3 Coffee Shop di Tasikmalaya, Menyajikan Sensasi Rumahan

Share:

3 Coffee Shop di Tasikmalaya, Menyajikan Sensasi Rumahan

Pariwisata   75   Update: 03/06/2024


Tasikmalaya merupakan salah satu wilayah di provinsi Jawa Barat yang memiliki keanekaragaman pilihan destinasi, baik wisata alam, kuliner termasuk wisata coffee shop. Pasca pandemi, Tasikmalaya mengalami perkembangan dalam dunia bisnis per-kopi-an yang tumbuh subur bak jamur dimusim penghujan. Akibat trend usaha kopi yang sedang naik cukup signifikan, sejumlah coffee shop bermunculan dengan beragam konsep dan tema yang beragam. 

Bahkan beberapa perusahaan coffee shop terkemuka seperti Starbucks maupun Kopi Kenangan berani berinvestasi untuk membuka gerai cabang di Tasikmalaya. Bukan tanpa pertimbangan bisnis yang matang, perusahaan tersebut tentunya menganggap bahwa potensi usaha di bidang kopi di Tasikmalaya sangat menjanjikan. 

Namun, di tengah banyaknya coffee shop yang menyajikan keanekaragaman varian menu didukung dengan kemegahan konsep interior yang kekinian dan instagramable, di Tasikmalaya masih terdapat beberapa coffee shop yang mengusung tema rumahan yang sederhana namun bikin pengunjung nyaman santai berlama-lama.

Berikut ini adalah 3 rekomendasi coffee shop di Tasikmalaya dengan konsep rumahan dijamin bikin pengunjung betah dan tidak mau pulang.

Nameless Coffee 

Apalah arti sebuah nama jika tanpa didasari dengan makna. Begitu mungkin filosofi yang diusung oleh kedai kopi hidden gem yang satu ini. Dari namanya saja, Nameless Coffee mengajak para pecinta kopi untuk menginterpretasikan sendiri esensi dan pengalaman yang mereka dapat pasca berkunjung seperti halnya yang tertera di salah satu tembok bangunan kedai tersebut yang berbunyi “They Just See Without Knowing”.

Berbeda dengan coffee shop lainnya, Nameless memberikan pelayanan penuh keakraban, baik dari aspek suasana lingkungan maupun pembawaan kedua barista andalannya. Meskipun terletak di tengah perkampungan penduduk, namun tempat ngopi yang satu ini tak pernah kesepian pengunjung khususnya para anak muda yang kerap berkumpul, bercengkrama bersama hingga larut malam.

Bagi para pecinta racikan kopi sejati, kedai kopi ini harus masuk list kalian untuk datang berkunjung menikmati secangkir kopi di Nameless Coffee. Tak hanya soal meramu, barista disini sangat ramah untuk diajak berbincang terkait segala hal yang berhubungan dengan kopi. Ketiadaan sekat/gap antara konsumen dan barista adalah suasana yang sangat langka saat ini, dan momentum semacam ini adalah hal yang dirindukan bagi para penikmat kopi. Oleh karena itu, memutuskan untuk berkunjung ke Nameless Coffee adalah pilihan yang tepat untuk kalian menikmati kopi dengan suasana rumahan yang bikin nyaman dan menenangkan..

Terdapat berbagai varian menu baik itu kopi maupun non kopi, cemilan maupun mie instan yang dibandrol dengan mulai dari Rp15.000 - Rp25.000. Selain itu, disini juga mereka memiliki menu kopi andalan seperti es kopi susu dan americano-nya yang wajib dicoba apabila hendak berkunjung kesana. 

Perihal jam operasionalnya Nameless Coffee buka pada hari Senin – Minggu, dan malam Senin kedai kopi ini tutup, mulai dari pukul 13.00 wib - 23.00 wib. Selain itu, biasanya jika libur mereka memberitahukannya melalui akun instagram resmi mereka. Untuk alamat lengkapnya Nameless Coffee terletak di Jl. Picungremuk (Kp. Sumur Gede), Kel. Gununggede, Kec. Kawalu, Kota Tasikmalaya.

