Teknologi Ajax Jadikan Website, Situs Lebih Cepat

AJAX terdiri dari beberapa teknologi web dan pemrograman yang memungkinkan aplikasi web untuk bertukar data dengan server web secara asinkron.

XHTML, HTML, dan CSS

Extensible HyperText Markup Language (XHTML), HTML, dan Cascading Style Sheets (CSS) adalah bahasa-bahasa markah. Anda dapat menggunakannya untuk memberi tahu peramban web tentang desain dan gaya konten halaman web Anda.

Misalnya, Anda dapat menggunakan XHTML atau HTML untuk menempatkan teks dan gambar pada halaman web. Kemudian, Anda dapat menggunakan CSS untuk mengubah jenis font dan warna latar belakang.

XML

XML adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan aplikasi yang berbeda untuk bertukar data. Karena data ditampilkan secara berbeda-berbeda dalam berbagai aplikasi, Anda dapat menggunakan XML untuk membuat data menjadi teks biasa. Aplikasi AJAX kemudian dapat bertukar dan memproses data dalam format XML umum.

XMLHttpRequest

XMLHttpRequest adalah API yang memungkinkan peramban web untuk berkomunikasi dengan server web secara asinkron. Anda dapat menggunakan objek XMLHttpRequest untuk mengirimkan sebagian informasi halaman web ke server dalam format XML.

Model Objek Dokumen

Model Objek Dokumen (DOM) mengatur halaman HTML dan XML dalam struktur seperti pohon. DOM terdiri dari simpul-simpul yang dibagi ke dalam simpul atau objek yang lebih kecil. DOM memungkinkan Anda untuk menata atau memodifikasi kode pada halaman tertentu secara lebih efisien.

JavaScript 

JavaScript adalah bahasa pembuatan skrip yang dapat Anda gunakan untuk menyajikan konten dinamis ke halaman web. Konten dinamis merupakan informasi halaman web yang akan diperbarui secara waktu nyata atau bergantung pada interaksi pengguna. Misalnya, di AJAX, JavaScript bekerja dengan teknologi web lainnya yang kami sebutkan di posting ini untuk mengaktifkan pembaruan halaman asinkron.

Cara kerja AJAX

AJAX menggunakan JavaScript dan XML untuk mengaktifkan panggilan asinkron saat peramban dan server bertukar data. Selanjutnya, kami menjelaskan cara peramban secara tradisional bertukar data dan membandingkannya dengan pertukaran data menggunakan AJAX.

READ :  Login, Register CodeIgniter3 (Hash BCRYPT) + Bootstrap4

Pertukaran data tanpa AJAX

Dalam model konvensional, peramban mengirimkan permintaan HTTP ke sisi server saat pengguna melakukan sebuah tindakan. Server web menerima dan memproses permintaan tersebut serta mengirimkan data yang diperbarui ke peramban. Kemudian, peramban menyegarkan halaman web dengan data baru.

Dalam pendekatan ini, peramban akan memuat ulang seluruh halaman meskipun jika hanya ada sedikit perubahan pada data yang diminta. Selain itu, peramban mungkin mengirimkan permintaan yang sering, yang memuat perangkat lunak server web.

Pertukaran data dengan AJAX

Alih-alih memperbarui seluruh halaman, AJAX menggunakan fungsi JavaScript untuk membuat objek XMLHttpRequest pada peramban. Kemudian, AJAX mengumpulkan informasi halaman dalam format XML, yang dikirimkan objek XMLHttpRequest ke web server. Server web lalu memproses permintaan dan merespons dengan data yang diminta. Terakhir, peramban memperbarui layar saat ini dengan data terbaru tanpa menyegarkan halaman.

Mengapa AJAX lebih efisien & Loading Cepat?

Terlepas dari persamaan yang ada dalam hal pertukaran data dan aliran informasi, AJAX lebih efisien dibandingkan permintaan web konvensional. Dengan AJAX, peramban hanya memperbarui konten web tertentu berdasarkan data yang diminta.

AJAX tidak membuat penyegaran yang tidak perlu pada konten lain di halaman. Hal ini membuat aplikasi AJAX menjadi lebih cepat dan responsif dibandingkan aplikasi web konvensional.

Ajax  JQuery

AJAX (Asynchronous JavaScript and XML) itu adalah tehnik yg memanfaatkan XMLHttpRequest berkomunikasi dengan server-side script. Ajax ini bisa menerima dan mengirim data/informasi dalam format JSON, XML, HTML, dan TEXT. Keuntungannya adalah Ajax ini bisa mengirim dan menerima data/informasi tanpa perlu me-refresh halaman web

Sedangkan JQUERY adalah Javascript Library yg bisa dimanfaatkan tuk membuat applikasi web dengan cepat dimana Ajax adalah salah satu library dalam jquery.

Manual books ajax jquery bisa dipelajari pada laman : https://api.jquery.com/jQuery.ajax/