7 Cara menghadapi perkembangan teknologi yang semakin canggih

Share:

7 Cara menghadapi perkembangan teknologi yang semakin canggih

Teknologi   94   Update: 28/05/2024


Kiat Menghadapi Perkembangan Teknologi Semakin Update & Canggih Setiap Hari

Tentunya kita semua sudah tidak asing dengan kalimat "Teknologi" Tapi apakah kalian tau apa yang di sebut teknologi itu sendiri? Nih Mimin kasih tau yah..

"Teknologi berartikan ilmu pengetahuan yang mempelajari keterampilan dan menciptakan alat hingga metode pengolahan guna membantu penyelesaian berbagai pekerjaan manusia".

Seiring perkembangan zaman kini kita semua tidak bisa lepas dari yang namanya Teknologi,kini dimana-mana teknologi sudah menjadi standar kemajuan setiap wilayah di seluruh penjuru dunia, bahkan sekarang Teknologi sudah bisa menggantikan manusia untuk mengerjakan perkerjaan sehari-hari.

Zaman semakin maju memaksa kita semua untuk terus mengikuti arah perkembangan Teknologi itu sendiri, apa itu perkembangan teknologi... nih Mimin juga bakalan kasih tau sama kalian "Perkembangan teknologi adalah majunya teknoologi dari masa ke masa menjadi lebih baik dan lebih canggih".

Tapi apakah perkembangan teknologi ini berbahaya bagi manusia? apakah manusia akan di gantikan oleh robot-robot di masa di masa depan seperti yang sering kita lihat di televisi?

Bagaimana cara kita menghadapi kemajuan dunia yang sangat pesat? nih dari pada bingung sendiri Mimin kasih tau deh buat kalian, biar kita semua bisa mengantisipasi tergantikannya manusia oleh mesin.


1. Terus Beradaptasi

Beradaptasi tentunya menjadi salah satu kunci untuk kita semua agar bisa terus hidup di dalam sebuah lingkungan, sama halnya dalam kasus ini beradaptasi dengan segala perkembangan teknologi bisa membantu kita agar tidak ketinggalan zaman.

Mengapa kita harus beradaptasi dengan kemajuan atau perkembangan teknologi? Pada dasarnya bukan kah kita semua tidak mengetahui bagaimana ruang lingkub kehidupan kita?

Tapi semakin lama kita bisa mencocokan diri dengan lingkungan tersebut, dengan segala keterbukaan yang kita miliki dalam kehidupan sehari-hari kita bisa mudah untuk beradaptasi atau menerima bagaimana kondisi di lingkungan hidup kita.. begitupun dengan teknologi semakin kita terbuka dengan segala perkembangan teknologi kita tidak akan ketinggalan oleh perkembangannya.


2. Memanfaakan Teknologi

Memanfaatkan teknologi juga bisa menjadi salah satu cara untuk kita untuk menghadapi perkembangan teknologi.

Dengan memanfaatkan teknologi bisa membantu kita mempermudah wawasan kita dan memberikan informasi yang penting untuk kita agar selalu siap menghadapi situasi yang akan terjadi di masa yang akan datang, jika kita memiliki pengetahuan tentang apa yang akan terjadi di kemudian hari tentunya kita bisa bersiap dari sekarang agar tidak kalah saing oleh kemampuan robotik yang bisa saja menggantikan peranan kita dalam kegiatan sehari-hari.


3. Gunakan Teknologi Dengan Bijak

 Seperti yang kita lihat sekarang Handphone bukan lah barang yang aneh untuk kita sekaran,semua kalangan sekarang menggunakan Handphone, tapi apakah pemakaian handphone kita sehari-hari itu memberi kita manfaat? apa hanya meruugikan kita?

Sekarang Handphone sudah hampir merebut kehidupan kita tanpa kita sadari, Contohnya sering kita temui anak di bawah umur yang dahulu sering bermain bersama teman-temannya di sekitar kita sudah sibuk dengan handphone nya masing-masing tanpa memikirkan temannya yang ada di sampingnya.

Bukan hanya anak kecil tetapi di kalangan orang dewasa pun sama kita terlalu asik dengan dunia maya sehingga kita lupa dengan kehidupan nyata yang kita jalani.

