Sumber Gentong, Primadona nya Wisata Malang

Share:

Sumber Gentong, Primadona nya Wisata Malang

Pariwisata   61   Update: 04/06/2024


Wisata air masih menjadi primadona dari berbagai jenis wisata di Kabupaten Malang. Salah satunya Sumber Gentong di Dusun Gentong, Desa Tirtomoyo, Kecamatan Pakis. Tempat wisata ini terus bersolek hingga menarik minat warga untuk berkunjung.

Selain berfungsi untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat, sumber air ini juga menjadi destinasi wisata yang menyenangkan.

Sumber Gentong sudah dikenal oleh masyarakat sekitar sejak lama. Mereka memanfaatkannya untuk mandi dan mencuci, serta mengambil airnya untuk dikonsumsi. Bahkan hingga kini, masih ada masyarakat sekitar yang datang untuk mencuci baju.

Kepala Unit Pengelola Sumber Gentong, Husnul Khotimah menjelaskan alasan sumber mata air ini dijadikan sebagai tempat wisata. Menurutnya, ini adalah potensi wisata yang bisa menambah Penghasilan Asli Daerah (PAD).

“Dikelolanya Sumber Gentong ini berawal dari rencana desa untuk menambah pemasukan desa,” kata Husnul.

Dari situ, mereka membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang dipercaya untuk mengelola wisata Sumber Gentong.

Ini berarti Sumber Gentong juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi puluhan warga yang tinggal di sekitar situ.

Layaknya sumber air lainnya, Sumber Gentong juga mengusung tema alam sehingga pengunjung yang berada di sana bisa merasakan ketenangan, kesejukan, dan pemandangan yang indah.

Letak Sumber Gentong ini tak jauh dari Kota Malang, hanya sekitar 30 menit dari pusat kota. Tempat ini berbatasan langsung dengan Perumahan Araya.

Saat ini, Sumber Gentong baru resmi beroperasi selama enam bulan, namun pengunjungnya mulai banyak. “Alhamdulillah, walaupun pembangunannya belum selesai, pengunjung sudah mulai banyak,” kata Husnul.

Di hari biasa, pengunjung yang datang diperkirakan sekitar 100 orang, tapi di akhir pekan, pengunjung bisa mencapai lebih dari 500 orang.

Tak heran jika banyak yang memilih Sumber Gentong sebagai tempat untuk berekreasi. Selain tempatnya yang strategis, tiket masuknya sangat murah, hanya Rp 5.000 per orang.

“Dulu awal-awal yang datang ya orang-orang sini saja. Tapi lama-lama banyak orang dari daerah lain,” katanya.

Di Sumber Gentong, pengunjung bisa sekedar berjalan-jalan menikmati pemandangan kolam yang hijau kebiruan, duduk-duduk di warung sembari mengobrol, naik perahu angsa, memancing, hingga mengadakan event.

Menurut Husnul, saat ini pembangunan di Sumber Gentong baru mencapai 20-25 persen dari yang ditargetkan. Di tahun ini, pengelola berencana melakukan pembangunan lagi sehingga wahana dan fasilitas yang dimiliki lebih lengkap.

“Ini masih banyak kekurangannya. Kami masih butuh banyak yang harus direalisasikan untuk pembangunan di sini,” ujar Husnul.

Ke depannya, ia berencana menambah beberapa wahana yang masih bernuansa alam, seperti flying fox. Di samping itu, akan ada pembangunan alam yang dibantu oleh PT PLN (Persero).

“Kami dapat bantuan dari PLN untuk pembangunan sekolah alam. Nanti akan dibangun gazebo besar untuk kegiatan tersebut. Sasaran sekolah ini adalah anak-anak mulai dari usia TK,” jelas Husnul.

Untuk menambah kenyamanan pengunjung, Husnul mengatakan akan menambah gazebo-gazebo sebagai tempat peristirahatan. “Kami juga akan buat tempat untuk acara seperti gazebo besar atau pendopo besar,” ujarnya.