Rumah Kopi Baretto

Bagi sebagian besar masyarakat di Tasikmalaya, apalagi anak muda tentu sudah mafhum dengan coffee shop yang satu ini. Ya, tak salah lagi, Rumah Kopi Baretto adalah salah satu coffee shop yang cukup legendaris di Tasikmalaya. Sudah lama berdiri, coffee shop ini tidak merubah karakteristik yang melekat dalam identitasnya sebagai coffee shop rumahan yang nyaman. Meski berada cukup dekat dengan pusat perbelanjaan, namun kedai kopi yang satu ini cukup memberikan ketenangan ditengah keramaian. 

Dengan konsep arsitektur bangun ciri khas era kolonialisme Belanda yang kental dengan ornamen dan furniture tempo dulu semakin membangun citra kehangatan bagi para pengunjung. Bagi para pengunjung yang baru datang dan ingin nongkrong di Rumah Kopi Baretto, kalian tak perlu cemas karena takut kehabisan tempat duduk, coffee shop ini memiliki tempat duduk yang cukup luas baik indoor maupun outdoor. 

Tak hanya memberikan kenyamanan, Rumah Kopi Baretto juga menyajikan sejumlah menu pilihan yang beragam mulai dari makanan berat, cemilan, dessert, dan minuman seperti berbagai olahan kopi dengan metode manual brew, ice blend coffee, beragam minuman coklat, menu makanan lain seperti spaghetti, Nasi goreng dan masih banyak lagi. Selain itu, pengunjung tak perlu ragu untuk datang ke Rumah Kopi Baretto karena terkendala harga, karena setiap menu yang dijual disini masih terbilang terjangkau yakni mulai dari Rp20.000 - Rp50.000 saja. 

Untuk jam operasionalnya sendiri Rumah Kopi Baretto mulai buka dari jam 12.00 wib - 22.00 wib dan pada hari tertentu seperti malam Minggu biasanya Baretto mengadakan pertunjukan live musik yang biasanya dimulai di jam 19.00 wib - selesai. Bagi pengunjung yang hendak kesana dapat dicari melalui Google Maps lebih tepatnya di Jl. Galunggung, Tawangsari, Kec. Tawang, Kab. Tasikmalaya. 

We House Coffee

Tak kalah rumahannya dengan beberapa coffee shop sebelumnya, We House Coffee merupakan rekomendasi terakhir yang harus kalian sambangi untuk menikmati suasana homey sambil menikmati secangkir kopi di tengah pusat perkotaan Tasikmalaya. Meski berada di dalam bangunan rumah lama, coffee shop yang satu ini masih tetap membawa nuansa tempo dulu dibalut dengan ornamen pernak-pernik kekinian. Ketika berkunjung ke coffee shop ini kita seolah dibawa berkunjung ke rumah nenek dengan suasana yang mengajak kita berkontemplasi mengingat kembali masa-masa lalu. Bagaimana tidak, kadangkala bentuk arsitektur bangunan lama memberikan magic kehangatan yang berbeda. 

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa pada kenyataan telah banyak pilihan tempat ngopi di pusat kota Tasikmalaya, namun We House Coffee tidak pernah ditinggalkan pengunjung setianya. Hal tersebut telah terbukti bahwa kedai kopi ini tak pernah terlihat sepi dari hari ke hari. Jadi meskipun coffee shop ini berada di dalam rumah, untuk fasilitas We House Coffee memiliki sejumlah kursi dan meja yang cukup banyak untuk di isi lebih dari 10 orang pengunjung. 

Adapun beberapa menu yang dijual di We House Coffee cukup bervarian baik kopi maupun non-kopi, berbagai cemilan seperti tahu cabe garam, cireng banjur, cireng bumbu rujak yang dibandrol dengan harga mulai dari Rp10.000 - Rp30.000. Untuk jam operasionalnya coffee shop ini buka setiap hari mulai dari jam 14.00 wib - 22.30 wib dengan alamatnya lengkapnya di Jl. Ampera No. 42, Panglayungan, Kec. Cipedes, Kota Tasikmalaya. 

Berikut 3 rekomendasi coffee shop rumahan di Tasikmalaya yang wajib kalian kunjungi.

Author by: Yayang Nanda Budiman

Artikel terbaru


Keyword

Coffee shop Coffee shop di Tasikmalaya Cafe Cafe Unik Hidden Gem Tasikmalaya Hidden Gem Murah Wisata Kuliner Wisata Kuliner Tasikmalaya