Cari Tempat Wisata? Yuk, Coba Objek Wisata Hidden Gem

Share:

Cari Tempat Wisata? Yuk, Coba Objek Wisata Hidden Gem

Pariwisata   81   Update: 30/05/2024


Ungkapan seperti itu mungkin kerap terdengar ketika sedang membicarakan tentang pilihan tempat wisata. Biasanya itu akan diucapkan saat rasa bosan melanda atau sekadar bingung memilih.

Tak jarang, kita akhirnya akan mencari referensi di internet atau bacaan yang lain. Di proses itu, beberapa kali kerap terlintas kata hidden gem di penglihatan. Sebuah kata yang mungkin asing di mata sejumlah orang.

Memang apa arti dari kata hidden gem? Sayang nih kalau belum tahu, padahal destinasi wisata yang memiliki unsur hidden gem ini merupakan salah satu yang patut dicoba, lho. Bahkan, wisata-wisata itu bisa lebih bagus dan berkesan dibandingkan objek wisata biasa lain yang sudah terlalu populer.

 

Apa itu Hidden Gem?

Hidden gem merupakan sebuah frasa berbahasa Inggris yang berarti “permata tersembunyi”. Dalam penggunaanya, istilah ini seringkali bermakna suatu hal istimewa atau indah yang belum banyak orang ketahui. Dalam dunia wisata, hidden gem akan merujuk pada tempat-tempat destinasi wisata yang masih belum belum begitu dikenal.


Dilansir dari sejumlah sumber, ciri-ciri yang biasa melekat pada objek wisata hidden gem antara lain:

Aksesnya yang Tak Selalu Mudah

Sebagai wisata yang tak banyak diketahui, aksebilitas di tempat-tempat hidden gem biasanya harus dilalui dengan effort lebih. Hal ini juga disebabkan karena lokasinya yang seringkali berada di tempat yang belum banyak dijangkau orang ramai.

 Belum diketahui banyak orang

Sesuai penjelasan arti namanya di atas, objek wisata ini juga tidak diketahui banyak orang. Lagi-lagi ini juga salah satunya disebabkan karena lokasi dari hidden gem itu sendiri. Poin ini juga yang menjadikan pengalaman mengunjunginya terasa lebih mewah.

 Tampilannya yang Sederhana

Tempat wisata populer biasanya identik dengan infrastruktur yang sudah banyak terbangun di sekitarnya. Hal ini menjadikan pengalaman di hidden gem terasa lebih orisinal karena kita belum terganggu dengan banyaknya “kosmetik” yang dibuat untuk menghias tempat tersebut.

 

Contoh Wisata yang Dianggap Hidden Gem

Di era media sosial ini, tak dapat dipungkiri bahwa objek hidden gem itu sendiri tidak selamanya bisa tersembunyi. Meski ini kerap kali berujung jadi perdebatan tentang makna sebenarnya dari istilah itu, tapi ini juga bisa diartikan sebagai fasilitas untuk mengetahui informasi tentang objek wisata hidden gem dengan lebih mudah.


Beberapa contoh wisata hidden gem, antara lain:

Candi Sukuh

Candi Sukuh adalah kompleks candi Hindu yang bertempat di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kompleks candi ini terkenal dengan arsitekurnya yang unik. Alih-alih berbentuk seperti khas candi di Indonesia pada umumnya, Candi Sukuh memiliki arsitektur yang cenderung mirip bangunan peninggalan piramida budaya Maya di Meksiko atau Inca di Peru. Selain itu, ada tiga tingkatan teras yang ada di kompleks Candi Sukuh, dengan gerbang yang terletak di teras pertama dan candi tertinggi di teras ketiga . Di teras paling atas, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan indah dari ketinggian.

 Museum Ullen Sentalu

Museum yang terletak di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini menawarkan pengalaman melihat koleksi budaya seperti batik, patung, furnitur, dan lain-lain.

Nama Ullen Sentalu yang terdengar unik ini merupakan akronim dari “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang artinya adalah “Nyala lampu blencong sebagai petunjuk bagi umat manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”.

Museum Ullen Sentalu memiliki sejumlah koleksi yang unik, seperti lukisan Jumenengan yang menunjukan tari Bedhaya sebagai bentuk peringatan terhadap penobatan Sultan. Koleksi-koleksi ini juga turut ditunjang dengan arsitektur bangunan yang indah dengan suasana yang sejuk.

