9 Jenis Pelindung layar Anti Gores HP Rekomended

Share:

9 Jenis Pelindung layar Anti Gores HP Rekomended

Teknologi   54   Update: 16/06/2024


Layar adalah salah satu perangkat pada hp yang fungsinya sebagi penampil visual pada HP. Layar sendiri memiliki peranan penting bagi perangkat HP karena berfungsi tidaknya layar akan berpengaruh kepada performa HP itu sendiri.

Mengingat pentingnya layar HP untuk type smartphone sangat penting oleh karena itu banyak produsen pelindung layar HP berinofasi untuk menciptakan pelindung layar HP yang mampu melindugi layar dari goresan dan benturan. Di bawah ini adalah 6 jenis pelindung layar HP yang dapat di temukan di pasaran.

Perbedaan Tempert dan Anti Gores

Perbedaan keduanya adalah tempert memiliki bahan dasar penyusunya menggunakan bahan kaca dan memiliki ketahanan akan goresan yang cukup baik serta ketebalanya yang cukup tebal. Untuk redaman benturan memiliki redaman yang bagus serta melindunggi layar dengan sangat baik.

Anti gores memiliki bahan penyusun palstik yang tipis dan tidak memiliki daya tahan yang tinggi karena benda yang satu ini hanya plastik tipis yang fungsinya hanya menahan goresan kecil dari pemakaian harian saja. Anti gores bisa sobek jika terkena benda tajam.

Tempert Glass

Pelindung layar yang satu ini memiliki susunan komposisi bahan dasar yang di gunakan adalah kaca. Kaca yang di gunakan bersifat kaca plastik yang memiliki kelenturan yang cukup fleksibel. Pelindung layar yang satu ini selain memiliki permukaan yang jernih namun memiliki durabelitas yang tinggi karena ketebalan kacanya yang cukup tebal.

Kekurangan untuk pelindung layar yang satu ini dari ketebalanya yang terlalu tebal membuat sensitifitas pada layar menjadi berkurang. Sering tergores dengan benda tajam dan meninggalkan sidik jari pada layar adalah salah satu kekurangan yang paling terlihat di pelindung layar jenis ini.

Matte Glass

Pelindung layar yang masih satu keluaga dengan tempert glass. Untuk bahan layar ini masih sama dengan tempert glass yaitu kaca plastik. Dengan permukaanya yang matte dapat mengurangi pantulan sinar matahari yang di terima layar, juga untuk pelindung jenis ini aman dari sidik jari yang menempel seta kelicinan layar akan terus terjaga.

Kekurangan untuk layar ini karena permukaanya yang mate dan hitam membut pelindung layar ini kurang terlihat di luar ruangan, dan mengurangi kejernihan layar karena buram dari permukaanya yang matte.

Privacy Glass

Masih sama dari keluarga glass, pelindung layar yang satu ini memiliki beberapa keistimewaan seperti layar akan terlindungi dari orang di sekitar karena pelindung layar ini tidak terlihat kalau dari samping. Layar jenis ini memiliki layar yang tahan goresan juga warnanya yang sedikit gelap menghalangi pantulan cahaya pada layar.

Akan tetapi, privacy glass memiliki permukaan yang mudah sekali meninggalkan jejak sidik jari dan noda ketika selesai menggunakannya. Tidak jauh berbeda dengan tempered dan matte glass, pemasangannya membutuhkan cairan khusus untuk membersihkan layar. Kemudian Anda bisa langsung menempatkannya di atas layar.

Pet Screen protector

Pelindung layar yang satu ini memiliki bahan dari daur ulang plastik bekas dan memiliki permukaan glossy dan mirip dengan tempert glass. Memiliki bahan penyusun dari kaca yang terbuat dari plastik yang di daur ulang membuat pelindung murah dan ramah lingkungan.

Kekurangan dari pelindung layar ini kurang melindungi dari benturan karena kurang padatnya susunan pembuat layar ini, dan juga mudah menempel sidik jari.

Hydro Gel

Pelindung layar ini memiliki bahan dasar yang cukup berbeda pasalnya pelindung layar yang satu ini menggunakan karet yang fleksibel. Keuntungan layar ini memiliki permukaan yang halus dan tipis. Dengan permukaan yang tipis membuat sensifitas layar masih terjaga.

Kekurangan dari ayar ini tidak tahan goresan benda tajam. Pelindung layar ini bila terkena layar akan sobek. Bukan hanya itu layar ini jika penggunaan jangka lama akan geser untuk posisinya juga gelembung yang sering muncul pada permukaan layar.

Ceramic

Pelindung layar yang satu ini memiliki keistimewaan dari segi kekerasan bahan. Keramik sebagai penyusun utama membuat tingkat kekerasan pelindung layar ini lebih baik dari pada pelindung layar yang lain.

Kekurangan dari pelindung layar ini Meskipun tahan terhadap goresan, akan tetapi ceramic bisa pecah jika terlalu banyak ditekan. Pengaplikasiannya cukup mudah dan tidak jauh berbeda ketika memasang pelindung layar lainnya.

Thermoplastic Polyurethane (TPU)

TPU atau poliuretan termoplastik adalah pelindung layar plastik yang dimodifikasi secara kimia untuk membuatnya tahan gores, elastis, dan tahan terhadap minyak atau lemak. Permukaan TPU yang halus memungkinkan menyerap benturan seperti jatuh atau terkena goresan ringan. Biasanya, goresan ringan hanya meninggalkan sedikit penyok pada plastik TPU, yang akan kembali normal dengan sendirinya. Sehingga TPU memberikan perlindungan yang lebih baik.

Clear (Transparan)

Clear merupakan jenis pelindung layar HP yang paling standar. Screen protector ini tidak memiliki fitur unggulan jika dibandingkan dengan anti gores lainnya. Meski begitu, anti gores jenis clear merupakan pelindung layar yang paling jernih ketika dipasang di smartphoneScreen protector satu ini juga biasanya memiliki harga yang terjangkau di pasaran dan mudah dipasang. Sehingga, Clear akan sangat cocok jika kamu mencari pelindung layar yang simpel, ingin menjaga kejernihan layar, dan sering mengganti pelindung layar.

Miror

Jenis pelindung layar yang satu ini memiliki permukaan yang sangat memantulkan cahaya bisa juga berfungsi sebagai cermin bagi para wanita yang suka ber Susunan bahan Mirror mirip dengan Anti Spy, sehingga juga membatasi sudut pandang seseorang untuk melihat layarmu. Jika kamu tertarik menggunakannya, pastikan pilih Mirror berkualitas tinggi agar tahan lama dan gunakan Mirror yang tepat untuk model smartphone-mu. cermin.

Saran

Jika kalian ingin melindungi layar kalian dengan baik sebaiknya kalian memasang pelindung layar yang sifatnya memiliki kekerasanyang baik seperti ceramic atau tempert glass karena dua jenis pelindung layar ini bisa melindungi dari benturan dengan baik.

Untuk kalian yang mementingkan sensitifitas layar kalian bisa memilih hydro gel namun untuk hydro gel. Tipe pelindung layar yang satu ini bisa menempel denagan baik di permukaan layar yang melengkung. untuk pemakian lama pelindung layar ini dapat bergeser dari posisi semula karena karet yang menjadi bahan penyusunya kehilangan kerekatanya. 

Author by: Taufiq Irfani

Artikel terbaru


Keyword

pelindung layar hp rekomendasi pelindung layar HP jenis pelindung layar tempert glass. perbedaan tempert glass dan anti gores hydrogel