INFO Usaha Ritel Alfamart, Cara Daftar dan Syarat Terlengkap!

Share:

INFO Usaha Ritel Alfamart, Cara Daftar dan Syarat Terlengkap!

Bisnis   359   Update: 15/06/2024


Siapa yang tidak kenal dengan minimarket nasional Alfamart?

Hampir semua orang di Indonesia mengetahui toko ritel yang tersebar berjumlah mencapai  8500 gerai Alfamart. Banyak orang menyukai Alfamart sebagai tempat belanja yang nyaman dan harganya cukup masuk akal di kantong. Adapun yang dijual di Alfamart terbilang cukup lengkap bagi pemenuhan kebutuhan rumah tangga harian.

Alfamart lebih condong memakai sistem penjualan barang ritel fast moving sehingga menjadi sasaran  empuk bagi konsumen semua usia membeli di Alfamart. Jumlah yang mencapai ribuan tersebut kini telah menjadi sebuah perusahaan waralaba terbesar dan terkenal hingga luar negeri. Banyak investor mulai melirik membuka bisnis Alfamart dengan nama yang berbeda, tapi masih satu naungan manajemen Alfamart tbk.

 

Tertarik buka Alfamart di kota Anda, kita bercerita yuk!

 

Cerita Awal Mula Alfamart

Usaha dagang yang tadinya dimiliki oleh Bapak Djoko Susanto beserta keluarganya ini dijual sahamnya ke perusahaan HM Sampoerna tbk tahun 1989. Kemudian oleh perusahaan tersebut dikelola sebagai ritel kecil yang sistemnya akan disebar hingga seluruh Indonesia. Nama awal Alfamart yakni alfa minimarket kemudian tahun 2022 diubah menjadi Alfamart yang hadir dengan jumlah gerai 141 buah. Semakin moncer perkembangan Alfamart karena didukung oleh bursa pasar di bali dengan memakai conveyor belt tahun 2009 maka hadirlah 3.300 gerai.

Masuk tahun 2013 kemudian berkembang lagi anak cabang Alfamart dengan satu manajemen pusat Alfamart yakni Alfamidi yang menggerakkan saham pt.midi utama Indonesia tbk. Setelah banyak investor saham masuk, Alfamidi dan Alfamart kian maju hingga ada 8.500 gerai di seluruh Indonesia. Tahun 2016 bertambah lagi menjadi sekitar 12 ribuan gerai dengan memakai teknologi augmented reality.

Ternyata Alfamart telah ekspansi ke luar negeri seperti Asia Tenggara dan jumlah gerainya hingga15 ribuan skala nasional Filiphina. Data statistika menyatakan bahwa tahun 2022 telah menghasilkan 17.813 gerai perseroan resmi beroperasi, 2.985 gerai anak perusahaan Alfamart hadir, dan 3003 toko SAPA (Siap Antar Pesanan Anda).

 

Siapa Saja Yang Dapat Membuka Ritel Alfamart?

Membuka Usaha Ritel Alfamart di sekitar lingkungan rumah tidak terbatas  dari kelompok orang khusus, tapi bebas siapa saja asalkan memenuhi syarat dan ketentuan dari manajemen Alfamart. Dari manajemennya akan diarahkan ke sistem penjualan awal hingga akhir dengan tim konsultan terbaik dan profesional. Jika Anda perhatikan bahwa Alfamart menjadi khas di mata konsumen karena ketersediaan barangnya juga beragam dan jumlah stoknya jarang kosong.

Adapun stok dengan ukuran dan seri sama tetap ada walaupun dengan harga yang sedikit berbeda. Alfamart juga memberikan kelengkapan transaksi layanan lengkap seperti top up, pembayaran cicilan, tagihan – tagihan, voucher, tiket kendaraan dan masih banyak lagi. Setiap karyawan Alfamart pasti memberikan arahan promo setiap jumat, sabtu dan minggu kepada konsumen sebagai bentuk loyalitas program.

Tak hanya itu saja, Alfamart memberikan lowongan kerja sama waralaba untuk pebisnis muda dengan modal yang cukup terjangkau. Jadi, Anda tidak harus membeli perusahaan Alfamartnya ya tapi bisa memiliki sebagian kecil saham alfa selama waktu panjang.

 

Keuntungan Membuka Bisnis Alfamart

Alfamart manajemen telah memiliki gudang logistik yang sangat menarik banyak orang, produk rilisan merek Alfamart sendiri juga kini masuk dalam deretan rak display untuk bersaing dengan produk lainnya. Kendati demikian, konsumen tetap hadir dengan selera merek yang telah ada. Keuntungan bisnis waralaba ritel Alfamart yakni:

Jaringan luas, tersebar hingga seluruh pelosok daerah Indonesia. Baik desa dan kota besar ada minimarket ini.