Meski masih akan dilakukan pembangunan, fasilitas di Sumber Gentong sudah cukup lengkap. Tempat ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata alam yang tak jauh dari kota dan ramah di kantong.


Jam Operasional dan Harga Tiket Sumber Gentong

Sebelum mengunjungi tempat wisata, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah jam operasional. Hal ini bertujuan agar wisatawan dapat memperkirakan jam keberangkatan saat berkunjung ke Sumber Gentong.

Wisata Sumber Gentong dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Jika ingin mencoba berbagai fasilitas dan wahana menarik di sana, pengunjung disarankan datang saat pagi dan cuaca sedang cerah.

Sementara untuk memasuki wisata Sumber Gentong, pengunjung dikenai tiket masuk Rp 5.000. Cocok bagi wisatawan yang ingin berhemat, namun tetap menginginkan spot berlibur yang menyenangkan.


Fasilitas Sumber Gentong

Mengutip dari laman resmi Wisata Sumber Gentong, ada beberapa fasilitas yang tersedia untuk menunjang kenyamanan para wisatawan, di antaranya sebagai berikut.

- Kolam renang

- Area kuliner

- Perahu bebek

- Musala

- Spot foto

- Toilet

Layaknya sumber air lainnya, Sumber Gentong mengusung tema alam untuk memanjakan pengunjung dengan merasakan ketenangan, kesejukan, dan pemandangan alam yang mempesona.


Aktifitas seru yang terdapat di Sumber Gentong

Belakangan ini destinasi wisata Sumber Gentong viral di media sosial TikTok. Pasalnya, banyak wisatawan yang kerap membagikan berbagai aktivitas seru yang dapat dicoba ketika berkunjung ke destinasi ini. Berikut sederet aktivitas seru yang dapat dicoba.

1. Menaiki Wahana Perahu Bebek

Salah satu daya tarik utama yang dimiliki Sumber Gentong adalah permukaan air danau yang berwarna kehijauan dengan pesona airnya yang jernih. Wisatawan dapat mencoba mengayuh perahu bebek sambil menikmati pesona alam dengan melihat panorama air danau yang jernih.

2. Berenang di Kolam Air

Tak hanya menaiki perahu bebek, pengunjung juga dapat menikmati kesegaran Sumber Gentong dengan berenang di kolam air yang segar nan jernih. Kolam tersebut dapat dinikmati pengunjung usia anak-anak hingga dewasa. Ada juga fasilitas ban yang bisa disewa jika ingin berenang dengan lebih aman dan santai.

3. Wisata Kuliner

Setelah menikmati wahana air yang tersedia, jangan lupa berkunjung ke beberapa kedai makanan di sana. Berbagai minuman dan makanan lezat dengan harga terjangkau dapat ditemui di kedai tersebut. Mulai dari menu kentang goreng, lalapan, hingga wedang jahe.

4. Mengambil Spot Foto

Menyuguhkan keindahan alam yang menawan, Sumber Gentong memiliki salah satu spot foto favorit yang digemari wisatawan. Salah satunya area di atas Danau Sumber Gentong yang dilengkapi bangunan panggung. Spot ini dimanfaatkan untuk ber swafoto dengan latar danau yang dikelilingi pepohonan hijau nan rindang.

5. Sewa Setting Venue Spot

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di Sumber Gentong, dapat menyewa spot setting venue berupa tenda. Pastikan melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum memutuskan menginap di Sumber Gentong.

Itulah informasi selengkapnya seputar Sumber Gentong Malang yang dapat dijadikan destinasi tujuan menjelang akhir pekan.

Author by: Rizky Puspitasari

Artikel terbaru


Keyword

Wisata kota malang wisata sumber gentong wisata air di malang wisata air sumber gentong destinasi ke malang liburan ke malang