Raja Ampat Surga Tertinggi di Papua, Legenda Tujuh Butir Telur

Share:

Raja Ampat Surga Tertinggi di Papua, Legenda Tujuh Butir Telur

Pariwisata   86   Update: 01/06/2024


Seharian kita berada di lingkungan yang terkurung benteng-benteng beton dan bisingnya kota, alangkah lebih baiknya ketika hari libur meluangkan waktu untuk menyegarkan pikiran dan menyaksikan indahnya dan pesonanya alam.

Temukan keindahan pesona alam Papua surga yang bisa menyegarkan pikiran anda, dimana pengunjung akan disambut dengan ramah dan hangat serta disuguhi keajaiban alam yang sepektakuler di atas dan di luar perairannya, keajaiban alam terdapat di Raja Ampat.

 

Lokasi

Raja Ampat berada di Kabupaten Kepulauan di Provinsi Papua Barat, tepatnya terletak di ujung barat laut Semenanjung Kepala Burung di Papua, termasuk wilayah pulau paling timur dari Kepulauan Indonesia.

Lokasi ini merupakan kepulauan yang berjumlah lebih dari 1.500 pulau kecil, pulau karang, dan beting yang mengelilingi empat pulau utama yang terkenal dengan sebutan Raja Ampat, yakni Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool.

Destinasi wisata Raja Ampat ini terdapat di antara perairan, darat laut, juga hutan yang lebat, sehingga kekomplitan nuansa alam ini menjadikan sebuah keajaiban yang spektakuler, sangat tepat sekali jika disebut memiliki keindahan, pesona, megah dalam arti fisik yang sebenarnya.

 

Legenda tujuh butir telur

Konon Raja Ampat ini memiliki cerita legenda yang berkembang dan sudah diketahui banyak orang terutama masyarakat sekitar. Kisah ini berawal ketika seorang wanita tua menemukan tujuh butir telur.

Kemudian keempat butir telur yang ditemukan wanita tadi menetas, sehingga dari keempatnya mengeluarkan wujud manusia yang selanjutnya, keempat orang tadi menetap di empat pulau tadi dan menjadi Raja. Karena Raja Ampat sendiri memiliki arti secara harfiah yang berarti Empat Raja. Tiga telur lainnya menetas menjadi seorang wanita, hantu, dan batu.

 

Keindahan bawah laut

Raja Ampat menawarkan pemandangan bawah laut yang luar biasa juga pengalaman terbaik di dunia, wilayah ini memiliki luas 9,8 juta hektar yang terdiri dari daratan dan lautan. Di dalam laut terdapat sekitar 540 jenis karang, 1.000 jenis ikan, dan 700 macam moluska, dikutip dari laman indonesia.travel.

Selain itu, terdapat trumbu karang dan biota laut bawah laut yang luar biasa, tentunya akan menjadi sebuah pemandangan yang sangat indah dan bisa disaksikan langsung bagi mereka yang hobbi menyelam, sekaligus mengabadikannya dengan rekaman foto atau video.

Menurut The Nature Conservancy and Conservation International di wilayah ini terdapat 75% spesies dunia yang hidup. Di Raja Ampat ini terdapat banyak trumbu karang dan keanekaragaman kehidupan laut yang masih murni dan asli, menjadi tempat fantastis bagi para penyelam dan penjelajah dasar lautan.

 

Ketika menyelam

Ketika pengunjung mulai menyelam maka jangan kaget dengan banyaknya hewan laut yang tiba-tiba berseliweran seakan menyapa anda. Kuda laut akan berenang tidak jauh dari penyelam. Ikan Pari Manta dan wobbegong akan datang dan meluncur mendekati penyelam.

Sekumpulan ikan tuna, kakap, ikan batfish, ikan kuwe raksasa, hingga barakuda bisa ditemukan di dalam air. Selain itu akan muncul pula penyu, kerang laut raksasa berukuran lebih dari satu meter, betul-betul sensasinya dalam jarak dekat yang dapat ditemui.

Penyelam juga akan menjumpai banyak spot diving dan snorkeling yang berada di dalam air. Ada lokasi yang pernah dilintasi penyelam yang terkenal asal Inggris, Alfred Russell Wallace. Ia pernah menyelami alur yang terletak di Jalur Kabui, jalur sempit antara Waigeo dan Pulau Gam, berada di sekitar Dermaga Pulau Arborek, Yenbuba, Tembok Friwen, Sawandarek, dan lainnya.

 

Pemandangan di atas permukaan

Selain menyuguhkan keindahkan dan hewan-hewan yang berada di dasar laut ketika pengunjung menjelajahinya dengan menyelam. Pengunjung juga akan bisa mendapatkan pemandangan indah di atas permukaannya yang sangat menakjubkan.

Keindahan alam yang sangat menakjubkan akan dijumpai ketika pengunjung menyaksikan pulau-pulau kecil berbatu di tengah jernihnya air laut dan pantulan biru warna langit, sungguh menawarkan suasana spektakuler yang sangat luar biasa.

 

Melihat surga dari ketinggian

Ketika kita berada di ketinggian puncak bukit lantas mengalihkan pandangan ke bawah, seakan-akan kita menyaksikan kilasan surga yang ditawarkan alam denga lukisan terbaiknya. Misalnya pulau wayang dan formasi pulau-pulau karang yang menakjubkan dan menawarkan dalam skala yang lebih besar.

 

Satwa liar

Hutan Raja Ampat yang lebat masih menyimpan beragam hewan yang dapat disaksikan dengan mata telanjang, setelah kita menikmati indahnya pemandangan di dasar laut. Di pulau ini pengunjung juga akan menemukan beragam burung, semisal cendrawasih, hewan kuskus dan jenis binatang lainnya yang menambah hidupnya suasana.

 

Penginapan dan budaya

Selain keindahan alamnya yang berupa laut, hutan, beserta isinya, pengunjung juga akan disuguhi keramahan khas masyarakat Papua. Di lokasi ini pengunjung bisa menginap di Desa Wisata Arborek yang telah menyediakan sejumlah homestay serta berbaur dengan penduduk untuk mengamati tradisi dan kesehariannya.

Kedatangan rombongan pengunjung di lokasi ini akan disambut dengan tarian tradisonal yang berasal dari budaya lokal. Mereka akan menampilkan tarian adat selamat datang dengan diiringi lagu-lagu dari berbagai daerah Papua tepat di dermaga.

 

Gunakan jalur udara dan laut

Untuk bisa menyaksikan keajaiban Raja Ampat yang sepektakuler mulai dari daratan, pantai, perairan serta suasana alamnya. Pengunjung dapat sebaiknya menggunakan pesawat dari Jakarta atau Makasar, ke Sorong. Ada pesawat kecil yang bisa menerbangkan pengunjung hingga ke Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat, selain itu bisa juga menggunakan jalur laut dengan naik kapal feri dari pelabuhan Sorong.

 

Penutup

Raja Ampat salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi para wisatawan yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Tidak hanya indahnya alam yang terdiri dari empat pulau besar yang dikelilingi pulau-pulau kecil, tetapi juga menawarkan pemandangan darat yang indah, hutan yang lebat, dasar laut dan batu karang beserta hewan laut yang berada di dalamnya, sekaligus membuat foto atau video kenangan. 

Author by: Alam

Artikel terbaru