Ide Usaha Kecil-Kecilan Cocok Bagi Pelajar, Ibu Rumah Tangga

Share:

Ide Usaha Kecil-Kecilan Cocok Bagi Pelajar, Ibu Rumah Tangga

Bisnis   481   Update: 05/06/2024


Pengertian usaha kecil – kecilan adalah sebuah jenis bisnis yang dijalankan oleh pekerja kurang dari 50 orang. Usaha kecil-kecilan bisa dikatakan sebagai usaha milik perseorangan, atau usaha mandiri yang tidak memperoleh naungan instansi besar seperti pada perusahaan nasional.

Skala penjualan usaha kecil – kecilan ini memang lebih terbatas untuk golongan kemampuan ekonomi kelas bawah. Kendati demikian, jangan meremehkan usaha kecil ini karena ternyata keuntungan yang diperoleh mampu menghasilkan sebuah hal yang besar.

Ide usaha kecil-kecilan banyak sekali macamnya dan bisa masuk ke usia pelajar/mahasisawa dan dewasa khususnya ibu rumah tangga. Dengan latihan usaha kecil-kecilan, mental pengusaha Anda bisa lebih terlatih agar tidak malu dan gengsi.

 

Makin menarik ya?

Simak kelanjutan ide usaha apakah yang cocok untuk pelajar dan ibu rumah tangga di bawah ini yuk!

 

Saya Seorang Pelajar/Mahasiswa, Bagaimanakah Memulai Usaha Kecil – Kecilan?

Pelajar atau mahasiswa era milenial saat ini kebanyakan mempunyai mental yang kurang kuat dan manja karena mungkin terbiasa diberlakukan hidup serba instan. Untuk merubah pola instan tersebut sebaiknya mencoba mulai berbisnis kecil – kecilan dengan lingkup yang masih terjangkau seperti temah sekolah, teman mahasiswa atau tetangga dekat. Ide usaha yang cocok antara lain:

  • Jualan Pulsa

Keuntungan dari usaha jualan pulsa yakni tidak butuh modal besar, cukup saldo Rp. 200.000 saja pelajar mahasiswa bisa membuka usaha sampingan yang labanya ditentukan sendiri. Marketingnya juga sudah otomatis jelas dan tanpa perlu capai mempromosikan dengan brosur, cukup beritahu lewat status sosmed bahwa saat ini saya sedang berjualan pulsa. Setiap teman yang membaca status akan mengetahui dan suatu ketika bisa membeli.

  • Jualan Asesoris

Keuntungan dari usaha jualan asesoris yakni modal minim, banyak peminat yang rata – rata perempuan menyukai hal yang unik dan indah, tidak memakan banyak ruang. Jenis asesoris yang laku keras antara lain pin jilbab, bros, peniti, gelang, kalung, cincin, hiasan rambut, pita rambut, alat pemotong kuku, pengait masker, gantungan kunci dan sebagainya.

Harga asesoris juga sangat terjangkau bagi pasaran pelajar mahasiswa kisaran Rp. 2000 – Rp. 10.000.

  • Jualan Cemilan

Keuntungan usaha kecil – kecilan jualan cemilan murah adalah cepat laris karena target usia masuk mulai dari anak kecil hingga dewasa, harga murah cukup Rp. 2000 – Rp. 3000 per bungkusnya, kemasannya juga unik, laba yang diperoleh cukup lumayan kisaran Rp. 500 – Rp. 1000 per bungkusnya.

Pengalama dari saya jualan cemilan adalah dititipkan di kos teman sebanyak 5 tempat, masing – masing jumlah tempat kos menyetorkan cemilan 30 bungkus dengan harga per bungkusnya Rp. 2000. Dari tempat kelima tempat kos tersebut laku semua dan mendapatkan uang total =

5 tempat x 30 bungkus x Rp. 2000 = Rp. 300.000

Kemudian saya putar lagi modal tersebut untuk membeli cemilan dalam bentuk satu bal besar yang lebih murah dan saya kemas sendiri untuk memperoleh jumlah bungkusan yang lebih banyak. 

