15 Destinasi Wisata Pantai di Balikpapan yang Wajib Anda Kunjungi

Share:

15 Destinasi Wisata Pantai di Balikpapan yang Wajib Anda Kunjungi

Pariwisata   36   Update: 13/06/2024


Kota Balikpapan yang tersohor sebagai pusat bisnis di Kalimantan Timur menyimpan banyak tempat wisata yang sangat indah. Salah satunya adalah pantai yang menyajikan pemandangan memukau. Bagi Anda yang sedang liburan ke Balikpapan, bisa menyempatkan mengunjungi wisata Balikpapan yang berkesan. Tak salah lagi, kali ini informasi yang akan disampaikan mengenai wisata pantai yang wajib Anda kunjungi selama liburan di Balikpapan. Yuk, bertamasya sejenak, tentunya pantai di Balikpapan pasti menyenangkan bagi Anda.

 

1. Pantai Manggar Segarasari

Daftar pantai pertama yang bisa Anda kunjungi selama liburan di Balikpapan adalah Pantai Manggar Segarasari. Pantai yang berlokasi di Manggar Baru, Balikpapan Timur ini sangat indah. Anda dapat berwisata di pantai ini sekaligus melakukan berbagai aktivitas di sana. Di antaranya bermain di pasir pantai serta duduk di bibir pantai dengan santai.

 

2. Pantai Melawai

Pantai Melawai juga dapat menjadi pilihan destinasi wisata Anda. Selain itu, di pantai ini juga tersedia kuliner Balikpapan yang lezat. Anda bisa menikmati keindahan pantainya sekaligus mencicipi kulinernya yang beragam dan tentunya cukup bersahabat di kantong Anda.

 

3. Pantai Kemala

Destinasi pantai yang berada tak jauh dari Kota Balikpapan adalah Pantai Kemala. Lokasi pantai ini  berada di daerah Prapatan. Anda pun dapat dengan mudah menujunya dan banyak sekali transportasi yang menjangkau area pantai ini.

 

4. Pantai Sepinggan

Pantai Sepinggan wajib menjadi daftar kunjungan wisata Anda. Tentu saja pantai ini sangat terkenal dan siapa pun yang melancong ke Balikpapan, pasti berkunjung ke pantai yang indah ini. Pantai Sepinggan pun terkenal dengan spot sunrise yang sangat menarik sehingga menjadi tempat favorit pelancong yang berkunjung ke sana. Lokasi Pantai Sepinggan berada di Balikpapan Selatan.

 

5. Pantai Banua Patra

Pantai Banua Patra pun bisa menjadi destinasi wisata Anda saat liburan ke Balikpapan. Lokasi pantai ini sangat strategis dan berada di Kota Balikpapan. Anda dapat dengan mudah menjangkaunya tinggal menyalakan Google Maps. Jangan khawatir bagi Anda yang ingin sekalian menginap di sini karena di sekitar pantai terdapat hotel dengan tarif yang terjangkau.

 

6. Pantai Monpera

Anda dapat mengunjungi Pantai Montera yang berada di Klandasan Ulu. Pantai ini berada di pedesaan dan terkenal dengan udaranya yang begitu segar. Dengan suguhan pemandangan yang asri membuat Anda betah berlama-lama di pantai ini. Keindangan Pantai Montera memang sangat memukau dan wajib Anda kunjungi saat liburan ke Balikpapan.

 

7. Pantai Auri Sepinggan

Pantai ini bisa Anda kunjungi dan merupakan destinasi cukup populer di Balikpapan. Dinamakan Pantai Auri karena lokasinya berada di belakang Perumahan TNI AU yang masih termasuk dalam kawasan TNI AU setempat. Pantai Auri mempunyai hamparan pasir putih serta pemandangan yang memukau. Anda wajib datang ke sini!

