Cara Mengecek Mobil Bekas Yang Bagus, Istimewa

Cara Mengecek Mobil Bekas Yang Bagus, Istimewa

Tips cara pengecekan / inspeksi mobil bekas supaya dapat unit yang bagus & istimewa tanpa ada perbaikan (PR)

Berencana membeli mobil bekas ? Ok, panduan ini menjadi dasar dalam memilih dan menentukan apakah mobil yang akan dibeli masih kondisi mobil bekas masih dalam kondisi baik atau buruk (Ada PR perbaikan) = membutuhkan biaya tambahan.

Rekomendasi mobil bekas harus dalam kondisi baik istimewa tidak memiliki PR sehingga bisa langsung isi BBM pertamax, Gas dan jalan.

Berburu untuk mendapatkan informasi mobil bekas yang di bisa secara online lewat OLX atau Facebook jualbeli (marketplace), pastikan lokasi terdekat supaya bisa mudah dalam check unit & inspeksinya.

 

Bagian / Part mobil bekas

Part mobil bekas yang perlu & wajib di check secara teliti ada 6:

  1. Body luar & dalam + kondisi Cat
  2. ELektrikal sensor / ECU, Lampu
  3. Mekanikal: kondisi & suara mesin + kampas kopling / metic
  4. kaki2 mobil: ban, shock breaker, kampas rem
  5. Surat2 kendaraan: STNK + BPKB (kondisi & harga pajak)
  6. Tools kits (kunci resep, ban serep, dongkrak, konci bawaan mobil)

 

1. Pengecekan Body mobil

  • Luar: cat depan, samping, belakang atas atap apakah mulus / banyak lecet (cat asli / spet)
  • Dalam: kondisi kursi, dashbord, tombol elektrikan lampu, power window, AC, kursi, wiper, platfom pastikan semua dalam keadaan baik dan bersih.

Note: dalam analisa cek cat mobil bekas original minimal 70-80% jika ada perbaikan cat 20% itu wajar pemakain & pastikan kondisi platform mobil bersih & kondisi OK.

Cek apakah ada body mobil khususnya bahan besi yang berkarat, pastikan semua aman dari korosi & karat di bagian luar & dalam mobil.

Pengecekan bagian mobil dashboard depan + kondisi stir mobil wajib dalam kondisi bagus dan semua fitur bekerja normal.

Pengecekan Jok, (cover jok) dalam kondis bagus, tidak sobek atau kondisi jok dalam kondisi kokoh tidak bunyi jika di goyang / dinaiki.

Buka bagian kap mesin apakah besi tulangan depan bagus, tidak bekas laka, yang intinya semua masih ori bukan hasil cat & las.

Penting! – Jika ada indikasi mobil bekas laka berat dengan ditandai tulangan mobil direpair maka disarankan untuk memilih mobil lainya.

 

2. Elektrikal Sensor & ECU Mobil

Pengecekan mobil moder dengan teknelogi injeksi & ECU pada bagian ini membutuhkan alat khusus untuk scan semua sensor elektrikal yang terbubung dengan ACU dan panel LCD Speedo mater.

Gunakan tools:

  1. Scanner Mobil ELM 327 (bisa beli online murah 50 ribuan)
  2. HP android untuk scan kondisi sensor & Ecu

Cara penggunaan:

Info: menggunakan alat scan sensor elektrikal mobile bekas dapat menemukan jika ada sensor rusak, kadang di tandai lampu check engine menyala pada LCD Indikator mobil saat mesin mobil hidup.

Pastikan semua sensor berkerja normal, sehingga waktu di scan tidak ditemukan masalah.

 

3. Mesin, Transmisi & Kampas kopling

  • Pengecekan mesin mobil

hidupkan mesin mobil > Buka pada bagian ruang mesin mobil cek suara mesin?, apakah ada kebocoran oli pada mesin bagian kolong & atas (pastikan mesin kering dan suara mesin halus, tidak pincang). Jangan lupa Check Oli mesin, rem, air radiator

Guna pengecekan kampas kopling dan transmisi lakukan test drive perhatikan respon dari kopling (jika manual), respon pindah gigi jika transmisi automatic.

  • Pengecekan Kali2, AC mobil bekas

Note: pada waktu test drive perhatikan juga kondisi kaki2 mobil, shockbraker, laher (bearing roda) kampas rem (hand rem), AC mobil.

Direkomendasikan ajak teman yang ahli mobil bekas / orang dr bengkel Inspeksi untuk analisa mesin & transmisi (karena jika salah prediksi biaya perbaikan besar & turun mesin).

AC mobil wajib dingin supaya tidak ada biaya tambahan untuk biaya service, cek temperatur & blower AC.

Kondisi Ban mobil sering diabikan padahal ini menjadi penting karena keselamatan dalam berkendara, pastikan ban mobil dalam kondisi layak jalan, jika grip ban tipis waktu ganti ban minta potongan harga guna membeli 4 ban baru (kisaran 4-5 juta).

 

4. Surat2 kendaraan

Data kendaraan / surat menjadi wajib perhatikan pengecekan Nomer rangka / nomor mesin pada STNK, BPKB, dan rangka mesin & body mobil harus sama.

Besaran tarif pajak kendaraan setiap tahun menjadi pertimbangan & kapan waktu bayar pajak untuk berikutnya, jika waktu bayar pajak sudah dekat minta potongan harga diskon.

 

5. Tools Kits

Periksa semua kelengkapan mobil seperti tools kit ban serep, kunci pembuka ban, kunci mobil cadangan, baut towing, indikator segita mogok.

Pastikan semua lengkap, jika ada yang kurang bisa menjadi bahan untuk nego harga mobil bekas, Ok, 5 tips utama cara pengecekan mobil bekas sangat sederhana dan simple, dan bisa dikerjakan sendiri oleh calon pembeli + teman (ahli mobil).

__Ok, semoga bermanfaar & mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dan kondisi bagus.

Editor: | Update: Kamis, 25 Jun 2020 01:02 WIB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *