Social Media Consultant : Profesi, Peluang bisnis di media sosial

Share:

Social Media Consultant : Profesi, Peluang bisnis di media sosial

Bisnis   61   Update: 29/05/2024


Hai guys ada berita baik nih buat kamu yang selalu online 24/7 di media sosial, kalian udah denger belum nih yang namanya Social Media Consultant?

nih buat kalian yang belom pernah denger Mimin kasih tau nih apa yang di maksud Social Media Consultant adalah  layanan yang ditawarkan oleh para ahli media sosial kepada perusahaan atau individu yang ingin meningkatkan kehadiran dan efektivitas mereka di platform media sosial.

Konsultan media sosial adalah profesional yang memiliki pemahaman mendalam tentang tren, algoritma, dan praktik terbaik dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif.

Gimana nih cocok banget kan buat kalian yang selalu online di media sosial? potensinya luar biasa loh soalnya yaa kalo kita amati sekarang udah banyak banget loh perusahaan yang membutuhkan jasa seorang Social Media Consultant untuk membantu perusahaan dalam hal mempromosikan barang atau sebuah brand nya loh.

Dengan jumlah pengguna sosial yang mencapai kurang lebih 3.2 miliar pengguna internet di dunia tentunya menjad seorang Social Media Consultant berpotensi besar menjadi ladang usaha yang sangat menjajikan.

Eitss tapi sebelum menjadi seorang Social Media consultant tentunya ada beberapa keahlian yang harus kita kuasai ya guys..


Syarat Skill Menjadi Social Media consultant

tapi tenang aja Mimin bakalan kasih tau ko sama kalian keahlian apa aja yang harus kalian punya biar bisa jadi seorag Social Media Consultant simak ya guyss jangan sampe kelewatan .......

1. Komunikasi

Iya dong tentunya komunikasi yang baik ini nanti bakalan bisa membantu kalian buat menjadi seorang Social Media Consultant kenapa? Karna dengan skill komunikasi yang baik kalian bisa tau apa yang di butuhkan oleh seorang klient dengan mencari tau apa yang di inginkan oleh seorang klient untuk mengembangkan akun sosial medianya.

Dengan skil komunikasi yang baik juga kalian nantinya bisa terhindar dari salah faham dengan melakukan konsultasi dengan klient dalam tulisan yang kalian buat, karena tentunya tidak kecil kemungkinan sesuatu yang kita tulisa itu bisa menimbulkan persepsi yang berbeda.

Eits satu lagi nihh dengan skill komunikasi yang baik nantinya akan mempermudah kita loh untuk menentukan gaya bahasa cocok buat klient kita pakai nantinya nih di sosial medianya, agar mudah di fahami dan menarik buat calon-calon konsumen yang di tuju.


2. Kreativitas

Kreativitas yang tinggi bisa juga loh jadi nilai jual bagi seorang Social Media Consultant. Diluar sana pasti banyak Produk yang sama bersebaran dimana-mana disinilah tugas Kreativitas kita untuk membantu kita mengembangkan ide kita agar sosial media brand yang kita bantu ini mimiliki pembeda atau ciri khas tersendiri supaya lebih unggul dari kompetitor lain dan memikat para calon pembeli.


3. Project Management

Skill ini juga jadi kunci loh guys buat kalian yang mau menjadi seorang Social Media Consultant karena kalian harus bisa memimpin tim atau sebuah campaign yang pastinya bakalan ada loh.

Kenapa harus bisa memimpin? supaya nantinya strategi marketing yang kita jalankan itu bisa berjalan dengan lancar dan mencakup sasaran yang di tentukan


4. Data analys

Beuh kalo yang ini gausah di tanya pentingnya guys yang jelas Data analys juga berperan penting loh buat seorang Social Media Consultant karena nantinya kita bisa melihat data dari sebuah konten yang kita terbitkan di sebuah sosial media.

Karena kita nantinya bisa melihat data perkembangan dari sebuah konten yang kita terbitkan di sebuah sosial media, bukan cuman konten yang bisa kita lihat perkembangannya loh tapi sebuah campaign juga bisa kita lihat datanya apakah memenuhi target pasar atau melenceng.


5. Conversion Rate Optimization

Di sini ketika yang kita lakukan adalah ketika pelanggan tertarik ketika melihat produk kita melalui konte-konten yang sudah kita terbitkan dan kita promosikan di sebuah akun sosial sebuah brand, di langkah ini kita  membujuk calon pembeli agar membli produk yang sudah kita promosikan.

Kebiasaan baru para customer ini juga harus kita ketahui dan kita pahami loh guys sebagai seorang Social Media Consultant, karena nanti kita juga harus membantu para calon pembeli dalam mengembangkan chanel pembelian yang praktik untuk di gunakan oleh para calon pembeli.

Eits nih Mimin kasih bocoran sediki.. kalo seorang Social Media Consultant juga alangkah baiknya tau nih tentang website-website yang biasa di pakai oleh para calon konsumen, supaya transaksi bisa bisa berjalan dengan optimal ya guys.


6. Serch Engine Optimization

Biasanya ya nih guys seorang customer itu saat mencari sebuah produk atau layanan, mereka biasanya menggunakan kata kunci yang terkait sama sebuah brand atau produk loh.

Penggunaan kata kunci ini juga bisa menjadi sebuah cara yang efektif buat mengembangkan sebuah sosial media, jadi kita ada calon konsumen yang mencari produk tertentu, maka produ atau brand kita lah yang akan muncul di bagian atas sebuah halaman.

Bukan cuman itu loh Penggunaan kata kunci juga bisa membantu kita untuk meningkatkan jumlah kunjungan dari para calon konsumen, sehingga tidak menutup kemungkinan kita akan dapat calon konsumen yang potensial.

Nah gimana bocoran dari Mimin apa ini bisa membantu kalian buat memanfaatkan sebuah sosial media? Menarik kan peluang yang di hasilkan dari internet ini nah jadi tunggu apalagi ayo belajar jadi seorang Social Media Consultant.
Eitss tapi jangan asal-asalan ya karena pada dasarnya setiap pekerjaan itu punya tujuan yang baik buat sesama.. nihh biar kalian inget Mimin kasih tau tujuan dari seorang Social Media Consultant.


Tujuan Social Media Consultant

Salah satu manfaat dari social media consultant itu untuk membantu klien mencapai tujuan bisnis mereka melalui pemanfaatan strategi yang tepat di media sosial. Konsultan media sosial bekerja dengan klien untuk merancang dan melaksanakan rencana strategi yang sesuai dengan target pasar dan sasaran bisnis mereka.

Nah guys gimana nih buat topik pembahasan kali ini, menarik dan menantang kan? nah Mimin harap apa yang mimin tulis ini bisa menjadi sumber wawasan kalian akan peluang bisnis dari media sosial..

Nah buat pembahasan tentang topik peluang bisnis lagi tunggu Mimin upload lagi ya Guys See you 

Author by: Frinz

Artikel terbaru