Download Aplikasi Di Luar Google Play Store, Berbahaya Kah?

Share:

Download Aplikasi Di Luar Google Play Store, Berbahaya Kah?

Teknologi   42   Update: 12/06/2024


Pengunduhan atau download merupakan proses pengambilan data atau file dari sebuah server online ke penyimpanan internal. Apabila suatu file atau aplikasi terdownload, maka file atau aplikasi tersebut akan terkirim dari server eksternal ke perangkat yang digunakan terutama sistem smartphone. 

Mendownload atau menginstall sejumlah aplikasi yang tersedia di perangkat internal merupakan hal lumrah bagi pengguna smartphone untuk memenuhi kebutuhan penggunaan ponsel tersebut. Dalam menginstall sebuah aplikasi yang sesuai dengan apa yang diperlukan atau penasaran dengan aplikasi yang sedang populer di masyarakat, pengguna ponsel pintar biasanya mencari aplikasi seperti di Play Store dan App Store. 

Dalam mengoptimalkan penggunaan smartphone setiap pengguna tentu selalu berhubungan langsung dengan toko resmi penyedia aplikasi bernama Google Play Store. Toko penyedia aplikasi ini memang sudah memiliki lisensi dan dipercaya menghadirkan ribuan aplikasi yang sudah dipercaya keamanannya dan dapat digunakan secara bebas. Toko resmi Google Play Store sudah memiliki lebih dari 82 miliar pengunduhan aplikasi pada kurun waktu 2016 dan mencapai lebih dari 3,5 juta aplikasi yang sudah diterbitkan per-tahun 2017.

Namun meskipun cukup mudah untuk menginstall sebuah aplikasi melalui kualitas smartphone hari ini, para pengguna harus tetap berhati-hati dalam mendownload suatu aplikasi. Jika tidak selektif dan berhati-hati dalam mengunduh aplikasi dapat berpotensi membahayakan kondisi smartphone, serangan virus hingga peretasan data pribadi. Dikutip dari Google Help, mendownload aplikasi dari sumber lain yang tidak dikenal dapat membahayakan perangkat dan informasi baik rusak atau datanya hilang sampai informasi pribadi yang dapat dirusak atau diretas. 


Bahaya Mendownload Aplikasi Diluar Play Store

Tak dipungkiri bahwa mengunduh aplikasi dari sebuah situs di luar aplikasi penyedia bawaan pabriknya seringkali berdampak berbahaya terhadap kerentanan perlindungan kesehatan ponsel dan keamanan data privasi yang penting. Berkaca dari jumlah kasus peretasan yang semakin banyak, masyarakat akhirnya mulai menyadari akan potensi bahaya yang menyerang aktivitas dan sistem pengguna ponsel pengguna. 

Untuk menghindari masalah tersebut dengan melakukan skrining secara berkala dan hanya mendownload aplikasi dari toko resmi. Berikut ini beberapa potensi yang dapat terjadi apabila mengunduh aplikasi di luar sumber yang legal dan sudah terjamin legalitasnya.


1. Smartphone rentan disadap atau disusupi oleh virus malware

Virus malware (Malicious Software) merupakan perangkat lunak (software) yang sengaja dibuat untuk meretas sebuah sistem komputer, server atau jaringan tanpa diketahui oleh pemilik perangkat. 

Dikutip dari laman resi AVG, aplikasi tidak resmi yang dibuat pihak ketiga rentan disusupi malware, spyware, trojan hingga phising. Virus tersebut memungkinkan peretas dapat mengendalikan perangkat serta membongkar akses di smartphone seperti ke kontak telepon, panggilan, email, lokasi, galeri/foto, kata sandi hingga akun keuangan (mobile banking) tanpa diketahui pengguna smartphone. 

Merujuk dari hasil laporan Lab Kaspersky, fenomena ancaman malware pada perangkat smartphone terus mengalami peningkatan. Oleh karena itu, para pengguna diharapkan untuk lebih cermat ketika mengunduh sebuah aplikasi di luar toko aplikasi yang resmi bawaan smartphone untuk mencegah terjadinya penyerangan virus malware dan terhindar dari sejumlah modus pencurian data yang marak terjadi. 


