Penyebab Usaha Coffee Shop Bangkrut, Hindari Cara Ini

Share:

Penyebab Usaha Coffee Shop Bangkrut, Hindari Cara Ini

Bisnis   45   Update: 09/06/2024


Coffee shop merupakan salah satu jenis usaha yang sekarang sedang populer digandrungi banyak kalangan terutama anak-anak muda. Karena potensi pasar dan selera konsumen kopi yang cenderung stabil, bahkan kian meningkat, banyak dari pemodal untuk memilih berinvestasi ke sejumlah coffee shop terkemuka. Tak hanya investor, sejumlah perintis usaha juga tidak sedikit untuk terjun membangun dan mengembangkan bisnis coffee shop. 

Tak lagi eksklusif, sekarang sudah banyak coffee shop yang sangat terjangkau dan dapat diakses oleh semua kalangan. Biasanya coffee shop selalu dipandang sebagai tempat nongkrong yang mahal, tapi sekarang sudah banyak coffee shop lokal yang menawarkan sejumlah menu dengan harga yang ekonomis tapi masih mampu bersaing dengan coffee shop kenamaan. 

Selain karena bisnis ini sedang populer dan cukup bergengsi, peluang cuan dengan coffee shop memiliki sejumlah kelebihan seperti keuntungan yang didapatkan harian atau per jumlah kopi yang terjual. Meskipun sifatnya fluktuatif dan tak menentu, namun bisnis ini selalu mendapatkan omzet melebihi modal yang dikeluarkan. Sehingga dapat dievaluasi secara harian berdasarkan pendapatan dan pengeluaran yang masuk. 

Selain itu, banyak dari pengusaha memutuskan membangun usaha coffee shop dengan alasan bahan baku yang terjangkau, bervarian dan mudah didapat. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah termasuk beragam jenis kopi yang tersebar di seluruh penjuru wilayah dengan karakteristik yang otentik.

Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia selain dengan memanfaatkannya dengan cara mengekspor hasil kopi, semua kalangan di masyarakat juga memiliki kegemaran yang sama yakni menikmati kopi. Tak dipungkiri bahwa sebelum era kolonialisme Belanda sampai era digital minum kopi adalah kegemaran masyarakat yang telalu membudaya. 

Budaya minum kopi sudah menjadi lifestyle dari kota hingga desa-desa di Indonesia, baik dari kalangan pejabat, selebritis ternama hingga masyarakat pada umumnya. Layaknya upacara ritual, menikmati secangkir kopi perlu tempat, suasana dan sajian cemilan pendukung. 

Karena standar yang cukup tinggi, para pecinta kopi sangat memperhatikan secara detail citarasa dari kopi yang akan ia nikmati. 

Karena kondisi demikian banyak sekali para pengusaha untuk terjun membangun usaha perkopian yang dirasa memiliki peluang dan keuntungan yang menjanjikan.

Namun, terlepas dari popularitas dan peluang serta potensi cuan yang didapat dari membuka usaha coffee shop, terdapat juga tantangan yang perlu dilalui serta cara-cara pendekatan yang harus dihindari agar coffee shop tidak rugi bahkan mengalami kebangkrutan. 

Berdasarkan pengalaman yang didapat di lapangan berikut ini adalah beberapa penyebab usaha coffee shop bangkrut. 


Punya Modal, Tak Punya Strategi


Penyebab yang satu ini adalah kondisi yang sering dialami banyak pengusaha. Karena merasa sedang populer dan viral, seringkali para pelaku usaha terlalu terburu-buru melakukan eksekusi tanpa melakukan riset, pendalaman karakter usaha hingga strategi yang akan diambil. 

Perlu diperhatikan bahwa bisnis coffee shop berbeda sekali dengan bisnis kuliner lain. Ia perlu pendekatan yang khusus agar dapat berkembang dan bertahan dari kerugian. Oleh karena itu, sebelum membuka usaha coffee shop ada baiknya untuk berkomunikasi dengan para pegiat usaha coffee shop dan pemerhati kopi agar lebih mengetahui secara detail karakter kopi apa yang bagus, bagaimana strategi yang ideal agar eksekusi dapat dilakukan dengan baik. 

Jadi untuk dapat menghindari kerugian membuka usaha coffee shop hindari sikap fomo dan mengikuti minat pasar yang sedang berkembang. Meskipun hal itu merupakan bagian dari relevansi agar sesuai dengan peminatan konsumen dan dapat memberikan dampak keuntungan yang cepat, namun biasanya tak bertahan lama. Setelah fenomena itu redup, coffee shop pun ikut redup. Akibatnya, coffee shop kehilangan karakter dan jati diri. Kondisi ini selalu dihadapi oleh coffee shop baru yang tidak dapat bertahan dari kompetisi dan belum memiliki karakter apa yang bisa dikenal oleh konsumen.

Selain mempertimbangkan desain interior dan gaya arsitektur bangunan yang menjadi salah satu indikator penentu identitas yang akan diambil, varian menu otentik selalu menjadi penyeimbang dan membuat konsumen penasaran. Maka dari itu, tentukan karakter dan tema apa yang akan diusung dan diperkenalkan kepada konsumen, apakah modern atau vintage. Dengan tema strategi promosi dapat dilakukan dengan efektif menyasar konsumen. 


Miskin Konsep dan Inovasi


Seperti kegagalan sebelumnya, penyebab ini adalah kondisi lanjutan alasan kenapa usaha coffee shop tidak berkembang, jalan di tempat bahkan mengalami kebangkrutan. Selain tantangan yang menyangkut pemilihan lokasi usaha yang harus strategis dan mudah dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan, miskin konsep dan inovasi adalah keadaan yang terjadi bagi coffee shop yang mulai berkembang dan dikenal tapi masih bingung konsep dan inovasi yang akan diambil ke depan agar konsumen tidak bosan dengan konsep yang terlalu monoton.

Untuk menghindari kondisi demikian maka perlu untuk melakukan riset di sosial media terkait konsep-konsep dan inovasi yang sedang populer di masyarakat baik itu soal strategi marketing melalui konten-konten kreatif, berkolaborasi dengan pegiat media sosial atau influencer, menawarkan menu signature baru, promo, dan menyelenggarakan event-event yang dapat membawa massa yang banyak seperti nonton bareng sepakbola, kompetisi game online, atau acara-acara lain. Cara ini masih cukup efektif untuk memperkenalkan brand, suasana, menu dan lingkungan usaha. 

Hindari cara-cara klise seperti tempat instagramable, estetik, dan menu yang bertabrakan dengan konsep. Karena biasanya cara demikian hanya akan menarik pengunjung satu kali dan tidak konsisten karena para pengunjung datang hanya untuk mengobati rasa penasarannya saja, setelah itu tidak kembali lagi. Jadi pastikan bahwa konsep dan inovasi yang diambil dapat menarik simpati pengunjung untuk datang terus-menerus, tidak kapok bahkan merekomendasikannya dengan sukarela ke orang-orang terdekatnya.

Demikian, berikut itu merupakan beberapa penyebab kenapa usaha coffee shop bangkrut yang harus dihindari para pelaku usaha dan pegiat kopi. 

Author by: Yayang Nanda Budiman

Artikel terbaru


Keyword

Usaha Coffee Shop Bisnis Kopi Coffee Shop Coffee Bisnis Bangkrut Cara Bisnis Kopi