9 Manfaat Baking Soda untuk Kehidupan Sehari-hari

Share:

9 Manfaat Baking Soda untuk Kehidupan Sehari-hari

Review   79   Update: 31/05/2024


Bagi Ibu-Ibu di rumah yang sering kelimpungan membersihkan alat-alat dapur atau porselen kamar mandi diharapkan tidak khawatir lagi. Semuanya bisa diatasi dengan butiran baking soda yang wajib Anda simpan di rumah setiap saat. Benda ini akan menjadi sahabat karena banyak sekali manfaatnya.

Apalagi keampuhan baking soda ini sudah banyak terbukti dan digunakan khalayak hingga pantas sebagai pembersih serbaguna yang akan membantu kehidupan kita sehari-hari. Anda pun bisa mendapatkan butiran ampuh ini dengan mudah. Bisa Anda beli di apotek, toko swalayan, hingga supermarket bahkan pasar tradisional di sekitar rumah Anda.

 

Perlu diketahui bahwa baking soda atau natrium bikarbonat adalah senyawa kimia dengan rumus kimia NaHCO3. Senyawa ini termasuk jenis garam-garaman dan dikenal sebagai garam multifungsi sejak lama. Baking soda ini pada akhirnya menjadi tren karena ampuh membersihkan apa pun yang ada di rumah, termasuk panci gosong sekali pun. Makin penasaran dengan sederet manfaat baking soda tersebut? Mari ikuti penjelasannya di bawah ini!

 

1. Membersihkan rumah

Begitu pentingnya baking soda sebagai butiran wajib yang Anda simpan di rumah karena begitu segudang manfaatnya. Misalnya untuk dapur, toilet, bak cuci piring, kamar mandi, lantai, dan lainnya. Penggunaannya pun sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja anggota keluarga di rumah. Anda tinggal taburkan saja butiran baking soda tersebut dan gosok dengan spons. Hasilnya dapat Anda lihat sendiri, kotoran yang tadinya membandel akan hilang bagai disulap.

 

2. Membersihkan pakaian dan tas

Tak hanya untuk keperluan rumah Anda, baking soda juga bisa untuk membersihkan barang pribadi misalnya pakaian dan tas. Jangan khawatir lagi jika pakaian Anda kotor dan ada noda yang membandel, atau tas yang terkena noda minuman, semuanya bisa bersih dengan larutan baking soda. Cukup Anda oleskan saja larutan baking soda tersebut dan diamkan sesaat. Kemudian gosok perlahan dan hasilnya akan membuat Anda takjub. Semua barang pribadi Anda menjadi bersih kembali tanpa noda kotor yang mengganggu.

 

3. Merawat kecantikan

Manfaat lainnya ternyata baking soda yang Anda selalu simpan di rumah juga sangat bermanfaat merawat kecantikan. Bagaimana tidak, baking soda ini bisa untuk lulur kulit, scrub wajah, bahkan sebagai pasta gigi. Caranya pun sangat mudah. Tinggal melarutkan baking soda dengan air lalu oleskan saja atau gosokkan. Diamkan sejenak dan bilas dengan air bersih. Hasilnya kulit wajah, tubuh, serta gigi pun akan bersih. Wow!

 

4. Memasak di dapur

Manfaat baking soda juga bisa diaplikasikan di dapur Anda. Bisa menjadi campuran adonan roti sehingga mengembang. Tak hanya itu, bisa untuk melunakkan rebusan daun atau umbi. Misalnya, jika Anda merebus daun pepaya cukup tambahkan satu sendok teh baking soda ke dalam air rebusan. Dijamin daun pepaya Anda empuk dan tidak terlalu pahit. Yuk, buktikan sendiri!

 

5. Membersihkan kamar mandi

Area kamar mandi adalah ruangan yang sangat penting dijaga kebersihannya. Untuk itu, baking soda akan membantu membersihkan lantai, bak, gayung, ember, bahkan hingga porselen serta kran kamar mandi. Caranya pun sangat mudah, tinggal melarutkan butiran baking soda dengan air lantas dioleskan ke area yang hendak dibersihkan.

Kemudian diamkan sejenak dan gosok perlahan dengan sikat halus. Hasilnya dapat Anda lihat sendiri, area kamar mandi serta perlengkapannya yang tadinya kotor pun akan menjadi kinclong kembali.

 

6. Membersihkan sepatu

Seluruh isi rumah serta peralatan di dapur sudah bersih berkat bantuan butiran ajaib baking soda. Selanjutnya, Anda tengok rak sepatu yang pastinya penuh dengan sepatu kotor yang habis dipakai. Tenang saja baking soda akan menyulap sepatu di rak Anda menjadi bersih kembali dengan cara yang sangat mudah dan sederhana. Larutkan butiran baking soda dengan air lantas oleskan ke area permukaan sepatu lantas diamkan sekitar 10 menitan.

Setelah itu, gosok dengan lap yang halus hingga kotoran terangkat dan buktikan bahwa sepatu yang tadinya kotor menjadi bersih kembali berkat bantuan si baking soda ini.

 

7. Membersihkan perhiasan

Anda pun dapat membersihkan perhiasan emas, imitasi, atau perak dengan bantuan larutan baking soda. Tinggal larutkan baking soda dengan air dan taruh di dalam mangkuk. Masukkan perhiasan yang hendak dibersihkan kemudian diamkan beberapa saat. Setelah itu, angkat perhiasan dan gosok perlahan dengan sikat gigi yang lembut. Hasilnya akan membuat Anda takjub, perhiasan yang tadinya kusam dan kotor akhirnya bersinar kembali.  

 

8. Membersihkan peralatan dapur

Nah, peralatan dapur Anda seperti panci gosong pastinya akan mengganggu pemandangan di rumah. Tenang saja, baking soda akan menyelesaikan masalah panci gosong serta perlatan dapur lainnya hingga bersih kembali. Cukup taburkan butiran baking soda lantas siram dengan air atau sabun cuci piring dan diamkan sejenak. Setelah itu gosok dengan spons cuci piring atau sikat. Anda pun akan melihat pembuktikan ampuhnya baking soda tersebut karena peralatan dapur Anda kinclong kembali.

 

9. Merawat kesehatan

Dan yang terakhir manfaat baking soda adalah bisa untuk merawat kesehatan Anda. Baking soda dapat digunakan untuk menurunkan kadar asam lambung. Tak hanya itu, baking soda juga dapat menetralkan pH darah yang terlalu asam.

Anjuran penggunaan untuk fase ini adalah dengan mencampurkan butiran baking soda ke dalam minuman. Namun, hal ini sebaiknya jangan dilakukan sembarangan. Sebelum menggunakannya, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk hasil yang prima.

 

Akhirnya, terbukti sudah baking soda memang punya segudang manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Dari dapur, kamar mandi, perhiasan, sepatu, tas, hingga lainnya.

Ada baiknya mulai sekarang sediakan selalu baking soda di rumah Anda agar memudahkan untuk menggunakannya dengan segera.

Selamat mencoba!

Author by: Renny Fitriastuti

Artikel terbaru