Peran penggunaan teknologi yang bijak sangat di butuhkan agar tidak merugikan waktu yang kita miliki. Contoh penggunaan teknologi yang bijak salah satunya adalah mencari informasi yang kita perlukan seperti mencari materi pelajaran yang kita perlukan, mengerjakan tugas, menyelesaikan pekerjaan, atau untuk membantu menyebarkan informasi yang bermanfaat untuk orang lain

-Eitss Mimin ingetin juga nih kalau kalian menyerbarkan sebuah informasi.. harus di cek dulu yah kebeneran berita tersebut, jangan sampee nanti kalian jadi penyebar berita palsu ya (Hoax).


4. Mempelajari Teknologi Terbaru

Yaps mempelari teknologi itu juga penting loh guys karena kalo kita cuman tau materi tanpa praktek rasanya kurang pas bukan? Mempelari teknologi bisa kita lakuin dimana aja loh, karena sekarang sudah hampir semua orang memiliki Gawai, sekarang tinggal kita cari di google apa yang mau kita tau udah banyak orang yang kasih tau loh kaya gini contohnya xixixi..

Yang namanya teknologi udah pasti memiliki manfaat tersendiri, tapi kalo kita gamau belajar soal teknologi gimana kita mau maju iya kan? maka dari itu kita harus terus mempelajari teknologi dari segala jenis bidang agar di masa yang akan datang nanti manusia tidak akan di gantikan oleh sistem robotik.


5. Bentuk Digital Mindset

Nah siapa nih yang disini baru denger kalimat "Digital Mindset" Jadi guys.. "Digital Mindset itu bisa di artikan kemampuan seseorang melihat peluang menyatukan peluang bisnis dengan teknologi" Nih contohnya kita bisa lihat dimana-mana sekarang seperti Online shop, Ojol. 

Dengan terbentuknya Digital Mindset bisa membantu kita melihat semua peluang bisnis dengan memanfaatkan Pengetahuan akan peluang dan teknologi yang semakin berkembang.


6. Gali Potensi Diri

Pengembangan diri sendiri merupakan hal yang penting juga loh buat menghadapi perkembangan teknologi di zaman sekarang..

Gali potensi dala diri yang kamu rasa sebuah keahlian yang kamu miliki, kembangakan dan terus pertajam soft skill yang kamu punya jadikan itu sebagai bekal kamu menghadapi perkembangan teknologi sehingga kamu tidak akan kalah saing oleh teknologi


7. Buka Wawasan

Membuka wawasan tentunya menjadi peran yang sangat pentik untuk menyikapi perkembangan teknologi, mencari tahu tentag skil-skil yang di perlukan di masa yang akan datang menjadi kunci untuk bersaing dengan teknologi.

Semakin luas wawasan kita maka semakin luas juga hal-hal yang harus kita siapkan untuk menghadapi perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Mempertajam skill yang di butuhkan di masa yang akan datang dari sekarang bisa menjadi senjata untuk bersaing dengan teknologi, karna pada dasarnya taknologi hanyalah sebuah kecerdasan yang di buat oleh manusia dan di program melalui kode-kode, sedangkan manusia belajar dari pengalaman, semakin luas wawasan dan pengalaman kita maka semakin besar peluang kita untuk bisa bersaing dengan teknologi.

Perkembangan teknologi memang baik untuk membantu kita menyelesaikan bermacam-macam jenis kegiatan yang kita lakukan sehari-hari.

Tapi jika kita tidak bisa mengikuti perkembangan zaman yang terjadi di masa sekarang tidak kecil kemungkinan segala jenis kegiatan atau pekerjaan kita bisa di gantikan oleh teknologi, maka dari itu ayo sudah saatnya untuk kita melihat segala potensi yang bisa kita kembangkan melalui teknologi.


Penutup

Yups guys jadi itu adalah 7 tips menuut Mimin untuk kalian buat menghadapi perkembangan teknologi ya mohon maaf nih kalo Mimin ada salah kata. Akhirkata salam sehat untuk kita semua see you di next artikel guysss.

Author by: Frinz

Artikel terbaru