Setel Delco Naikan Tenaga, Jika Salah Tenaga Ngempos!

Apa itu delco pada mobil tua ? – Part ini (delco) memiliki peran yang sangat penting, sebab ia berperan untuk mendistribusikan pengapian untuk busi. Dengan kata lain, delco digunakan untuk mengarahkan tegangan tinggi dari koil ke busi dengan cara menghubungkan atau memutus arus listrik.

Sudut pengapian pada delco bisa dilihat pada tool scanner, secara umum Waktu pengapian standar adalah 15° BTDC, sedangkan waktu pengapian yang dimajukan adalah 18° dan 21° BTDC.

Namun pada mobil bekas, mobil tua ukuran sudah tidak lagi standar karena faktor usia pakai maka performa mesin akan menurun maka perlu majukan, mundurkan pengapian untuk sampai titik TMA yang pas ( mendekati sempurna) sehingga didapatkan tenaga mesin optimal.

Masalah Salah seting delco mobil

Delco seiring waktu perlu diseting untuk mendapatkan performa mesin terbaik lewat pengapian namun jika salah seting yang didapatkan adalah: Tenaga mesin drop, ngempos tidak kuat nanjak, tenaga loyo, BBM Boros, Mesin bergetar, Nglitik, Sinjal dan suara mesin kasar.

Cara setel delco mobil tua

Tidak ada ukuran, setelan pasti karena setiap delco tidak pernah tau isi dalaman apakah masih bawaan pabrik atau sudah part aftermarket sehingga setingan manual book sudah tidak berlaku, jika part standar pun karena usia pakai maka perlu setingan custome guna mendapatkan performa mesin pengapian terbaik.

  • 1.) Buka kendorkan baut pengikat delco 3 buah biasanya ukuran ring 12″,
  • 2.) Nyalakan mesin sampai mendapatkan suhu kerja 80-93 derajat celcius.
  • 3.) Putar mentok ke kiri, rasakan perbedaan suara dan putaran mesin akan menurun dan jika mengalami mesin sinjal ngempos perlahan putar ke kanan arah jarum jam perlahan sambil di tarik gas secara spontan apakah terjadi nglitik, tenaga ngempos = Artinya setingan belum sesuai.
  • 4.) Putar delco mentok ke kanan rasakan suara mesin, apakah ada kenaikan RPM , pengujian tarik gas secara spontan 3-4x apakah akselerasi responsive = IYA (Sukses), maka itu adalah titik pengapian sempuran dan tenaga mesin optimal.
  • 5.) Selanjutnya, Matikan mesin -> Kencangkan kembali 3 baut pengikat delco secukupnya, SELESAI.
READ :  TIS : Aplikasi Scanner Ecu Mobil Toyota/Lexus

Catatan:

Tidak ada acuan pasti dimana titik letak setingan delco, ingat karena setiap delco mobil memiliki titik pengapian berbeda2, walaupun 1 merk / brand, kok bisa gitu, ya.. karena itu sangat dipengaruhi part, masa pakai, kondisi mesin dan kualitas delco.

Titik pengapian terbaik, bisa di mentok kiri, tengah atau mentok kanan yang jelas jika di gas secara spontan mesin mendapatkan akselerasi responsive tanpa ada tanda2 nglitik, ngempos maka itulah posisi sempurna untuk seting delco mobil.

Pengujian akhir : bisa langsung test drive pada jalan tanjakan apakah tenaga terasa padat, atau ngempos tidak kuat nanjak, bisa diseting ulang delco untuk dapatkan tenaga + performa mesin prima.