapai 70 persen dari keadaan normal. Di samping itu dapat menurunkan tingkat kecerahan hinggga mencai 10 persen artinya bisa membuat baterai lebih awet. Mengaktifkan mode daya setidaknya pengguna ponsel terbantu, karena secara otomatis daya yang digunakan aplikasi tertentu yang tidak dipakai bisa mati dengan sendirinya.

3. Periksa aplikasi yang terus berjalan

Periksa aplikasi yang tidak dibutuhkan terus jalan, karena berjalannnya aplikasi di latar belakang dapat menguras daya baterai ponsel. Usahakan untuk melakukan pengecekan secara berkala agar mengetahui adanya aplikasi yang berjalan tanpa digunakan, sebaiknya segera dinonaktipkan jika ada.

4. Matikan fungsi GPS

Mematikan fungsi GPS merupakan cara yang signifikan untuk menghemat daya pada baterai ponsel kita. Cara menonaktifkannya sangat mudah, tinggal membuka pengaturan, keamanan dan lokasi, kemudian geser tombol tersebut untuk mematikannya.

5. Kurangi kecerahan layar ponsel

Jika tidak ingin mengaktifkan mode hemat daya bisa dengan cara mengurangi kecerahan layar pada ponsel kita, gunakan dengan cara manual dalam pengaturannya. Sebaiknya menonaktifkan kecerahan otomatis, karena fitur ini dirancang untuk menyesuaikan dengan kebutuhan, terkadang dapat menimbulkan kecerahan layar yang berlebihan padahal tidak dibutuhkan. Maka matikan otomatisnya supaya dapat menghebat daya baterai.

6. Matikan getaran atau suara keyboard

Kita setidaknya bisa menghemat penggunaan baterai ponsel dengan mematikan fitur getaran atau suara keyboard. Munculnya suara atau getaran tadi dapat menguras baterai ponsel, sehingga dengan mematikannya dapat menghemat penggunaan baterai ponsel berjam-jam.

7. Matikan Wi-Fi

Ketika Wi-Fi dijalankan maka dapat menguras baterai ponsel dengan cepat, apalagi ketika jaringannya tidak ada atau dalam kondisi pencarian, hal itu dapat menyebabkan ponsel terus bekerja dan dapat menyebabkan baterai ponsel cepat habis. Sebaiknya dimatikan untuk menghemat daya jika memang keadaannya tidak terlalu dibutuhkan.

8. Hindari menggunakan ponsel saat mengisi daya

Usahakan ketika kita sedang mengisi daya pada baterai ponsel jangan sambil digunakan, karena selain dapat merusak baterai cepat rusak juga menyebabkan tidak awet. Saat melakukan pengisian daya sebaiknya menutup semua aplikasi yang sedang jalan. Tujuannya untuk memaksimalkan saat pengisian daya dan menghindari dampat buruk pada baterai.

Namun yang paling bagus dilakukan ketika mengsi daya pada baterai ponsel dalam kondisi ponsel mati. Ini memiliki tujuan agar daya pada baterai tidak kembali tersedot ulang pada saat proses pengisian. Jika sudah penuh sebaiknya segera cabut kabel ponsel dari colokan charger.

Perlu diperhatikan saat pengisian daya agar baterai ponsel bisa tahan lama, saat mengisi ulang jika indikator berada pada angka 20 persen, usahakan hingga 80 persen, upaya ini bisa memperpanjang usia hidup baterai ponsel kita.

9. Gunakan charger original

Mengapa harus menggunakan charger original? Karena setiap jenis ponsel serta baterai biasanya bisa menerima setiap pengisian dengan daya yang berbeda. Untuk menjaga baterai tetap awet dan tahan lama maka gunakan charger asli dan bawaan ponsel tersebut.

Karena tentunya perusahaan ponsel telah menyesuaikan dengan memberikan charger yang memiliki tegangan dan diseuaikan dengan daya serap baterainya. Jika terlalu sering menggunakan charger yang KW atau tidak sesuai dengan bawaannya, maka baterai ponsel akan cepat rusak dan bahkan bisa menggelembung.

10. Hindari mengisi baterai semalaman

Hindari pengisian baterai ponsel dalam waktu semalaman, kadang kita beranggapan jika besok pagi saat bangun baterai ponsel sudah terisi dan penuh. Semestinya hal ini tidak perlu dilakukan, karena dapat menyebabkan usia baterai pada ponsel kita akan memendek.

11. Matikan mode getar

Fitur ini terkadang sering digunakan para pengguna ponsel karena menganggap dengan menggunakan mode getar notifikasi dan dering masih tetap bisa diketahui, selain menghindari suara berisik dari nada dering yang ditimbulkan.

Ternyara justru, getaran maupun vibrasi dari mode ini malah banyak menguras daya dari baterai ponsel kita. Sebab munculnya getaran pada vibrasi tadi dihasilkan dari motor yang justru banyak menguras daya pada baterai. Sebaiknya untuk menjaga agar baterai tetap awet sebaiknya mematikan mode getar.

 

Penutup

Inilah sebelas point tips untuk menjaga baterai ponsel tetap hemat dalam penggunaan seharian, terutama tips ini bisa digunakan bagi baterai yang memiliki daya terbatas. Sehingga dengan cara yang telah disebutkan tadi di atas kita tidak kehabisan daya baterai, ketika kita betul-betul dalam kedaan membutuhkan, daya batera ponsel tetap menyala.

Author by: Alam

Artikel terbaru


Keyword

merawat baterai hp ponsel tetap awet komponen sangat penting