Sungai Ciwulan, Wisata Arung Jeram Terbaru di Tasikmalaya

Share:

Sungai Ciwulan, Wisata Arung Jeram Terbaru di Tasikmalaya

Pariwisata   62   Update: 03/06/2024


Tasikmalaya merupakan salah satu daerah di provinsi Jawa Barat yang memiliki aneka ragam pilihan jenis wisata yang dapat menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan untuk berkunjung ke daerah yang dikenal sebagai kota santri ini.

Selain wisata kuliner dan budaya, Tasikmalaya juga memiliki sejumlah wisata alam unggulan yang menarik untuk dikunjungi wisatawan seperti wisata berendam air panas di kaki gunung Galunggung, wisata kebun teh di Taraju, wisata pantai di Tasikmalaya Selatan seperti Karang Tawulan atau Sindangkerta, dan yang terbaru di Tasikmalaya adalah wisata arung jeram di sungai Ciwulan Tasikmalaya. 

Sungai Ciwulan merupakan sungai yang cukup besar di Tasikmalaya yang memiliki kontur berbatu dan didominasi oleh jeram tipe standing wave dan cusion, yakni jenis jeram yang menyerupai ombak akibat benturan arus air dengan bebatuan. Arung jeram atau rafting merupakan salah satu kegiatan wisata yang menyenangkan sekaligus salah satu cabang olahraga yang selalu diperlombakan.

Di sana, pengunjung bisa menjelajahi sungai dengan menaiki perahu  bersama keluarga atau sekelompok teman dan menguji adrenalin. Sungai Ciwulan di Kota Tasikmalaya menjadi  tempat yang baik untuk melakukan kegiatan tersebut. Aliran airnya tidak terlalu deras dari segi kontur, namun cukup berbatu. Sungainya bersih dan cocok untuk arung jeram. Letaknya hanya 13 kilometer dari pusat kota Tasikmalaya dan mudah dijangkau.

Syarat dan Ketentuan Arung Jeram

Bagi para wisatawan yang hendak mencoba wisata yang mengasah adrenaline ini, para wisatawan dapat mengakses melalui jaringan internet website kawanlokal.com atau beberapa akun media sosial komunitas terkait untuk memastikan jadwal kegiatan arung jeram dilaksanakan. Berdasarkan informasi yang termuat dalam website tersebut wisatawan akan diberikan pengalaman baru yang menyenangkan untuk mengarungi sungai sepanjang 10 kilometer dengan durasi waktu sekitar 2 - 2,5 jam. 

Perihal syarat dan ketentuan yang berlaku,wisatawan dapat melakukan pemesanan minimal 3 hari sebelumnya. Jika terjadi pembatalan 3 hari sebelum kedatangan dikenakan denda biaya 50% sedangkan jika dibatalkan 1 hari sebelum kedatangan denda yang dibebankan adalah biaya 100?n apabila terjadi perubahan jadwal biasanya dilakukan minimal 3 hari sebelum kedatangan.

Selain itu, untuk paket yang tertera dalam kegiatan tersebut diantaranya transportasi lokal, skipper dan guide lokal, safety equipment, 1x makan siang, pemakaian toilet dan kamar bilas, asuransi, serta obat-obat ringan.

Untuk jadwal acara kegiatan wisata arung jeram tersebut peserta biasanya berkumpul di titik point Ciwulan Riverland, diberikan arahan soal safety briefing dan menuju titik awal pengarungan. Adapun untuk rangkaian acara setelah tiba di titik akhir pengarungan, bersih-bersih, makan siang kemudian acara selesai.

Jam operasional kegiatan ini biasanya dilaksanakan mulai dari pukul 08.00 - 14.00 wib. Dengan demikian wisata alam arung jeram ini hanya dapat diakses melalui komunikasi dan booking set terlebih dahulu, dan tidak bisa dilakukan individu tanpa ada pendampingan dari pihak profesional. 

