7 Ide Jualan Makanan Kulit Lumpia, Pasti Laku Keras?

Share:

7 Ide Jualan Makanan Kulit Lumpia, Pasti Laku Keras?

Bisnis   51   Update: 13/06/2024


Punya penghasilan tambahan tentunya jadi impian semua orang, khususnya ibu rumah tangga. Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa dilakukan dari rumah adalah jualan atau bisnis makanan.

Dibanding produk lainnya, makanan punya potensi penjualan yang lebih tinggi. Soalnya, hampir semua orang suka makan. Selain itu, keuntungan yang didapatkan relatif tinggi dengan modal yang tak terlalu besar asalkan kita bisa menentukan harga jual dengan tepat.

Anda bisa berjualan di depan rumah, sekitar kompleks, pinggir jalan, atau alun-alun kota. Namun, kalau modalnya masih minim, Anda bisa berjualan di sekitar rumah saja karena tak membutuhkan gerobak untuk jualan. Sebagaimana diketahui, gerobak untuk jualan harganya cukup mahal, bisa ratusan ribu hingga jutaan rupiah,

Saat ini, banyak sekali makanan kekinian dari bahan-bahan yang murah, tapi bisa jadi ladang cuan, salah satunya adalah makanan kekinian dari bahan kulit lumpia. Nah, lewat artikel ini, kami akan memberikan 7 ide jualan makanan kekinian dari kulit lumpia yang mungkin bisa Anda coba.

1. Keripik Lumpia

Ide jualan makanan kekinian dari kulit lumpia yang pertama adalah keripik lumpia. Makanan kekinian yang satu ini sangat mudah dibuat. Bahkan buat yang tidak terbiasa memasak pun tak akan kesulitan. Anda cuma perlu menyiapkan bahan-bahan, seperti kulit lumpia, minyak goreng, dan bumbu tabur saja.

Dengan modal Rp100.000 ribu pun Anda sudah bisa jualan keripik lumpia, lo. Agar lebih menarik, buat bentuk keripik yang variatif, misalnya potong kotak-kotak atau digulung. Selain itu, perbanyak pilihan rasa agar pembeli tidak bosan. Keripik lumpia ini bisa Anda jual eceran dengan harga Rp2000 - Rp5000 atau kiloan.

2. Keju dan Cokelat Aroma

Keju dan cokelat aroma juga bisa jadi ide jualan makanan kekinian yang bisa dicoba. Cara membuatnya tak kalah gampang dengan keripik lumpia di atas. Anda cuma perlu membubuhkan keju atau cokelat secara memanjang di atas kulit lumpia, kemudian gulung dan goreng sampai kering.

Modal untuk berjualan keju dan cokelat aroma di rumah cukup terjangkau mulai dari 150 ribuan saja. Anda bisa menyesuaikan jenis keju dan cokelat sesuai dengan modal yang Anda punya. 

3. Aci Ngambay

Cemilan per-aci-an belakangan sempat booming. Nah, cemilan aci ngambay bisa jadi ide jualan yang menarik. Cara pembuatan aci ngambay hampir sama dengan lumpia isi, hanya saja isinya diganti adonan aci dicampur potongan bakso atau sosis.

Rasanya chewy di dalam tapi renyah di luar. Dijamin banyak yang suka, deh. Modal yang dibutuhkan mulai dari 250 ribu saja dan Anda sudah bisa mulai jualan, kok. Resepnya bisa Anda dapatkan di YouTube atau media sosial lainnya. Anda juga bisa membuatnya dengan kreasi sendiri sesuai selera.

4. Lumpia Mie

Biasanya, cemilan yang berbahan mie bakal jadi rebutan, terutama anak-anak. Buat Anda yang berencana jualan makanan ringan, lumpia mie bisa jadi opsi yang pas. Bahannya cuma kulit lumpia, mie telur, telur ayam, dan minyak goreng. Modal yang dibutuhkan mulai dari 200 ribuan saja.

Makanan kekinian ini bakal laku keras kalau dijual di depan SD, area TPQ, atau alun-alun kota. Anda tinggal menyesuaikan ukuran dan harga lumpia mie dengan target pembeli yang sudah ditentukan.

5. Martabak Telur Mini

Martabak telur mini sepertinya juga bisa jadi ide jualan makanan yang menguntungkan. Untuk jualan kecil-kecilan, Anda bisa membuat martabak telur versi hematnya. Bahannya cuma kulit lumpia, telur ayam, daging cincang atau sosis, dan minyak goreng saja.

Untuk penggorengannya, Anda bisa memanfaatkan teflon yang ada di dapur. Anda bisa menjual martabak mini dengan harga mulai dari Rp1000 per potongnya sesuai dengan ukuran. Dijamin diserbu banyak pembeli, deh!

6. Pisang Cokelat

Meski cemilan ini sudah pasaran, pisang cokelat tetap bisa dijadikan ide jualan makanan kekinian yang menarik. Modal untuk jualan pisang cokelat pun relatif kecil. Anda cuma perlu menyiapkan kulit lumpia, pisang kepok, cokelat, topping, dan minyak goreng saja. Modal yang perlu disiapkan berkisar antara Rp150.000 - Rp250.000 saja.

Agar punya nilai jual lebih, Anda bisa menambahkan topping yang menarik, misalnya taburan matcha, kacang, atau meses. Anda bisa menjualnya per biji atau per wadah mika. Kalau bisa, goreng pisang cokelat di tempat agar lebih menarik pembeli.

7. Siomay Goreng Kulit Lumpia

Ide jualan makanan kekinian dari kulit lumpia yang terakhir adalah siomay goreng. Siomay hingga saat ini masih jadi cemilan yang jadi favorit banyak orang. Anda bisa membuat variasi siomay goreng dengan kulit lumpia untuk jualan. Modal yang harus disiapkan berkisar antara Rp200.000 - Rp300.000 saja untuk membeli kulit lumpia dan isian siomaynya.

Siomay goreng ini bisa dijual per biji atau per bungkus mika isi 3-5 biji sesuai ukuran. Jangan lupa siapkan juga saus cocolan agar siomay goreng yang Anda jual lebih menarik pembeli.

Penutup

Itu tadi 7 ide jualan makanan kekinian dari kulit lumpia yang mungkin bisa Anda coba. Anda tinggal menyesuaikan budget yang sudah disiapkan. Sebelum mulai berjualan, pastikan Anda sudah meminta penilaian dari orang-orang sekitar. Mintalah masukan agar rasa makanan yang Anda jual tidak mengecewakan pembeli.

Selain itu, pastikan Anda menghitung harga jual makanan dengan baik sebelum berjualan agar tidak rugi. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan harga jual makanan, yakni modal yang disiapkan, tenaga, target market, dan keuntungan yang ingin didapatkan. Jangan lupa pisahkan uang hasil jualan agar bisa diputar kembali untuk jualan di hari selanjutnya. 

Kalau sudah makin berkembang, Anda bisa mulai menjual makanan tersebut secara online lewat ShopeeFood, GoFood, GrabFood, dan platform pesan antar makanan lainnya. Anda juga bisa membuka pesanan untuk partai besar, misalnya acara hajatan, pengajian, rapat, dan lain-lain.

Bagaimana, tertarik mencoba salah satunya?

Author by: Hani Arifah

Artikel terbaru


Keyword

Ide jualan makanan kekinian ide bisnis ide jualan dari kulit lumpia bisnis makanan