 

8. Pantai Nelayan

Pantai Nelayan adalah salah satu pantai yang berlokasi di sisi timur kota Balikpapan. Pantai ini yang tidak terlalu ramai hingga pengunjung betah untuk berlama-lama di sini. Selain termasuk pantai yang sepi, pantai ini juga teduh dengan ombak yang tenang. Bagi Anda yang hendak menginap, di sekitar Pantai Nelayan juga tersedia villa-villa yang bisa Anda sewa.

 

9. Pantai Cemara

Selain berbagai pantai di atas, Anda juga dapat mengunjungi Pantai Cemara yang berlokasi di kawasan Jalan Lumba-Lumba, Kecamatan Balikpapan Timur. Di pantai ini, Anda dapat menikmati pemandangan yang indah serta hamparan pasir putih. Tak salah, pantai ini merupakan primadona wisatawan untuk berkunjung ke pantai yang indah ini.

 

10. Pantai Serumpun

Pantai Serumpun terletak di Jalan Mulawarman, Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur. Meskipun pantai ini tidak populer untuk destinasi wisatawan, namun sering dikunjungi oleh penggiat pecinta alam. Suasana pantai yang sangat sejuk dan asri membuat pantai ini layak dikunjungi untuk menghilangkan penat Anda.

 

11. Pantai Tanjung Bayur

Pantai Tanjung Bayur berada di ujung Kota Balikpapan. Pantai ini berlokasi di Teritip Balikpapan. Untuk mencapai pantai yang indah ini, Anda harus melewati jalan setapak, namun terbayarkan nantinya dengan pemandangan yang sangat indah. Dari pusat kota Balikpapan, pantai ini dapat dituju sekitar 45 menit perjalanan.

 

12. Pantai Bandara

Selain dapat menikmati pemandangan yang indah, Pantai Bandara juga menyajikan pemandangan lain dari yang lain. Anda dapat menyaksikan pesawat lepas landas karena memang pantai ini terletak di dekat Bandara Sepinggan, Balikpapan.

 

13. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru merupakan destinasi populer di Balikpapan karena menyajikan pemandangan deretan pohon cemara yang rimbun. Uniknya, di pantai ini lekat dengan sejarah yang berkaitan pada masa penjajahan Jepang. Terbukti dengan adanya peninggalan bangunan cagar budaya yang terletak di pantai ini. Cagar budaya tersebut berupa tugu dan menjadi makam prajurit Jepang yang telah gugur dalam perang.

 

14. Pantai Kilang Mandiri

Pantai Kilang Mandiri juga merupakan destinasi yang menarik. Di pantai ini, Anda dapat menyaksikan pemandangan sunset yang sangat cantik serta menikmati kuliner yang  disajikan restoran serta kafe yang berada di sekitar pantai tersebut. Untuk menujunya, Anda dapat menempuh perjalanan 20 menitan saja dari pusat kota Balikpapan. Lokasi pantai ini berada di Prapatan Tengah, Balikpapan Selatan.

 

15. Pantai Swadaya

Pantai Swadaya juga merupakan destinasi yang wajib Anda kunjungi di Balikpapan. Selain menyajikan pemandangan yang sangat indah, Anda juga dapat menginap di villa yang estetik. Meskipun akses pantai ini belum bagus, namun Anda dapat menempatkan Pantai Swadaya sebagai salah satu destinasi wisata Anda saat berkunjung ke Balikpapan.

Jangan lupa kunjungi, ya!

Kota Balikpapan memang menyajikan berbagai wisata pantai yang sangat memukau. Anda yang sedang liburan bersama keluarga pun pastinya sangat berkesan. Selamat bersenang-senang di Balikpapan dan nikmatilah pantai-pantainya yang sangat indah.

Author by: Renny Fitriastuti

Artikel terbaru


Keyword

balikpapan wisata pantai balikpapan destinasi wisata pantai balikpapan liburan ke balikpapan pantai balikpapan kota balikpapan