Cara, Trik Aman Membeli Perumahan dari Developer

Share:

Cara, Trik Aman Membeli Perumahan dari Developer

Properti   292   Update: 29/06/2024


Rumah adalah kebutuhan pokok dalam kehidupan seseorang setelah pangan dan sandang, rumah menjadi tempat terbaik bagi banyak orang untuk menyusun segala rencana dan menikmati kenyamanan bersama keluarga tercinta. Tahun 2024, para pengembang atau kontraktor perumahan mulai melakulan gerakan baru yakni dengan membuat inovasi tipe rumah yang efisien dan nyaman. Jika dahulu tipe rumah paling kecil adalah 36 maka saat ini ada tipe rumah 21, artinya apa?

 

Ingin tahu lebih dalam tentang tipe perumahan 2024, simak detilnya dalam artikel ini yul!

 

Mengapa Muncul Berbagai Tipe Perumahan dan Apa Tujuannya?

Pada dasarnya, seseorang memiliki rumah adalah untuk memberikan rasa nyaman dan kepuasan bahwa telah memenuhi tiga kebutuhan pokok kehidupan. Namun, rumah yang diinginkan tentu berbeda selera setiap orang. Ada orang yang menyukai rumah model minimalis dan luas, model kuno dan luas, model minimalis luas sedang dan mewah luas. Jika diperhatikan kondisi perumahan saat ini banyak mengandung luas halaman terbatas dan bangunan dibuat bertingkat karena ketersediaan lahan untuk rumah mulai merapat tipis.

Untuk itu, banyak pengembang dan kontraktor yang berlomba – lomba memberikan penawaran tipe rumah minimalis harga ekonomis guna membantu klien mendapatkan hunian yang nyaman atas nama sendiri. Hak bangun dan hak milik tentunya berbeda, hak bangun artinya klien hanya memiliki hak atas bangunan di atas tanahnya saja tapi tidak memiliki hak atas tanah. Sedangkan hak milik artinya klien memiliki hak keseluruhan yakni hak tanah dan bangunan di atasnya.

Jadi, untuk anda yang ingin membeli rumah perhatikan dahulu kriteria perumahan dan jenis dari pengembangnya. Jangan sampai, anda membeli perumahan dengan hak bangun dan suatu saat harus membeli tanah dengan harga sangat tinggi. Tipe rumah paling kecil adalah 21 dimana luas tanahnya 21 meter persegi (bisa dibuat 3 meter lebarnya dan 7 meter panjangnya). Sedangkan tipe rumah paling besar adalah 120.

 

Trik Aman Membeli Perumahan

Tahun 2023, banyak menjamur perusahaan kontraktor atau developer yang menawarkan banyak unit rumah dengan harga dan tipe yang diinginkan klien. Namun, perlu anda ketahui bahwa semua perusahaan baru tersebut harus diteliti lebih lanjut dalam profil badan usahanya karena terdapat banyak kasus penipuan klien setelah membayar sejumlah uang DP kemudian tidak ada tindak lanjutan dari perusahaan pengembang.

Agar aman, cobalah pakai trik aman membeli perumahan baik itu KPR atau non KPR:

 

1. Telitilah Reputasi Dan Kredibilitas Developer

Reputasi dan kredibilitas developer dapat diketahui dari banyak rekomendasi klien yang telah memakai jasa perusahaan pengembang tersebut. Sebuah perusahaan developer yang berpengalaman lendati baru sekalipun akan memiliki banyak projek perumahan yang telah dirilis dan banyak klien puas dengan segala kepengurusan pembelian.

Klien bisa mencari dari situs website perusahaan pengembang tersebut dan cek media sosialnya agar semakin yakin untuk mengambil pembelian rumah KPR.