  • Membuka Jasa Les Privat

Bagi mahasiswa yang jadwal kuliahnya tidak padat, sangat dianjurkan untuk menambah uang saku dengan membuka les privat SD, SMP, SMA. Mahasiswa bisa menawarkan diri mereka dengan jam buka sore hingga malam, rentang waktu les kisaran 60 – 90 menit. Fee yang akan dibandrol mulai Rp. 30.000 per sekali datang untuk jenjang sekolah dasar. Untuk jenjang sekolah menengah pertama mulai Rp. 50.000 dan jenjang sekolah menengah atas mulai Rp. 65.000.


Saya Seorang Ibu Rumah Tangga, Bagaimanakah Memulai Usaha Kecil – Kecilan?

Ibu rumah tangga tidak boleh terbatas dengan aktivitas stagnan di rumah saja tapi bisa mengembangkan kreatifitas dan keahlian lain yang dimiliki. Salah satunya dengan wirausaha kecil – kecilan dari rumah tanpa meninggalkan kewajiban sebagai seorang istri dan ibu. Ide usaha yang cocok antara lain:

  • Warung Gorengan

Makanan gorengan adalah menu favorit semua orang mulai dari anak hingga dewasa, ibu rumah tangga bisa menyediakan menu tempe, tahu, ayam krispi, ayam geprek atau sejenisnya dengan modal yang tak lebih dari Rp. 1 juta. Harga bahan baku juga murah,harga jual gorengan juga merakyat mulai Rp. 1000 hingga Rp. 1500.  

  • Jualan Jus Buah

Jus buah juga ide jualan kecil yang tidak butuh alat dan bahan banyak, cukup blender, es, air, cup dan buah. Ibu rumah tangga yang menggeluti jualan jus ini membandrol harga sangat terjangkau untuk 1 cupnya, mulai Rp. 3000 hingga Rp. 5000.  Jus buah lebih sehat dan disukai oleh banyak anak – anak. 

  • Catering

Ibu rumah tangga yang punya hobi memasak dapat membuka usaha catering dengan menu masakan lokal atau kue. Untuk menu masakan lokal bisa diambil dari selera lingkungan, laba yang dihasilkan juga cukup lumayan yak arena dari bahan murah alami nantinya menjadi menu special yang bernilai tinggi. 

  • Jasa Laundry

Membuka jasa laundry di kota sangat laris manis mengingat kesibukan pekerja yang tinggi sehingga sedikit waktu untuk mencuci sendiri. Jasa laundry dibandrol dengan harga Rp. 4000 per kg ini bisa eksis dan memperoleh laba sangat bagus. Modalnya hanya air, mesin cuci dan pengering, sabun, setrika dan pewangi.

  • Angkringan

Siapa sangka warung angkringan yang khas buka setiap sore hingga malam ini memiliki laba mencapai ratusan ribu. Bermodalkan gerobak dan jajanan murah para ibu rumah tangga tinggal menyediakan menu minuman yang paling disukai orang. Saat Anda tahu laba bersih dari semua menu angkringan kisaran Rp. 100 ribu hingga Rp. 200 ribu mungkinkah akan beralih profesi?


Kesimpulan

Mempunyai usaha kecil – kecilan yang prospek jangan dianggap sepele, karena ternyata hasil keuntungannya cukup menjanjikan. Cermatilah lingkungan sekitar tentang kebutuhan ide usaha yang banyak dicari orang. Jangan menyerah dengan pesaing karena setiap usaha memiliki ciri khas tersendiri.

Author by: Titin astuti

Artikel terbaru


Keyword

ide usaha modal kecil peluang usaha kecil-kecilan ide bisnis ibu rumah tangga peluang usaha pelajar