Mudahnya sistem operasional, yaitu pengambilan produk yang dijual tertata dengan baik. Rak displaynya juga lebih menarik dengan kesan warna merah.

Produknya terjaga dan teruji, yaitu penelitian setiap produk terhadap tanggal kadaluarsa detil, apabila dalam waktu 1 bulan sebelum tanggal jatuh temponya maka tim minimarket akan menarik produknya dan mengembalikan ke produsen.

Telah dikenal luas, inilah yang menjadi nilai plus ketika Anda ingin membuka Alfamart karena orang akan mudah mengenalinya sebagai tempat belanja modern dan nyaman.

 

Cara dan Prosedur Membuka Alfamart

Berikut cara dan prosedur buka toko ritel alfamar:

1. Usul Lokasi Bisnis

Usulan lokasi Alfamart dapat Anda daftarkan di situs www.alfamartku.com kemudian isilah data lokasi dan riwayat lokasi. Apakah lokasi miliki sendiri atau  masih ada pemilik lainnya. Karena lokasi akan memengaruhi cepat lambatnya penjualan. Setelah ajuan lokasi selesai maka tunggu hingga ada konfirmasi dari pihak pusat.

 

2. Isi Dokumen Dari Alfamart

Calon pebisnis wajib mengisi dokumen Alfamart yang ada di situs dan melampirkan foto seluruh posisi bangunan , jalan dan kondisi wilayah. Usahakan memakai lokasi yang agak luas karena bisa dipakai untuk parker mobil kontainer barang dari gudang ketika stoknya mulai habis. Setidaknya ada lahan parkir untuk mobil 3 ruang dan 4 motor.

 

3. Melampirkan Proposal

Setelah itu, manajemen Alfamart akan menghubungi Anda untuk range RAB ajuan paket usaha, karena untuk gerai baru ada ketentuan yang berbeda. Ketentuannya sebagai berikut:

  • Modal mulai Rp. 300 juta untuk 9 rak display (luas 30 m2).
  • Modal mulai Rp. 350 juta untuk 18 rak display (luas 60 m2).
  • Modal mulai Rp. 450 juta untuk 36 rak display (luas 80 m2).
  • Modal mulai Rp. 500 juta untuk 45 rak display (luas 100 m2).

Modal di atas telah mencakup:

- Komisi waralaba senilai Rp. 45 juta selama 5 tahun

- Jasa instalasi listrik

- Alat gerai dan AC

- Cash register, layanan sistem informasi ritel

- Fasilitas Shop sign dan pole sign

- Ijin pengurusan minimarket lokasi Anda

- Iklan dan launching pembukaan minimart


4. Tandatangan Persetujuan Kerjasama

Jika Anda telah paham dengan semua syarat dan  ketentuan kerja sama waralaba di manajemen Alfamart maka tinggal tandatangan surat perjanjian. Untuk syarat member alfamart wajib mutlaknya adalah sebagai berikut:

  • Berminat kuat masuk dalam usaha ritel minimarket.
  • Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia dengan Badan Usaha
  • Mempunyai lokasi bisnis dengan luas minimal 100 m2 (tidak termasuk gudang dan ruang laynanan kantor administrasi). Atau luas semua area kisaran 150 m2 hingga 250 m2.
  • Bersedia mengikuti syarat perijinan (Ijin tetangga, Ijin domisili, SIUP, STPW, TDP/NIB, NPWP, NPPKP, IUTM)
  • Bersedia ikut dalam segala aturan manajemen di Alfamart.

5. Grand Opening

Setelah Anda siap dengan semua administrasi dan selesai maka tinggal grand opening dengan renovasi lokasi. Dan mempersiapkan pemenuhan barang dan segala sesuatunya untuk dipasarakan. Anda akan dilibatkan juga dalam sebuah diskusi atau meeting bisnis agar mencapaian omzet bisa sesuai target. Jadi, sebagai pemilik tidak bisa lepas tangan tapi tetap ikut berperan dalam pengembangan dan proses bisnis.

Untuk pertimbangan, modal di atas masih belum termasuk modal lain-lain seperti pembangunan gedung dan jasa teknisi. Sehingga kebutuhan modal keseluruhan untuk membuka gerai ritel Alfamart minimal ada sekitar Rp. 800 juta (tergantung dari lokasi daerah).  

Author by: Titin astuti

Artikel terbaru


Keyword

usaha ritel alfamart cara daftar alfamart syarat member alfamart gerai ritel alfamart