7 Destinasi Wisata Wonderful Indonesia Terbaik Selain Bali

Share:

7 Destinasi Wisata Wonderful Indonesia Terbaik Selain Bali

Pariwisata   64   Update: 31/05/2024


Mendengar kata "Indonesia", tentunya banyak yang langsung teringat dengan Bali. Keindahan Pulau Bali memang tiada duanya karena tradisinya yang masih kental membuat pulau ini semakin diminati wisatawan lokal dan mancanegara setiap tahunnya.

Namun, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan besar yang memiliki lebih dari 17.000 pulau, masih banyak destinasi menarik lainnya. Nah, sayang banget untuk dilewatkan, lho! Dari Sabang hingga Merauke, tanah air terbentang luas, tentunya masih banyak destinasi menarik yang wajib kamu kunjungi selain Bali.

Destinasi manakah yang harus kamu jelajahi untuk merasakan cita rasa "Wonderful Indonesia" yang sesungguhnya? Tanpa basa-basi, berikut 7 destinasi terbaik yang sering menjadi tujuan utama wisatawan berkunjung ke Indonesia!


Kepulauan Gili

Destinasi pertama yang bisa kamu jadikan inspirasi keindahan Wonderful Indonesia adalah Kepulauan Gili, Lombok. Pulau ini memiliki gugusan tiga pulau kecil, yaitu Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan.

Kepulauan Gili yang menjadi tujuan wisata utama di Lombok yaitu Gili Trawangan. Pulau ini memiliki perpaduan udara laut yang segar, pantai yang putih bersih, air laut yang jernih, dan fasilitas lengkap, tentunya membuat wisatawan betah. Walaupun tidak terlalu luas, kamu bisa mengelilinginya dengan mudah menggunakan sepeda. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah menjangkau Gili Air dan Gili Meno yang memang letaknya berdekatan.

Selain bernuansa surgawi, Kepulauan Gili sangat cocok bagi para penggila fotografi karena memiliki banyak spot foto yang sangat indah. Di kepulauan ini juga memiliki beragam aktivitas, seperti olahraga air, bersepeda dan berkuda di tepi pantai, serta menikmati kuliner on the spot.


Pulau Komodo

Keindahan Pulau Komodo menyembunyikan segudang prestasi luar biasa bagi destinasi pariwisata kelas dunia. Memang pulau ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo dimana kamu bisa melihat langsung habitat komodo yang terkenal itu. Namun, bukan hanya habitat komodonya saja yang menarik di pulau ini.

Apalagi kalau bukan karena keindahan pantainya yang menakjubkan, pasir putihnya yang indah dihiasi bebatuan dan ombak di pinggir pantai. Keindahan bawah lautnya yang menawan, wisatawan bisa menyelam dan menikmati keindahan ratusan jenis terumbu karang dan ribuan jenis ikan kecil-kecil dan juga besar.

Letaknya yang berada di zona peralihan garis Wallace (Benua Asia dan Australia), membuat pulau ini dipenuhi burung dan satwa dari dua benua tersebut. Wisatawan bisa merasakan sensasi berada di tengah padang savana dan sekaligus hutan.


Pulau Moyo

Destinasi menarik lainnya selain Bali adalah berwisata ke Pulau Moyo, yang terletak tepat di utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memang agak tersembunyi di mata wisatawan. Faktanya, pulau ini memang eksklusif. Ternyata banyak selebriti dunia yang diam-diam menghabiskan liburan pribadinya di sana.

Pulau Moyo memang pantas menjadi destinasi wisata eksklusif, dengan tempat wisata yang lengkap mulai dari suasana laut hingga hutan tropis. Pemanfaatan pulau ini kerap dijadikan objek wisata alam, seperti Taman Berburu dan Taman Wisata Alam Laut. Kawasan Taman Wisata Alam Laut ini terbentang dari Pantai Stema hingga sebelah selatan Tanjung Boko.


Wisata Gunung Ijen dan Gunung Bromo

Khusus yang menyukai wisata petualangan, kamu bisa berwisata ke Jawa Timur untuk menjelajahi Gunung Bromo dan mendaki Gunung Ijen. Pesona alam Gunung Ijen yang paling menarik adalah melihat keindahan api biru atau "the blue fire Ijen". Di sisi lain, wisata Gunung Bromo sangat diminati oleh wisatawan lokal pencinta alam dan juga fotografi.

