INI Dia Destinasi menarik lainya yang ada di Danau Toba

Share:

INI Dia Destinasi menarik lainya yang ada di Danau Toba

Pariwisata   111   Update: 29/05/2024


Sungguh danau ini cukup sepektakuler, jika diperhatikan lebih mirip lautan dari pada danau, karena saking luasnya. Bahkan ini merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan terdalam dibanding danau-danau yang ada di dunia.

Pemandangan yang Indah Jauh dari Polusi

Di lokasi wisata ini pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah dan jauh dari polusi udara yang dapat mengganggu pernapasan. Selain itu, di Danau Toba pengunjung bisa duduk santai sambil meikmati pemandangan pegunungan, menghadap ke danau yang jernih dengan udaranya yang sejuk.

Danau Toba terletak 900 meter di atas permukaan laut, sehingga jika berada di lokasi ini bisa merasakan sejuknya udara. Kesejukan tadi bisa memberikan dampak baik untuk melakukan istirahat, terhindar dari panas juga polusi udara.


Cara menuju lokasi bisa lewat udara dan darat

Jalur udara

Untuk mencapai destinasi wisata Danau Toba pengunjung bisa menempuhnya dengan dua cara. Bisa melalui jalur udara dan jalur darat. Untuk rute pertama bisa melalui Bandara Internasional Kualanamu, Medan kemudian menuju Bandara Internasional Sisingamangaraja XII yang terletak di Siborong-borong, Tapanuli Utara.

Bandara ini sebelumnya bernama Bandara Internasional Silangit, nah, dari lokasi tersebut pengunjung bisa melanjutkannnya dengan menggunakan jalur darat untuk menuju Danau Toba. Setelah itu tidak terlalu jauh akan segera sampai di tempat tujuan.

Pilihan yang kedua, pengunjung untuk mencapai lokasi bisa menggunakan penerbangan yang langsung ke Bandara Internasional Sisingamangaraja XII. Karena banyak maskapai penerbangan yang menawarkan dari beberapa kota besar yang bisa terbang langsung ke Bandara Internasional Sisingamangaraja XII.

Jalur darat

Untuk menuju lokasi wisata Danau Toba yang berjarak 176 km dari Medan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 6 jam dengan menggunakan dua rute perjalanan, Medan-Parapat atau Medan-Brastagi.

Mengenai kendaraan darat tentunya pengunjung tidak perlu bingung, karena banyak agen perjalanan di Medan yang juga menyewakan mobil termasuk sopirnya. Sedangkan bagi pengunjung yang datang dari jalur selatan lewat Bukittinggi dan Tarutung telah tersedia bus umum.

Sewa motor untuk keliling

Jika pengnjung ingin berkeliling untuk mengitari lokasi wisata Danau Toba bisa menyewa sepeda motor. Sebaiknya jangan anda lewatkan untuk menikmati keindahan dan pesona Danau Toba dan semilirnya angin saat berkendara.

Pulau Samosir yang terletak di tengah-tengah Danau Toba bisa dinikmati dan dikitari sepeda motor untuk menjelajahinya dalam seharian, menggunakan jalan yang mengitari pinggir pulau. Meski jalannya sebagian tidak beraspal tapi menawarkan pemandangan yang sepektakuler dari tempat tertinggi lokasi tersebut.

Tidak hanya menggunakan sepeda motor, pengunjung juga bisa menikmati indahnya panorama dan pemandangan pulau Samosir dan Danau Toba dengan cara jalan kaki. Coba anda tinggal di desa Tuk Tuk yang populer di pulau Samosir, dari situ dapat berkeliling dengan cara jalan kaki menyusuri jalan utama dengan santai tentunya.  


Nikmati keindahan

Danau Toba yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia, merupakan surganya keindahan yang memikat ribuan para wisatawan untuk berlibur ke lokasi. Destinasi wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan alamnya, tetapi juga memiliki kekayaan budaya yang sangat mepesona.

Banyak cara yang bisa dilakukan pengunjung untuk menikmati indahnya panorama alam Danau Toba yang menakjubkan. Pengunjung bisa mencoba untuk menikmati dan bermain kayak, ada tiga jalur yang bisa digunakan dengan cara mengayuh kayak, yaitu;

Pertama; Tongging - Silalahi (12 km - Mudah),

Kedua; Tongging - Samosir (50 km - Sedang),

Ketiga; Lingkar Utara (175 km - Menuntut).


Lakukan Glamping di The Kaldera Nomadic Escape

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati semilir angin sejuk dari sekitar danau dengan cara melakukan glamping di The Kaldera Nomadic Escape. Letak lokasi tersebut berada di Sibisa Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir.

Indahnya alam bisa dinikmati dan dirasakan di sini tanpa harus menggunakan kemah konvensional yang merepotkan. Di sini telah tersedia tenda dan fasilitas yang dapat memanjakan pengunjung dengan mewah. Di sini tersedia tenda bergaya bohemian, bubble tent, eco pod, dan juga amphitheater berkapasitas 300 orang.

Lokasi glamping ini berada di Pulau Samosir, desa adat yang dilindungi pembatas benteng tanah dengan pagar bambu dan pepohonan. Di tempat ini juga terdapat banyak rumah adat yang unik dan autentik.

Di Tomok banyak berdiri deretan rumah yang terbuat dari kayu besar dengan atap jerami yang bentuknya mirip dengan pelana yang bahan dsarnya terbuat dari semacam sabut atau ijuk. Tentunya menambah indahnya akan budaya setempat untuk dinikmati.


Nikmati Budaya

Selain berwisata di Danau Toba, pengunjung dapat menikmati perayaan budaya Suku Batak yang terkenal. Salah satunya Tari Tor-Tor yang dianggap paling anggun dalam seni tari tradisional, biasanya dipentaskan pada perayaan-perayaan seperti dalam perayanan panen dan upacara pernikahan.

Tari Tor-Tor sendiri menurut sejarahnya merupakan tarian yang digunakan dalam ritual memanggil roh dan menggiringnya ke dalam patung kuda yang didirikan sebagai simbol leluhur, dikutip dari laman indonesia.travel. Ini menarik untuk dipelajari dan dapat dikaji lebih mendalam mengenai maknanya.  

Wayang kayu yang bernama Sigale-gale selain tari Tor-Tor juga menjadi salah satu daya tarik wisata yang ada di Pulau Samosir. Konon wayang ini memiliki nilai mistis dalam mitos kepercayaan yang melingkupi wayang itu sendiri.


Penutup

Penduduk setempat mempercayai jika wayang Sigale-gale ini dapat menari sendiri meski pun tanpa adanya iringan musik, selain dapat meratap. Namun, ada juga yang mengatakan Sigale-gale ini hanya bisa ditaruh saja dalam peti mati. 

Author by: Alam

Artikel terbaru