Mengenal 2NE1, Pelopor Konsep Girlcrush di Industri K-Pop

Share:

Mengenal 2NE1, Pelopor Konsep Girlcrush di Industri K-Pop

Review   52   Update: 30/05/2024


Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan konsep girlcrush di industri K-Pop. Umumnya masyarakat awam atau orang yang baru terjun dalam dunia Korean Pop pasti akan mengatakan BLACKPINK sebagai pioneer girlcrush concept yang kini telah populer secara global.

Eits, tapi tahukah kamu? Mundur kembali ke beberapa tahun sebelum BLACKPINK debut pada tahun 2016 yaitu tepatnya di tahun 2009. YG Entertainment, agensi yang menaungi BLACKPINK ternyata memang sudah pernah mendebutkan 2NE1. Grup idola dengan konsep girlcrush yang kuat dan sukses di pasaran bahkan mampu bersaing dengan pioneer pada saat itu yaitu Girls Generation (SNSD).


Kemunculan yang Melejit

2NE1 pertama kali muncul ke publik dengan kolaborasinya bersama Big Bang dalam lagu "Lollipop" untuk mempromosikan ponsel LG Cyon pada awal tahun 2009. Meskipun hanya lagu promosi namun "Lollipop" berhasil merajai berbagai tangga lagu online pada saat itu dengan terjual lebih dari tiga juta unduhan digital dan memuncaki tangga lagu bulanan Gaon untuk bulan April 2009.

Setelah sukses dengan kolaborasinya bersama Big Bang akhirnya 2NE1 pun resmi debut dengan single perdananya yang bertajuk "FIRE" yang bahkan jauh lebih sukses lagi dan mengantarkan 2NE1 ke julukan "rookie monster." Pada saat itu "FIRE" menduduki seluruh tangga lagu daring maupun luring di Korea Selatan.

Tidak mau menyia-nyiakan kesempatan dan euforia masyarakat Korea Selatan yang sedang tertuju pada 2NE1. Beberapa bulan setelahnya, masih di tahun yang sama 2NE1 melakukan comeback pertamanya dengan single bertajuk "I Don't Care" yang berhasil menjadi best-selling single of 2009 dan memenangkan Song Of The Year MAMA 2009 serta masuk sebagai salah satu lagu yang paling di cintai sepanjang sejarah oleh platform Bugs! di 2020.


Puncak Karir

2011 menjadi puncak dari karir 2NE1 dengan global hit-nya yaitu lagu "I Am The Best." Melalui lagu ini 2NE1 juga mengukuhkan namanya sebagai pelopor konsep girlcrush di industri K-Pop. Banyak kritikus musik menempatkan "I Am The best" dalam jajaran lagu-lagu K-POP terbaik sepanjang masa.

Lagu ini memuncaki nomor satu di Digital Gaon dan menjadi single terlaris keempat di sepanjang tahun 2011 dengan lebih dari 3,4 juta unduhan digital dan kembali mengantarkan 2NE1 untuk membawa piala Song Of The Year MAMA 2011 setelah sebelumnya juga memenangkan kategori yang sama dengan lagu "I Don't Care."

"I Am The Best" juga mendapatkan berbagai penghargaan lain seperti Best New Artist Video MTV Japan, Best Dance & Electronic Song 9th Korean Music Awards dan berhasil menduduki nomor 61 di tangga lagu Prancis SNEP singles chart menjadikan 2NE1 sebagai grup idola wanita korea pertama yang berhasil menembus Billboard US World Digital Songs.


Formasi Unik

2NE1 terdiri dari empat member dengan pesona yang terkesan nyentrik, bold dan sangat bervariasi. Keempat anggota terlihat saling mengisi satu sama lain dan memiliki perannya sendiri dalam mengantarkan konsep 2NE1 secara keseluruhan kepada dunia.

CL (Lee Chae-rin) merupakan leader sekaligus all rounder dari grup idola ini. Dia bisa menari, bernyanyi, rapping hingga akting. Terkenal dan karisma dan karakternya yang kuat. CL selalu tampil berani, seksi dan keluar dari stigma grup idola wanita yang cute and pinky.

Park Bom dengan nama Amerika-nya Jenny Park merupakan vokalis utama dari 2NE1. Dia memiliki warna vokal unik yang berhasil menggemparkan Korea Selatan pada masanya. Dengan mendengarkan sekilas saja kita sudah pasti bisa mengetahui kalau suara tersebut adalah suara Park Bom.

Selain terkenal dengan keunikan vokal dan barbie-face nya Bom juga terkenal dengan proporsi kaki jenjangnya menjadikan dia sebagai salah satu idol wanita Korea dengan kaki terindah.

Gong Minzy sebagai anggota termuda dari 2NE1 di rekrut melalui video viralnya saat sedang menari. Sesuai dengan keahlian yang membawanya bergabung ke 2NE1, Minzy menjadi Main Dancer dan dikenal sebagai salah satu dancer paling legendaris di industri K-POP sejajar dengan Hyoyeon yang menjadi rivalnya pada saat itu.

Sandara Park menjadi anggota dengan suara paling lembut dengan kemampuan akting yang luar biasa. Kecantikannya yang tak pernah habis di makan waktu menjadi salah satu aset dari Korea Selatan. Dara juga pernah menetap lama di Filipina dan memiliki fanbase yang sangat besar di sana bahkan hingga saat ini.


The Downfall

Pada 2014 Park Bom tersandung kasus penggunaan narkotika yang menjadi pemicu hiatusnya 2NE1 di susul keluarnya Minzy dari grup yang menambah keterpurukan kondisi mereka. Setelah hiatus yang tak berkesudahan akhirnya 2NE1 dinyatakan bubar sepihak oleh YG Entertainment pada tahun 2016.

Seolah tak punya pilihan lain 2NE1 pun merilis single perpisahan bertajuk "Goodbye" dengan formasi tiga anggota tanpa Minzy yang sudah meninggalkan YG Entertainment terlebih dahulu.


The Rising Truth

2018 menjadi titik balik bangkitnya para anggota 2NE1 terutama Park Bom yang sempat menghilang cukup lama dari media publik. Setelah diam untuk waktu yang lama terkuaklah bahwa Park Bom sebenarnya memang menderita kondisi khusus yang membuatnya harus di resepkan amfetamin di rumah sakit Amerika.

Media korea yang tidak pernah memberikannya kesempatan untuk dapat berbicara dari beberapa tahun lalu menjadi awal mula chaos dan bubarnya 2NE1. Namun akhirnya semua anggota dapat bangkit dan bersinar sebagai penyanyi solo serta aktris.


Reuni Persahabatan

Pada 2022 Industri K-Pop di gemparkan sekali lagi oleh 2NE1 yang melakukan penampilan full formasi di panggung Festival Coachella. Dengan membawakan hit globalnya "I Am The Best" 2NE1 berhasil menunjukan kembali taringnya di industri K-Pop. Mereka masih enerjik bahkan dengan posisi Bom dan Dara yang sudah menginjak kepala tiga.

Kemudian yang terbaru ialah pada tanggal 16 Mei 2024 di mana keempat anggota 2NE1 kembali berkumpul dan melakukan photoshoot untuk merayakan ulang tahun grup yang ke-15. Semuanya tampil bold dan nyentrik dengan rambut pink CL, two-tone hair Minzy, barbie-doll Bom dan Dara dengan setelan jas nya.

Tak lupa seluruh member menulis pesan menyentuh di Instagram menandai bahwa mereka masih saling berpegangan tangan setelah mengalami naik turunnya kehidupan di industri entertainment.

Author by: Archel Dio Pramudia

Artikel terbaru