Eksplore Kuliner Hidden Gem di Pasar Cihapit Bandung

Share:

Eksplore Kuliner Hidden Gem di Pasar Cihapit Bandung

Pariwisata   71   Update: 31/05/2024


Sebagai ibukota provinsi Jawa Barat, Bandung memang tak pernah kehabisan tempat wisata yang menjadi magnet daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi daerah yang dijuluki sebagai kota kembang ini. Tak hanya menawarkan beragam keindahan wisata alamnya seperti Lembang, kini Bandung juga telah memiliki tempat wisata kuliner baru yang cukup tersembunyi (hidden gem) yang berlokasi ditengah pusat pasar Cihapit.

Berbanding terbalik dengan citra pasar yang dianggap kumuh, kotor dan beraturan, saat ini pasar Cihapit sudah terkelola dengan cukup baik mulai dari segi kebersihan, keamanan, dan penataan kios hingga membuat pengunjung yang berdatang betah dan nyaman selama di dalam lingkungan pasar.

Tak ubahnya surga bagi para pecinta wisata kuliner, pasar Cihapit yang semula sebatas pasar tradisional kini disulap menjadi pusat nongkrong hits dan berkempulnya anak-anak muda Bandung dengan sejumlah kios yang menyajikan beraneka ragam jenis makanan-minuman dari lokal hingga mancanegara mulai dari cemilan ringan, kopi, hingga makanan berat semuanya tersedia di satu kawasan yang sama. Bahkan harga untuk setiap makanan pun relatif terjangkau dan murah, mulai dari harga Rp10.000-an saja sudah bisa menikmati beberapa makanan disana.

Berikut ini adalah rekomendasi beberapa tempat yang wajib dikunjungi ketika sedang berwisata kuliner ke pasar Cihapit Bandung.

Sarapan di Warung Nasi Bu Eha

Warung Nasi Bu Eha merupakan salah satu pusat kuliner tertua dan legendaris yang berada di pasar Cihapit. Pasalnya, warung makan ini sudah berdiri lebih dari 70 tahun dan masih tetap mempertahankan citarasa yang otentik dengan beragam jenis menu makanan rumahan yang selalu dimasak secara dadakan.

Dari sejumlah informasi yang didapatkan, dikabarkan bahwa warung nasi ini merupakan tempat makan langganan presiden pertama Indonesia yakni Presiden Soekarno. Bahkan selain itu, terdapat juga beberapa tokoh penting lain seperti Presiden Joko Widodo, Ridwan Kamil hingga beberapa artis papan atas ternama ibukota yang sempat menyambangi Warung Nasi Ibu Eha.

Tamu dan pengunjung besar tersebut kemudian terabadikan dari sejumlah poto-poto yang terpajang di tembok warung hingga menambah citra legendaris warung makan rumahan tersebut.

Wisatawan tak perlu cemas karena takut tak kebagian tempat atau kehabisan menu makanan, karena warung ini sudah menyediakan ruas tempat duduk bangku yang cukup luas dengan banyak pilihan oalahan makanan sunda ala rumahan. Namun apabila ingin tidak terlalu lama mengantri  maka pastikan untuk datang tidak mendekati jam makan siang. Meski tempatnya yang cukup tersembunyi di pojok pasar, namun tempat ini tak pernah kesepian pengunjung yang datang silih bergantian.

Menu makanan yang ditawarkan relatif bervarian mulai dari ayam goreng, berbagai olahan ikan, bakwan, olahan sayur, tumis-tumisan, pepes, tahu, tempe hingga tak terlewatkan sambal tomatnya yang cukup nendang pedasnya. Meskipun di warung ini tidak terdapat list harga yang tertera untuk setiap menunya karena dihitung secara manual di kasir, secara harga dapat dibilang relatif terjangkau mulai dari Rp5.000/menu.

Warung ini buka mulai dari jam 06.00 wib – 15.00 wib dengan alamat lengkap di pasar Cihapit, Jl. Cihapit, Nomor 8A, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

Ngopi Santai di Los Tjihapit

Los Tjihapit merupakan salah satu kios yang menyediakan beragam olehan minuman yang cukup variatif. Kedai kopi ini sudah berdiri sejak tahun 2014, dan hingga saat ini tempat ini selalu menjadi tempat favorit sebagian banyak anak muda kota Bandung.

Tak hanya menyediakan menu minuman, Los Tjihapit juga menyediakan pojok literasi berupa perpustakaan mini yang menyediakan sejumlah buku yang dapat dibaca oleh pengunjung sebagai teman minum kopi sembari menikmati lalu-lalang kesibukan pasar.

Dengan citra yang sederhana, Los Tjihapit kerap menjadi sarana diskusi sejumlah tokoh penting baik dari kalangan akademisi, aktivis, mahasiswa hingga para pegiat sosial yang kerap menyelenggarakan acara pada beberapa waktu tertentu. Maka dari itu tempat ini harus masuk list daftar tempat wajib yang harus kalian kunjungi ketika sedang bervakansi ke kota Bandung.

Meskipun tak selengkap kedai kopi pada umumnya, Los Tjihapit masih memiliki beberapa menu andalan non-kopi seperti berbagai olahan teh, lemon, jahe susu, coklat, jancruk dan kunyit asem dengan harga mulai dari Rp10.000 – Rp19.000 saja.

Untuk lokasi Los Tjihapit sendiri berada di dekat pintu masuk pasar dari arah Gang Nikmat tepatnya di Jl. Cihapit, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung dan selalu buka setiap hari mulai dari pagi sekitar jam 07.00 sampai malam 21.00 wib. 

Santap Siang di Mister Pho

Bagi pecinta kuliner masakan luar negeri maka tempat ini adalah rekomendasi yang tepat untuk list selanjutnya berburu kuliner yang harus kalian kunjungi. Meski nama kedai Mister Pho masih cukup asing didengar sebagian kalangan, namun bagi para pecinta makanan otentik tempat ini memiliki posisi tersendiri yang tak bisa ditunda untuk mencicipi setiap hidangannya.

Melihat dari bahasanya, dikutip dari Mie: Kelejatan Variasi Resep dan Teknik Memasak, Tajir Bumbu (2023), kata pho menjadi simbol dari kelezatan masakan Vietnam. Hidangan ini juga memiliki hubungan dengan akar sejarah dalam budaya asal negaranya tersebut.

Beberapa dari ulasan selalu merekomendasikan tempat ini sebagai pusat kuliner luar yang wajib dikunjungi wisatawan ketika berkunjung ke pasar Cihapit. Rasa yang masih original dengan harga yang cukup terjangkau membuat Mister Pho layak untuk menjadi pilihan persinggahan.

Melihat daftar menu yang tersedia dibeberapa sumber di intenet, Mister Pho menyediakan sejumlah menu pilihan hingga menu andalan seperti Pho Ga (Chicken), Pho Beef, Pho Beef Meat Ball, Pho Mix hingga berbagai jenis minuman seperti Oloang Tea, Sarsaparilla hingga Orange Crush. Meskipun menu yang disajikan adalah masakan Vietnam, namun dari segi harga masih relatif terjangkau yakni untuk minuman Rp5.000 – Rp15.000, sedangkan makanan mulai dari Rp33.000 – Rp48.000.

Mister Pho terletak di Pasar Cihapit, Jl. Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung dan mulai buka dari jam 08.00 wib – 15.00 wib.

Author by: Yayang Nanda Budiman

Artikel terbaru