Sungai Cireong, Destinasi Wisata Alam Di Kaki Gunung Sawal

Share:

Sungai Cireong, Destinasi Wisata Alam Di Kaki Gunung Sawal

Pariwisata   45   Update: 15/06/2024


Ciamis adalah salah satu daerah di provinsi Jawa Barat yang memiliki panorama alam yang indah dan masih asri, serta beragam jenis wisata lain yang populer seperti wisata budaya dan tradisional yang masih melekat dan terjaga secara turun-temurun. Salah satu tempat destinasi alam yang kini sedang ramai dikunjungi salah satunya adalah tempat wisata sungai Cireong yang terletak dibawah kaki Gunung Sawal Ciamis. Sebagai sumber mata air sungai Cireong, Gunung Sawal memiliki sumber mata air yang jernih dan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar wilayah kaki Gunung Sawal sebagai media air bersih sehari-hari. 

Tempat wisata alam ini merupakan sebuah aliran sungai alami dengan arus yang cukup aman, dengan air yang jernih karena bersumber langsung dari mata air gunung Sawal. Meskipun sudah terdapat sejumlah fasilitas seperti gazebo dan warung-warung sekitar, namun di sekitar lokasi masih dipertahankan keasrian dan keasliannya tanpa mengganggu ekosistem dan kerindangan pepohonan di sepanjang ruas sungai yang menambah kesejukan khas daerah pegunungan.  

Dulunya, objek wisata air ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 2016 pasca dikeluarkannya Peraturan Desa setempat. Mulanya objek wisata Cireong dikelola oleh karang taruna setempat sebelum kemudian dialihkan ke BUMDes. 

Meskipun sempat ditutup selama pandemi Covid-19, namun beberapa tahun lalu setelah kasus pandemi mereda, lokasi wisata Cireong kembali dibuka untuk umum dan sampai saat ini pengunjung yang berdatangan semakin bertambah setiap harinya. Karena banyaknya antusiasme wisatawan untuk berdestinasi ke sungai kebanggaan Ciamis ini, pihak pengelola kemudian berupaya untuk terus memperbaiki dan meningkatkan sejumlah fasilitas dan layanan yang tersedia di area wisata agar para wisatawan dapat berlibur dan menikmati keindahan alam kaki gunung Sawal dengan leluasa, nyaman dan tentunya aman. 


Fasilitas Yang Tersedia dan Harga Tiket Masuk

Meskipun wisata alam ini merupakan taman wisata air di kaki gunung, namun para pengunjung tak perlu khawatir soal ketersediaan sarana dan prasarana pendukung seperti tempat ganti, toilet atau fasilitas lainnya. Karena semakin meningkatnya jumlah pendatang, pengelola sudah mulai menata kembali sejumlah fasilitas yang belum lengkap. 

Di sungai Cireong, para wisatawan dapat menikmati sensasi kesegaran air pegunungan dengan berendam, berenang atau sekedar bermain air baik bersama teman atau keluarga. Selain dapat berenang di sepanjang aliran sungai, di Cireong juga terdapat dua kolam renang dengan tingkat kedalaman yang berbeda yakni untuk kolam untuk anak berkedalaman sekitar 40 - 80 cm, sedangkan kolam untuk orang dewasa sedalam 120 - 150 cm. 

Setelah puas basah-basahan pengunjung tak perlu bingung harus mengganti pakaian dan membilas badan, karena di tempat wisata ini sudah tersedia fasilitas sejumlah toilet yang bersih dan aman bagi perempuan pada khususnya, selain itu terdapat juga mushola, area parkir yang cukup luas dan banyaknya pilihan gazebo yang dapat digunakan gratis oleh pengunjung beristirahat atau menyimpan barang-barang bawaan. 

Di tengah kebisingan dan keramaian kota, menepi sejenak untuk berwisata ke sungai Cireong adalah keputusan yang cocok jadi tempat healing sejenak di akhir pekan nanti. Suara gemericik aliran sungai yang beradu dengan bebatuan, udara segar khas pegunungan, hembusan angin yang menyibak pohon dan suara kicauan burung-burung penghuni hutan Gunung Sawal membuat pikiran dan perasaan jauh lebih tenang bagi para pengunjung yang mengunjunginya. 

Selain dapat menikmati liburan dengan berenang di kolam maupun di sungai, bagi pecinta kuliner, di sekitar area wisata juga terdapat sejumlah warung-warung masyarakat sekitar yang menyediakan sejumlah cemilan, berbagai olahan gorengan hingga kuliner lokal seperti paket nasi liwet yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp100.000 sampai Rp150.000. Harga tersebut disesuaikan dengan menu untuk 5 sampai 6 orang.

Meskipun fasilitas yang lengkap dan area tempat wisata yang cukup luas, namun obyek wisata Cireong ini terbilang cukup ekonomis dan terjangkau karena harga tiket masuk hanya dibanderol dengan harga Rp5.000 saja/per-orang. Sedangkan untuk biaya parkir seperti sepeda motor yaitu Rp2.000 dan mobil Rp5.000. 

Akan tetapi terdapat biaya tambahan lain apabila para pengunjung ingin berenang di kolam khusus yang sudah disediakan dengan biaya masuk tambahan mulai dari Rp5.000 - Rp10.000. Harga tersebut hanya diperuntukan untuk pengunjung yang hendak berenang di kolam, sedangkan untuk para wisatawan yang berenang di sungai tidak dikenakan biaya tambahan. 


Lokasi dan Akses Menuju Sungai Cireong

Bagi para wisatawan luar daerah yang hendak berencana berkunjung dan berlibur ke wisata alam Cireong, tempat ini berada sekitar 4 - 5 kilometer dari Jalan Raya Nasional Sindangkasih atau sekitar 30 kilometer dari pusat perkotaan Ciamis. Tak jauh dari pertigaan kantor Polsek Cikoneng, pilih arah masuk dari seberang Indomaret Margaluyu Cikoneng. Akses menuju tempat wisata dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda maupun kendaraan roda empat. Sepanjang jalan para wisatawan akan melewati persawahan dan pemukiman masyarakat sekitar. 

Namun meskipun lokasi wisata alam ini cukup familiar, sayangnya belum ada angkutan umum selain driver online yang dapat langsung menuju ke lokasi. Kondisi ini mengharuskan para wisatawan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa layanan driver online. 

Sedangkan untuk rutenya sendiri, selain sudah tersedia di aplikasi Google Maps, para wisatawan tidak perlu takut akan tersesat karena di setiap belokan dan persimpangan telah tertera petunjuk yang mengarahkan para wisatawan ke lokasi wisata Cireong.Meskipun kontur jalan yang naik-turun, pengunjung tak perlu khawatir karena kondisi jalan pun sudah cukup bagus meski di beberapa lokasi masih belum terawat dengan baik.

Untuk jam operasionalnya sendiri wisata alam Cireong mulai buka pada hari Senin - Kamis dari pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB, sedangkan di akhir pekan Sabtu dan Minggu mulai buka dari pukul 08.00 WIB - 17.00 WIB.

Lebih detail-nya, obyek wisata alam Cireong berlokasi di Dusun Cireong, Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis.

Author by: Yayang Nanda Budiman

Artikel terbaru


Keyword

Sungai Sungai Cireong Wisata Alam Wisata Alam Ciamis Eksplore Ciamis Rekomendasi Wisata Ciamis