Peluang Usaha Es Kuwut Modal Kecil Untung Melimpah

Share:

Peluang Usaha Es Kuwut Modal Kecil Untung Melimpah

Bisnis   51   Update: 14/06/2024


Usaha Es Kuwut Modal Kecil Untung Melimpah

Es kuwut adalah es khas bali yang memiliki bahan dasar buah buahan. Buah buahan yang di campur dengan sirup dan di berikan air memberikan citarasa segar di tengorokan. Es kuwut menjadi favorit di kala cuaca panas untuk menyegarkan tengorokan.

Tersedia beberapa rasa seperti leci, melon, dan jeruk yang memperkaya varian rasa di pada minuman yang satu ini. Usaha yang satu ini memiliki modal yang relatif murah dan gampang di jalankan oleh para calon wirausahawan.

Persiapan Tempat

1. Grobak

Membuat grobak adalah salah satu alternatif bagi kalian yang tidak memiliki tempat yang seterategis untuk mejalankan usaha es ini. Kalian bisa membuat grobak untuk berjualan dan menempatkanya di tempat yang seterategis. Tempat yang recomendet dalam usaha ini biasanya di tempatkan pada pasar malam atau tempat yang memiliki tingkat keramaian yang tinggi.

2. Ruko

Jika kalian memiliki modal yang besar atau memiliki planing yang matang kedepanya kalian bisa menyewa ruko untuk menjalankan usaha. Akan tetapi kalian wajib memilih ruko dangan harga yang tidak terlalu mahal dan tempat yang seterategis. Untuk tempat yang satu ini kalian hanya perlu menyediakan bangku dan kursi untuk tunggu para pembeli.

3. Depan rumah

Bagi kalian yang rumahnya ada di samping jalan utama kalian bisa membuka usaha ini karena kalian hanya butuh bangku untuk menaruh bahan- bahan dan kalain bisa menjalankan usaha ini. Usah ayang satu ini terbilang usaya yang memiliki cara penyiapan tempat yang cukup mudah.

Bahan

1. Kelapa muda yang di serut bagian dagingnya

2. Buah melon yang dagingnya di buat bulat- bulat seprti bola

3. Selasih yang di rendam dengan sedikit air hangat

4. buah jeruk nipis, peras airnya

5. air kelapa muda

6. gula pasir yang di larutkan ke dalam air hangat

7. Es batu

8. Gelas cup

9. Sirup aneka rasa

Cara membuat

1. Ambil daging buah kelapa dan serut kasar daging buah melon lalu campurkan ke dalam wadah besar.

2. Larutkan gula pasir ke dalam air panas hingga mencair lalu tuang ke dalam wadah berisi buah kelapa dan buah        melon bersama air perasan jeruk nipis.

3. Masukkan biji selasih yang telah direndam air hangat sebelumnya.

4. Masukkan es batu secukupnya lalu tuang air kelapa ke dalam wadah.

5. Tambahkan sirup untuk menambahkan rasa sesuai pesanan.

6. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur, masukkan ke dalam gelas saji, dan Es Kuwut Bali siap untuk                  dinikmati.

Modal

Bahan bahan yang sudah di beli dan tempat yang sudah di buat kalian menghabiskan modal yang cukup murah. Kalau kalian menggunakan tempat yang sifatnya gratis kalian bisa menghemat biyaya yang cukup siknifikan. Sebab untuk menyewa tempat seperti ruko bisa memakan biyaya yang mahal biasanya untuk menyewa tempat menghabiskan 5 juta per tahun untuk yang paling murah.

Untuk membuat grobak juga memakan biyaya yang cukup lumayan satu grobak memakan biyaya 1 juta untuk pembuatanya karena grobak yang di butuhkan untuk menyimpat alat dan ada tempat untuk berteduhnya seperti kntener mini.

Bila kalian ingin hemat kalian bisa membawa bangku lipat dari rumah kalian dan pergi ke tempat jualan bisa di alun-alaun, area pasar, atau tempat yang ramai kalian hanya membayar tempat ke pihak pengelola lahan yang kalian tempati biyayanya berfariasi tergantung daerah kalian.

Harga Bahan- bahan yang Diperlukan

1. Kelapa Muda

Kelapa muda untuk di pasar sekarang sekitar 10 ribu per biji, jika kalian ingin lebih murah kalian bisa membeli dari tengkulak dengan harga yang relatif lebih murah sekitar 5 ribu per butir atau lebih murah.

2. Buah Melon

Harga buah melon cenderung setabil untuk 1,5 kg melon hanya di bandrol dengan harga 20 ribu saja, jadi klian bisa menggunakan melon ini untuk banyak cup gelas.

3. Selasih yang di rendam dengan sedikit air hangat

Harga selasih per kilogramnya cukup mahal namun kalian bisa membeli setengah kilo saja karena di usaha ini selasih tidak banyak di perlukan. 1 kg selasih di bandrol rata-rata dengan 115 ribu rupiah.

4. Jeruk Nipis

jeruk nipis kalian bisa di dapatkan di pasar dengan harga kisaran per kilo sebesar 20 ribu atau kurang dari 20 ribu. Kalian bisa menggunaka untuk banyak porsi dalam satu kilo jeruk nipis.

5. Gula Pasir

gula pasir perkilo di bandrol sebesar 17 sampai 20 ribu di pasaran, namun jika kalian membelinya di pasar tradisional kalian bisa mendapatkan ya dengan harga yang lebih murah. Untuk gula pasir kalian buisa menghematnya dengan cara memberitakaran percup untuk gula pasirnya.

6. Es Batu

Es batu untuk saat ini yang berbentuk bambu per 20 kg nya hanya di hargai dengan harga 35 ribu itu pun kalian bisa di pakai untuk lebih dari 50 cup.

7. Gelas Cup

Gels cup yang sudah ada tutupnya kalaian bisa dapatkan dengan harga murah yaitu 16 ribu per lusin.

8. Sirup Aneka Rasa

Untuk sirup yang biasa di gunakan adalah sirup marjan sirup yang satu ini di bandrol sebesar 20 ribu untuk kemasan 450 mili.

Harga

Dengan bahan yang cukup murah kalian bisa membuka usaha ini dan untuk 1 cup es kuwut sendiri biasanya di hargai 5 sampai 10 ribu rupiah. Tergantung sewa tempat yang kalian tempati.

Kalian bisa menaikan harga jika tempat yang kalian tempati tergolong mahal karena harganya yang cukup murah, jadi jika kalian naikan 2 ribu sampai 3 ribu rupiah itu tergolong masih murah.

Saran

Untuk usaha ini yang susah adalah mencari tempat yang tepat karena kalian harus mencari tempat yang seterategis untuk usaha yang satu ini karena usaha yang satu ini tergolong usaha yang memerlukan tempat yang ramai.

Untuk bahan kalian bisa mencarinya di pasar traditional pada pagi hari untuk mendapat harga yang lebih baik. Di banding kalian harus membeli di super market atau mini market dengan harga yang mahal. Harga keduanya yang sangat jomplang membuat kalian bisa mencoba berblanja di pasar saja.

Author by: Taufiq Irfani

Artikel terbaru


Keyword

es kuwut usaha es kuwut usaha untung melimpah usaha modal kecil es kuwut untung melimpah