Cara Menjodohkan Burung Murai Batu 4-7 Hari Berhasil

Salam #1 hobi kucau Mania..

Sudah coba jodohkan indukan murai batu tapi hasilnya selalu gagal tidak jodoh, ada baiknya coba cara, tips dibawah ini.

Saat pertama burung murai batu akan masuk kadang ternak ditangkarkan adalah sepasang indukan harus jodoh, namun banyak pemula yang gagal, kesulitan menjodohkan burung murai batu karena banyak hal dan penyebab.

Secara umum karena mendapatkan indukan beli terpisah sehingga proses penjodohan menjadi langkah awal pertama namun dengan kualifikasi, syarat burung:

  1. indukan sehat, tidak cacat, kondisi badan gemuk (tidak kurus)
  2. sepasang indukan sudah masuk waktu produksi, umur 2-3 tahun (mabung ke-2)
  3. disarankan indukan betina karakter jinak (hasil tangkaran)
  4. kondisi sepasang indukan tidak mabung (sedang ganti bulu)
  5. Persiapkan pakan EF (jangkrik, ulat hongkong) untuk menaikan birahi indukan

Hari ke 1-2 Perjodohan

Ini adalah masa, waktu pengenalan…………

Masukan indukan betina murai batu kedalam kandar ternak, tangkar berikan EF (jangkrik, ulat hongkong, cangkang telur ayam) maksimal serta properti pendukung seperti glogok, ranting (buat sarang), Air bak mandi, intinya tempat nyaman dan pakan berlimpah.

Alasan indukan betina yang dimasukan ke kandang tangkar supaya lebih mudah adaptasi, nyaman, dan menguasai zona kandang.

Indukan jantan masih pada sangkar gantung, tempelkan dekat kandang sangkar usahakan kedua indukan saling melihat dan berinteraksi, berikan EF maksimal pada indukan jantan.

Hari ke 3 Perjodohan

Pada hari ke 3 masih sama dengan proses hari ke 1-2.

Hari ke 4 Perjodohan

Pada hari ke-4 silahkan dicoba masukan indukan jantan kedalam kandang penangkaran, pantau dan analisa apakah ada kejadian saling menyerang atau keduanya sudah akur, saling merayu… Jika IYA maka 99% burung murai batu sudah mulai Jodoh.

Namun Jika sebaliknya saling menyerang atau indukan jantang menyerang betina.. cepat segara pisahkan indukan jantan ke kandang gantung kembali sehingga insiden indukan betina mati tidak terjadi.

Hari ke 5 Perjodohan

Pada hari ke 5 coba kembali masukan indukan jantan ke dalam kandang penangkaran jadikan 1 sama indukan betina, pantau dan analisa seperti proses hari ke 4.

READ :  Harga Anakan Murai Batu Medan Trotol

Hasilnya jika sudah akur tidak menyerang dan saling rayu FIX perjodohan burung murai baru 100% berhasil, namun jika masih terjadi kondisi penyerangan hebat maka indukan jantan bisa dipisahkan ulang kembali ke kandang gantung.

Video MB Perjodohan

Kesimpulan

Tidak semua burung murai batu bisa dengan mudah dijodohkan karena setiap burung memiliki gen dan karakter masing2, jika selama 7-10 hari burung tidak kunjung jodoh maka solusi terbaik bisa coba ganti indukan betina yang umurnya lebih tua 1-2 tahun dibanding indukan jantan.

__Ok, semoga informasi ini membantu dan murai batu cepat jodoh, bertelur dan memiliki anakan yg banyak…….