 Air Terjun Telunjuk Raung

Air terjun ini terletak di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Sebagai hidden gem, Telunjuk Raung menawarkan suasana alam yang masih asri dan sejuk. Wahana utamannya yakni air terjunnya itu sendiri mengalir cukup deras dan banyak disebut memiliki bentuk seperti telunjuk orang dewasa. Selain itu, sungainya yang bersih juga membuatnya sering dijadikan tempat berenang dan bermain air.

Keunikan lain dari air terjun ini adalah adanya gua yang terletak di bawahnya. Selain itu, konon katanya tempat ini juga kerap kali dikaitkan dengan beberapa ritual dari kepercayaan tertentu.

 Temukan Sendiri

Tidak, ini bukan nama tempat wisatanya, tapi ajakan untuk menemukannya sendiri. Ini mungkin bukan contoh yang dapat menjawab langsung apabila kamu mengetik kata hidden gem di pencarian. Namun, proses ketiga inilah yang menjadi esensi sesungguhnya dari hidden gem.

Sebagaimana yang dituturkan oleh Agoes Tinus Lis Indrianto Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Ciputra dalam wawancara dengan suarasurabaya bahwa hidden gem dalam dunia pariwisata adalah potensi pariwisata, tapi belum jadi objek wisata.

Cara ini mungkin akan memerlukan usaha yang lebih, tapi pengalaman yang ditawarkannya punya nilai lebih. Menggali lagi makna asli dari hidden gem tentunya akan jadi sesuatu yang tak terlupakan, bahkan mencerahkan.

 

Keunggulan Wisata Hidden Gem

Lantas, apa yang menjadikan hidden gem menjadi destinasi yang patut dikunjungi? Ada banyak alasannya, mari kita coba rangkum.

Menawarkan Orisinalitas

Tak dapat dipungkiri bahwa banyak objek wisata di Indonesia yang ditangani dengan cara berlebihan. Pengelola tempat wisata kadang asal taruh saja hiasan-hiasan seperti spot foto dengan hiasan cinta yang kadang malah terkesan mengotori keindahan asli dari tempat itu, alih-alih mempercantiknya.

Hal ini yang tidak akan ditemui di tempat-tempat wisata hidden gem. Kondisi yang ditawarkan cenderung masih alami dan pengunjung bisa menikmati keindahan sesungguhnya dari tempat tersebut.

Meski terkadang kita juga harus bersiap-siap sebab orisinalitas itu sewaktu-waktu bisa hilang.

 Suasana Baru yang Lebih Tenang

Dengan lokasinya yang belum banyak diketahui orang, hidden gem bisa menawarkan suasana berwisata yang lebih tenang di lokasi. Apalagi ketika kita sudah lelah dengan rutinitas sehari-hari yang menjemukkan, wisata ke tempat tenang bisa jadi opsi yang lebih baik daripada berdesak-desakan lagi dengan kerumunan manusia.

 Suasananya yang kerap tak ramai itu juga membuat hidden gem juga menawarkan suasana baru yang menyegarkan, berbeda dari keseharian kita.

Pengalaman Lebih Berkesan

Perjalanan mengunjungi hidden gem kadang memang bisa menantang, terutama karena alasan tempatnya yang kadang terpencil dan aksebilitasnya yang tak selalu mudah.

Namun, kedua alasan tadi justru bisa menawarkan pengalaman yang lebih berkesan. Selain itu, sama dengan poin yang lain, suasana berbeda yang ditawarkan hidden gem juga akan membuatnya lebih memorable.

Bila ingin lebih berkesan lagi, kamu mungkin bisa mencoba untuk melakukan eksplorasi sendiri terhadap potensi-potensi wisata hidden gem di luar sana.


 Penutup

Itu tadi adalah penjelasan dari wisata hidden gem dan alasan yang membuatnya menarik dibanding objek wisata lainnya. Tertarik? Hmm, mungkin kamu bisa mulai cari-cari lagi wisata hidden gem di tempatmu atau lakukan perencanaan untuk eksplorasi tempat-tempat potensi pariwisata yang belum banyak diketahui.

Author by: ATIF KASFUL HAQ

Artikel terbaru