2. Potensi Ancaman Jaringan

Dari beberapa laporan yang termuat di sejumlah media massa di internet, ditemukan informasi bahwa sejumlah aplikasi smartphone dari pihak ketiga di luar aplikasi penyedia aplikasi bawaan pabrik seringkali berpotensi membahayakan keamanan jaringan, data dan keuangan yang terintegrasi di ponsel pengguna. Dari banyak kasus, biasanya ancaman yang terjadi berupa pencurian dan ancaman terhadap akses jaringan, beberapa diantaranya serangan man-in-the-middle (MiTM) suatu istilah yang dipergunakan hacker memposisikan diantara percakapan kedua belah pihak. Peretas biasanya meretas akses data dan interaksi pengguna yang sedang berlangsung.


3. Muncul Spam Iklan 

Mendownload sejumlah aplikasi di luar internal toko aplikasi yang resmi bawaan pabrik seringkali dapat berdampak pada serangan spam iklan dan pengunduhan otomatis aplikasi lain pada perangkat smartphone. Keadaan ini sangat mengganggu pengguna bahkan membuat akselerasi kecepatan ponsel semakin menurun. 

Untuk menghentikan serangan iklan tersebut, pengguna diharapkan untuk segera menghapus atau meng-uninstall sejumlah aplikasi yang dicurigai sebagai sumber munculnya aplikasi tidak berguna atau spam pop-up iklan yang tidak diinginkan. 


4. Resiko Inkompatibilitas/Ketidakcocokan

Salah satu resiko lainnya yang berpotensi membahayakan penggunanya adalah terjadinya resiko ketidakcocokan. Akibatnya, aplikasi yang diunduh di luar perangkat resmi tidak selalu cocok dengan tipe smartphone sehingga aplikasi yang diunduh tidak dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Aplikasi keluar sendiri, sering mengalami lag, buffering yang menguras waktu adalah sejumlah masalah yang sering dialami jika mendownload atau menginstall aplikasi yang tidak sesuai dengan kondisi smartphone. 


Tips Install Aplikasi Yang Aman

Agar terhindar dari potensi kerentanan ancaman penyerangan digital yang membahayakan pengguna smartphone, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menginstall aplikasi yang aman. 

  1. Unduh atau install aplikasi dari sumber yang sudah terpercaya legalitas dan keamanannya

  2. Sebelum mengunduh, baca terlebih dahulu ulasan aplikasi yang biasanya tersedia

  3. Untuk memitigasi risiko, gunakan perangkat anti-virus sebagai proteksi scanning aplikasi sebelum download atau memasang di perangkat

  4. Banding jumlah pengunduh lalu riset juga testimoni pengguna lain soal aplikasi yang akan diunduh

  5. Lakukan pembaruan atau update secara berkala

  6. Hapus atau uninstall aplikasi yang sudah tidak terpakai sehingga akselerasi kecepatan ponsel tetap aman

  7. Jika masih ragu jangan memaksakan untuk mengunduh. Play store dan sejumlah toko aplikasi bawaan pabrik sudah memiliki lisensi, aman dan terpercaya. Hampir semua aplikasi yang diperlukan sudah tersedia di toko digital tersebut. 

Aplikasi yang diunduh atau di install dari Google Play Store selain merupakan penyedia aplikasi resmi, juga sudah melewati proses quality control yang sangat ketat oleh tim profesional Google. Untuk menghindari hal buruk terjadi, direkomendasikan untuk tetap mengunduh atau menginstall aplikasi dari aplikasi terpercaya. Jadi berikut itu merupakan beberapa potensi yang akan terjadi apabila pengguna menginstall sebuah aplikasi di luar Google Play Store.

Author by: Yayang Nanda Budiman

Artikel terbaru


Keyword

Aplikasi Download Aplikasi Google Google Play Store Play Store Virus Malware Aplikasi Bahaya Peretasan Data Pribadi