Pada tur ini biasanya wisatawan akan dibawa menjelajahi Gunung Bromo dengan menggunakan mobil Jeep. Pemandangan spektakuler pegunungan berasap dan hamparan hijau menyejukkan di perbukitan, juga tak kalah menarik.

Kebanyakan wisatawan berkunjung untuk meniknati panorama matahari terbit. Tapi, jika datang pada siang hari, panoramanya juga tak kalah indahnya. Sedangkan saat berwisata ke kawah Ijen, kamu perlu mendaki Gunung Ijen atau trekking menuju puncak kawah. Jika berkunjung pada tengah malam, kamu akan menyaksikan keindahan nyala api biru cerah yang berkelap-kelip di sekitar kawah.


Yogyakarta

Memaksimalkan kekayaan alamnya, Yogyakarta tak pernah kehabisan tempat wisata baru. Mulai dari pantai, spot pemandangan, hutan dan perbukitan, merupakan tempat wisata Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi. Tempat wisata Yogyakarta tersebut antara lain, kawasan Malioboro, Taman Pintar, Taman Sari, Museum Sonobudoyo, Keraton Yogyakarta, dan masih banyak lagi.

Selain itu, jika kamu seorang pecinta alam, kawasan terkenal yang menjadi warisan geologi DIY, wisata Lava Bantal adalah tempat yang seru untuk melakukan geo tubing menyusuri sungai di sana. Nah, jika kamu sangat menyulai es krim, kamu bisa menikmati beragam manisan dingin yang lezat dan berfoto sepuasnya di Ice Cream World.


Sulawesi

Destinasi bagus lainnya selain Bali adalah Sulawesi. Faktanya, Sulawesi merupakan sebuah pulau di Indonesia yang merupakan salah satu dari empat Kepulauan Sunda Besar, dan juga merupakan salah satu dari 11 pulau terbesar di dunia. Sebagai pulau yang memiliki keanekaragaman budaya yang menarik dan juga keindahan alam yang mempesona, Pulau Sulawesi menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Banyak sekali tempat-tempat indah dan menakjubkan di pulau ini yang wajib kamu datangi, antara lain:

  • Pulau Bunaken, di Manado, Sulawesi Utara yang masuk dalam daftar situs warisan dunia karena keindahan alam bawah lautnya yang luar biasa.
  • Bukit Teletubbies, di Luwuk, Sulawesi Tengah yang terkenal akan alam savananya yang asri dan mempesona.
  • Air Terjun Salo Merunge, di Bone, Sulawesi Selatan yang memiliki air terjun tersembunyi.


Sumatera

Keindahan tersembunyi pariwisata Indonesia lainnya terletak di Pulau Sumatera. Biji kopi dari Sumatera memang terkenal nomor 1 di dunia karena Starbucks, bukan? Mungkin kamu sudah familiar dan menyukai rasa dari kopinya? Namun, di sisi lain, kamu wajib melihat pulau ini dengan mata kepala sendiri.

Berikut beberapa contoh tempat wisata alam di Pulau Sumatera yang bisa disebut sebagai "surga tersembunyi":

  • Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat adalah salah satu destinasi wisata alam yang menjadi favorit para peselancar internasional.
  • Tangkahan di Sumatera Utara, cocok bagi pecinta ekowisata hutan dengan kondisi alam yang masih sangat terjaga.
  • Lembah Harau di Sumatera Barat, terkenal sebagai lembah terindah di Indonesia karena suasana alam pegunungan yang dihiasi deretan air terjun indah dan sungai yang jernih.


Nah, dari ketujuh destinasi Wonderful Indonesia diatas, ternyata tak hanya keindahan Pulau Bali saja yang terlihat di mata wisatawan mancanegara. Itu hanya beberapa destinasi terbaik selain Bali untuk menjelajahi pengalaman Indonesia yang sesungguhnya. Jadi, destinasi manakah yang bisa menjadi inspirasi liburan kamu selanjutnya?

Author by: Ayu Putu Niastarika

Artikel terbaru