 

2. Masukkan Nomor Profil Badan Usaha Dari Developer Di Situs PUPR

Setiap perusahaan pengembang perumahan pasti ada nomor badan usaha yang tertera dalam instansi dan legalitas. Masukkan nomor usaha perusahaan di situs Kementrian Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) masing – masing daerah. Nantinya jika muncul maka perusahaan tersebut bisa dipercaya. Selain pengecekan lewat situs PUPR, klien juga bisa mengecek di badan hukum usaha Indonesia untuk lebih meyakinkan lagi. Ada baiknya pengecekan dilakukan tidak hanya 1-2 instansi saja guna menguatkan minat pembelian rumah KPR atau non KPR.

 

3. Jangan Lanjutkan Jika Membayar DP

Apabila ada perusahaan pengembang perumahan yang meminta uang DP sebaiknya dihindari terlebih jika bentuk fisik rumahnya masih belum ada (inden). Banyak kasus yang sering terjadi adalah uang DP yang terlanjur masuk tidak dialokasikan untuk belanja material tapi digondol oleh pihak pengembang yang mulai pailit.

 

4. Ada Penjelasan Detil Tentang Status Rumah

Perusahaan pengembang yang amanah tentu telah memperoleh status unit rumah yang telah dibangun tersebut. Contoh, status ijin mendirikan bangunan semua unit di atas tanah seluas sekian hektar adalah milik pengembang seutuhnya. Sehingga, klien yang akan membeli nantinya memperoleh hak tanah dan hak bangunan ketika serah terima akta atau surat rumah dan tanah. Jadi, ada pemindahan tangan dari IMB perusahaan pengembang ke IMB klien.

 

5. Cek Nomor IMB Perumahan

Setelah serah terima segala dokumen administrasi jual beli perumahan maka klien bisa mendapatkan surat sah nomor IMB perumahan atas nama pribadi. IMB sangat diperlukan sebagai bukti riil bahwa rumah yang dibeli terdaftar di data pertanahan negara Indonesia dan telah menjadi hak penuh pembeli rumah KPR. IMB ini akan berhubungan dengan pajak tanah dan bangunan kelak ketika turun dan wajib terbayarkan setiap tahunnya.

 

6. Wajib Pakai AJB dan SHM

Proses kepengurusan pembelian rumah dan tanah KPR selesai dengan penyerahan terima dokumen dan segala bentuk bukti dari pihak ketiga (notaris dan ppat) kemudian ada AJB (akta jual beli) dan SHM (sertifikat hak milik) sebagai bukti bahwa tanah dan rumah adalah milik klien seutuhnya dan tinggal nantinya klien membayar angsuran setiap bulan ke bank. Untuk pembelian KPR, sertifikatnya masih dipegang oleh pihak bank, setelah lunas barulah sertifikat tersebut diberikan utuh ke pemilik sahnya. Jadi, bukan dipegang oleh pengembangnya ya!

 

7. Hindari Calo Developer dan Lengkapi Dokumen Pembelian

Nah, banyak orang tidak tahu kemana harus membayar cicilan angsuran rumah ketika membeli dari pengembang ya?

Perusahaan pengembang terpercaya akan menyerahkan semua pembayaran ke bank yang ditunjuk, untuk itu klien membayar cicilan langsung ke bank atau lewat rekening yang ditunjuk. Jangan membayar ke pegawai perusahaan pengembang karena bisa dikhawatirkan disalahgunakan.

 

Kesimpulan

Agar klien puas dengan pembelian rumah harga tinggi sebaiknya cek terlebih dahulu legalitas dan profil pengembang (kontraktor perumahan), perhatikan juga lokasi apakah strategis dengan fasilitas umum dan pusat perbelanjaan, sekolah. Perumahan tipe apapun akan nyaman jika klien pintar memilih kriteria yang diidamkan. Carilah perumahan yang bentuk fisiknya telah ada karena lebih dijamin keamanannya dibandingkan perumahan inden.

Author by: Titin astuti

Artikel terbaru


Keyword

daftar tipe perumahan perumahan tipe 21 dimensi tipe perumahan perumahan tipe minimalis