8 Ide Jualan Makanan Modal Kecil Untungnya Menjajikan, Patut Dicoba!

Share:

8 Ide Jualan Makanan Modal Kecil Untungnya Menjajikan, Patut Dicoba!

Bisnis   44   Update: 09/06/2024


Binis makanan merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati. Karena makanan merupakan kebutuhan dasar dari pada manusia yang selalu dibutuhkan. Kita bisa mencoba untuk mendapatkan banyak keuntungan lewat bisnis yang satu ini.

Sekarang ini banyak sekali ide jualan makanan dengan modal kecil tetapi hasilnya menjanjikan jika dikelola dengan baik. Jadi untuk berbisnis dengan modal kecil, bisa mulai mencobanya dari sekarang. Namun meskipun modalnnya kecil tetap memerlukan perencanaan matang, supaya bisnis yang dijalani berjalan dengan lancar.

Pertama kali yang harus dilakukan yaitu menentukan ide, makanan apa yang akan diolah dan dijadikan barang jualan. Untuk lebih jelasnya kali ini akan kami sajikan untuk pembaca beberapa rekomendasi ide jualan berupa bisnis makanan dengan modal kecil tetapi bisa menguntungkan.

Ketika memiliki modal yang terbatas bukanlah suatu halangan untuk memulai menjalankan bisnis. Manfaatkan modal sekecil apapun untuk meraih keuntungan yang besar. Untuk lebih jelasnya inilah beberapa ide bisnis jualan yang bisa dimulai untuk dicoba;

 

1. Pisang goreng

Untuk ide jualan yang pertama bisa mencoba dengan jualan pisang goreng dengan rasa yang beragam. Pisang goreng makanan favorit orang banyak di Indonsia, tentu saja bukan barang yang asing. Pisang goreng yang original saja laku dijual di pasaran apalagi jika kita mencobanya dengan beragam topping yang dapat menggoda selera.

Harga bahan mentahnya sendiri berupa pisang dipasaran tidaklah terlalu mahal. Bahkan kita bisa memulai mencoba berbisnis jualan pisang goreng dengan hanya mengeluarkan modal Rp 250 ribuan saja. Kemudian sesuaikan ide jualannya apakah mau ori atau memakai topping sebagai penggoda selera.

2. Donat

Makanan ini sudah dikenal banyak orang, meskipun cemilan ini sederhana tetapi banyak yang menyukai. Jadikan donat ide bisnis jualan yang menguntungkan. Cara membuatnya mudah selain bahan bakunya gampang untuk didapatkan, semisal telur, tepung, gula halus, dan lainnya, bisa dibeli dari warung terdekat.

Untuk menggoda minat para pembeli kemaslah donat yang telah dibuat dengan baik dan tambahkan topping-topping cantik yang warna-warni dan menarik. Modal untuk membuat makanan seperti ini sediakan modal sekurangnya RP 400 ribuan.

3. Risol

Untuk membuat risol cukup mengeluarkan modal Rp 400 ribuan kurang lebih yang bisa dijadikan modal dasar untuk mencoba berbisnis ini. Makan risol juga merupakan cemilan yang sudah tidak asing bagi para pecinta makanan ringan.

Selain itu, risol terkadang dijadikan salah satu snack yang biasa ikut dimasukan dalam acara-acara tertentu. Untuk hal ini tentu sangat menguntungkan bagi penjual, cobalah memulainya dulu dengan menerima order, sedikit terlebih dahulu untuk meminimalisir kerugian.

Makanan ini hingga sekarang banyak diminati baik tua atau pun muda. Cara pembuatannya tidak terlalu sulit dan mudah untuk dipelajari. Bahan-bahannya mudah didapatkan bisa dibeli di toko-toko terdekat di sekitar rumah.

4. Basreng

Basreng atau baso goreng yang sangat dikenal luas masyarakat pada saat ini, bisa dijadikan ide berbisnis jualan makanan dengan modal kecil, tetapi tentu menguntungkan. Bahkan bisnis ini mulai dilirik pebisnis kuliner. Makanan kriuk yang satu ini sangat populer, apalagi jika memiliki ragam level pedas yang bisa dipilih. Mulailah membuat dengan rasa yang original hingga rasa pedas dengan level tertentu.

