Wisata Kuliner di Tasikmalaya Yang Jarang Food Vlogger Ketahui

Share:

Wisata Kuliner di Tasikmalaya Yang Jarang Food Vlogger Ketahui

Pariwisata   293   Update: 30/05/2024


Tasikmalaya merupakan salah satu kota yang cukup besar di Jawa Barat yang mempunyai daya tarik sendiri yang membuat sebagian banyak wisatawan lokal maupun mancanegara memilih tempat ini untuk sebagai tempat destinasi.  

Tak hanya menawarkan beragam wisata alam dan budaya yang memanjakan mata, kota ini perlahan mulai mengalami perkembangan yang cukup signifikan dengan munculnya beragam wisata kuliner lokal yang layak untuk dikunjungi dan dinikmati para pelancong ketika berkunjung ke Tasikmalaya.

Berikut 4 wisata kuliner Tasikmalaya yang jarang sekali diketahui oleh food vlogger lokal.

1. Warung Pecel Sederhana Ibu Titi

Dari sekian banyak pedagang pecel yang ada di Tasikmalaya, warung pecel sederhana ibu Titi adalah rekomendasi yang tepat untuk kalian pecinta makanan legendaris yang satu ini. 

Dengan ciri khas bumbu kacang yang medok, bahan-bahan sayuran yang segar dan dengan porsi yang cukup banyak, warung pecel sederhana ibu Titi ini kerap menjadi pilihan wajib bagi karyawan, pekerja dan masyarakat sekitar untuk disantap ketika makan siang.  

Meskipun berdasarkan informasi di Google maps  waktu beroperasi dari jam 09.30 wib - 17.00 wib dan tutup di hari Minggu, namun biasanya warung pecel ini sudah habis di jam 14.00 wib.

Jadi bagi kalian yang ingin berwisata kuliner ke tempat satu ini, pastikan untuk datang lebih pagi sekitar jam 9 - 10 pagi, dan diharapkan tidak memasuki jam istirahat makan siang. Pasalnya, warung pecel sederhana ibu Titi kerap diserbu pembeli di jam istirahat kantor-kantor sekitar. Sehingga anda perlu datang jauh lebih awal jika tidak ingin mengantri dan kehabisan. 

Untuk harga rujak dan karedok di tempat ini relatif terjangkau kisaran Rp10.000 - Rp15.000, sedangkan untuk harga berbagai gorengan dipatok dengan harga Rp2.000/pcs. 

Warung pecel sederhana ibu Titi berada di Jl. Terusan BCA, Tuguraja, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya. 

2. Rumah Makan Sate Condong Saung Sawah

Meski sudah sempat diulas oleh beberapa food vlogger lokal hingga youtuber ibukota terkenal, rumah makan sate Condong faktanya masih jarang diketahui oleh sebagian banyak orang. 

Berdiri sejak tahun 80'an, rumah makan sate Condong yang legendaris masih mempertahankan cita rasa khasnya. Bahkan tak hanya sate-satean, rumah makan ini juga menjual berbagai varian menu lainnya seperti gado-gado dan ikan bakar. 

Dari informasi yang didapat, harga yang dibandrol untuk sate sapi, kambing dan ayam relatif terjangkau yakni berkisar Rp22.000/10 tusuk.

Untuk jam operasionalnya, rumah makan sate legendaris satu ini mulai buka dari jam 09.00 wib - 15.00 wib. 

Tak hanya disuguhi dengan kenikmatan beragam menu yang ditawarkan, rumah makan sate Condong ini terletak diantara segarnya udara pesawahan yang membentang, dan dilintasi rel kereta api. Sehingga para wisatawan dapat mencicipi kuliner yang satu ini dengan dimanjakan dengan lalu-lalang kereta api yang melintas dan panorama alam sekitar. 

Untuk kalian yang hendak berwisata kuliner ke tempat satu ini, rumah makan sate Condong saung sawah terletak di dekat SMAN 3 Tasikmalaya, Jl. Setianegera, Kec. Cibereum, Kota Tasikmalaya.

3. Warung Nasi Ibu Kiroh

Warung nasi legendaris yang satu ini sempat beberapa kali melintas di beranda sosial media. Hampir sebagian banyak food reviewer, food vlogger bahkan content creator mulai berdatangan menikmati sajian beragam olahan makanan di warung nasi ibu kiroh. 

Menu yang ditawarkan relatif beragam seperti ayam goreng, berbagai jenis ikan air tawar maupun laut, lalapan, pencok, varian jenis sambal dan masih banyak menu yang lain. 

Dengan konsep open kitchen, pengunjung dapat secara langsung melihat proses penggorengan. Semua menu di warung ini digoreng secara dadakan, jadi setiap pengunjung harus mengambil terlebih dahulu makanan yang akan digoreng. 

Untuk harga yang dibandrol terdapat variasi harga. Misalnya, ikan laut mulai Rp5.000 - Rp25.000, ikan air tawar mulai Rp10.000 - Rp13.000, sedangkan harga ayam berkisar Rp2.000 - Rp20.000.

Meski dengan keterbatasan luas tempat makan yang sangat terbatas, warung nasi ibu Kiroh tak pernah sepi pengunjung yang rela mengantri selama berjam-jam. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang ingin menikmati makanan khas yang satu ini diharapkan untuk datang tidak dalam jam istirahat makan siang jika tidak ingin mengantri lama dan tidak kebagian tempat makan. 

Sebagai informasi tambahan warung nasi ibu Kiroh mulai buka jam 09.00 wib - 18.00 wib dan tutup di hari Minggu. 

Warung nasi ibu Kiroh terletak di Jl. Mayor S.L Tobing, Sambongpari, Kec. Mangkubumi, Kota Tasikmalaya.

4. Goreng dan Ayam Bakar Laksana

Tak kalah legend dengan beberapa wisata kuliner sebelumnya, ayam bakar Laksana memiliki posisi sendiri diantara para pencinta ayam bakar di Tasikmalaya. Terletak di jantung pusat kota tempat yang satu ini tak pernah terlihat sepi didatangi para pembeli. Hal itu diperkuat dengan rating positif di Google Maps yang mendapatkan bintang 5 (sempurna).

Dengan bahan yang segar dan pilihan yang beragam, baik ayam goreng maupun ayam bakar dimasak secara dadakan. Bahkan tak hanya ayam, di tempat ini juga disediakan berbagai lauk pelengkap seperti sate-satean, tahu, tempe, lalapan dan sambal. 

Wisatawan tidak perlu cemas dengan banyaknya antrian, karena di tempat ini sudah disediakan cukup banyak tempat makan yang luas didukung dengan pelayanan yang cepat, dan para pegawai yang cekatan. 

Untuk harga paket ayam goreng maupun bakarnya sendiri berkisar Rp21.000, nasi putih Rp4.000, dan tahu/tempe Rp1.000. 

Sebagai informasi tambahan ayam goreng dan bakar Laksana mulai buka mulai jam 10.00 wib - 21.00 wib.

Goreng dan ayam bakar Laksana terletak di Jl. Yudanegara No. 75a, Argasari, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya.

Berikut 4 rekomendasi wisata kuliner di Tasikmalaya yang jarang diketahui Food Vlogger di atas dapat dijadikan referensi yang baik untuk kalian yang ingin berwisata kuliner di Tasikmalaya.

Author by: Yayang Nanda Budiman

Artikel terbaru