Fasilitas Yang Tersedia

Meskipun tempat wisata sungai Ciwulan masih tergolong tempat wisata baru di Tasikmalaya, namun sejumlah fasilitas sudah rampung didirikan.

Keseriusan pembangunan ekowisata ini ditanggapi oleh masyarakat sekitar untuk turut terlibat mengelola dan mengembang potensi wisata alam tersebut dengan mendirikan sejumlah warung-warung di sekitaran sungai, sesekali mengadakan live musik dengan harapan dapat menarik wisatawan dan pengendara yang melintas berkunjung dan menepi sejenak di sejumlah tempat di sungai Ciwulan berada. 

Pengunjung tak perlu merogoh kocek besar untuk berlibur dan menikmati akhir pekan di sungai Ciwulan, cukup dengan uang sekitar Rp10.000 - Rp50.000 saja pengunjung dapat menikmati berbagai macam jajanan dan minuman yang tersedia di beberapa warung yang ada sekitar bantaran sungai Ciwulan, seperti es kelapa muda, berbagai jenis minuman, kopi, mie instan, dan sejumlah olahan gorengan yang selalu digoreng dadakan.

Jadi, pengunjung bisa menikmati hidangan yang tersedia dengan pemandangan dan suasana sungai yang sejuk disertai gemericik arus sungai yang biasanya tidak terlalu besar, dan jika sedang beruntung para pengunjung bisa juga sambil melihat kegiatan arung jeram yang biasanya diadakan oleh beberapa komunitas pada kurun waktu tertentu saja seperti kegiatan “Road To Tasik Baseuh 2023” beberapa waktu lalu.

Selain tidak ada biaya tiket masuk untuk wisata alam ini, pengunjung hanya diharuskan membayar biaya parkir untuk sepeda motor Rp1.000 - Rp2.000 sedangkan untuk kendaraan roda empat biasanya dibebankan biaya sekitar Rp5.000 tanpa ada batasan waktu. Sehingga wisata alam sungai Ciwulan Tasikmalaya ini sangat cocok sebagai pilihan liburan keluarga karena selain biaya terjangkau, tempat yang tenang dan asri memberikan sensasi ketenangan bagi para pengunjung.

Akses Menuju Sungai Ciwulan

Untuk dapat sampai menuju tempat wisata sungai Ciwulan dari arah pusat kota Tasikmalaya, wisatawan dapat mengambil jalan ke arah selatan tepatnya jalan. Syekh Abdul Muhyi dan lurus saja sekitar 6 kilometer melewati kantor Polsek Kawalu - SPBU Urug, setelah menemui pertigaan sebelum Puskesmas Urug, pastikan untuk belok kanan ke arah kampung Leuwiliang dan sekitar 1 kilometer dari pertigaan tersebut wisatawan sudah sampai di tempat wisata sungai Ciwulan. 

Guna menghindari kemacetan yang sering terjadi akibat banyaknya kendaraan besar yang melintas ke wilayah selatan, para wisatawan juga dapat mengambil pilihan jalan alternatif lain seperti ke jalan Pamipiran. Untuk dapat mengambil akses jalan ini, dari perempatan terminal Muncang Sari wisatawan dapat mengambil arah ke kanan ke arah jalan Air Tanjung.

Setelah sampai di pertigaan Air Tanjung, wisatawan mengambil arah ke kiri ke jalan Pamipiran dan dari sana ikuti jalan besar hingga sampai ke tempat wisata sungai Ciwulan yang berjarak sekitar 4 kilometer dari pertigaan tersebut. 

Selain sudah tersedia di Google Maps wisata alam sungai Ciwulan dapat diakses lengkapnya di Kampung Leuwiliang, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Author by: Yayang Nanda Budiman

Artikel terbaru


Keyword

Wisata Alam Tempat Wisata Wisata Alam Wisata Alam Tasikmalaya Arung Jeram Wisata Arung Jeram di Tasikmalaya Eksplore Tasikmalaya