Namun, jangan lupa supaya para pembeli ketagihan pelajari dulu cara-cara membuat basreng yang renyah dan enak. Untuk menjalakan ide jualan bareng ini bisa memulai dengan modal sekitar Rp 400 ribuan. Bahannya mudah untuk didapat di pasar terdekat dari rumah tinggal kita.

5. Dimsum

Dimsum salah satu ide bisnis untuk jualan yang harus dicoba, makanan ini selain banyak disukai karena enak juga mengenyangkan. Selain modalnya kecil cara pembuatannyapun tidaklah rumit, bisa menggunakan peralatan seadanya yang tersedia di rumah. Ciptakan beragam varian dalam pembuatannya agar menarik bagi pembeli.

Modal yang dibutuhkan untuk mencoba memulai bisnis ini dalam kisaran Rp 400 ribuan. Bisa untuk membeli bahan kebutuhan seperti daging ayam, kulit dimsum, bawang putih, telur, udang, tepung tapioka, kecap, wotel, dan lainnya serta bumbu yang diperlukan. Bisa saja modal yang dibutuhkan berubah sesuai dengan perubahan harga dan jenis dimsum yang akan dibuat.

6. Makaroni

Untuk memulai membuat ide bisnis jualan makaroni modalnya tidak akan terlalu besar, bisa pada kisaran Rp 400 ribuan. Membeli makaroni mentah, bubuk pedas, dan bungkus pengemasan. Alat-alat memasak gunakan yang dimiliki, bisa dengan peralatan yang ada di dapur. Sesuaikan kapasitas produksi dalam porsi yang tidak terlalu besar jika untuk memulai.

Makanan makaroni pedas ini tentunya sangat disukai banyak orang. Kita bisa mendapatkan banyak keuntungan dari jualan cemilan yang satu ini. Apalagi yang namanya makanan pedas mudah untuk dipasarkan baik melalui online ataupun offline.

7. Salad buah

Salad buah bisa dimulai dengan modal sekitar Rp 400 ribuan, makanan sehat dengan modal kecil dan dapat meraih keuntungan. Dapat memulai dengan menjual salad buah dengan beberapa bahan yang dibutuhkan semisal; melon, semangka, buah naga, yoghurt, keju, jelly, susu kental manis, dan packaging.

Namun, untuk membuka kios di depan rumah tentunya modalnya perlu lebih besar lagi, tetapi untuk mencobanya tidak ada salahnya dengan modal kecil seperti disampaikan di atas. Bisa mencoba terlebih dahulu memasarkannya pada teman-teman terdekat atau saudara.

8. Gorengan

Gorengan merupakan makanan yang banyak diminati masyarakat pada umumnya. Makanan yang satu ini sering dijadikan cemilan saat bersantai. Kita bisa meraih keuntungan dengan cara menjalankan bisnis ini. Modalnya tidak terlalu besar cukup menyediakan dana pada kisaran Rp 300 ribuan. Apalagi jika sudah memiliki lahan atau tempat untuk menjalankan bisnis ini.

Bahan yang bisa dibeli merupakan bahan dasar seperti tepung terigu, sayuran kol, jagung, wortel, minyak goreng. Supaya mendapatkan keuntungan yang besar cari tempat mangkal yang ramai dan memungkin banyak orang lewat atau mampir ke lokasi tersebut.

 

Penutup

Itulah 8 ide bisnis jualan yang patut untuk dicoba dengan mengeluarkan modal tidak terlalu besar tetapi dapat meraih keuntungan yang cukup lumayan. Merupakan awal yang baik bagi pemilik modal terbatas untuk mencoba memulai usaha kecil tetapi menjanjikan. Selamat mencoba! (Alam)

Author by: Alam

Artikel terbaru


Keyword

Binis makanan kebutuhan dasar bisa mencoba berbisnis dengan modal kecil memerlukan perencanaan matang bisa menguntungkan ide bisnis jualan