7 Trends SEO Google 2024 Terbaru

SEO trends merujuk pada perubahan dan evolusi dalam dunia optimasi mesin pencari yang dapat memengaruhi strategi bisnis dalam melaksanakan pemasaran secara online.

Dengan mempelajari tren SEO, Anda bisa terus mengetahui pergeseran atau perubahan yang terjadi baik dari segi algoritma mesin pencari, preferensi pengguna, tren pencarian, atau teknologi mutakhir yang berperan penting dalam menentukan peringkat dan visibilitas suatu situs web di hasil pencarian.

Setiap bisnis perlu mempelajari Google trend SEO agar tetap relevan dan mampu bersaing di dunia digital yang dinamis.

SGE Google

Pada Agustus lalu, Google mengumumkan bahwa fitur SGE sendiri sudah mulai diperluas dan dapat digunakan di wilayah India dan Jepang. Tidak lama kemudian, Google juga membuka akses penggunaan SGE pada 120 Negara, termasuk Indonesia.

Inilah yang membuat SGE menjadi salah satu inovasi dan ekspansi terbesar yang dilakukan oleh Google.

Lantas, bagaimana cara mengoptimasi konten untuk SGE?

Anda belum bisa merencanakan secara pasti bagaimana langkah untuk mengoptimalkan Search Generative Experience dari Google mengingat penerapannya yang belum lama ini.

Namun, untuk menjawab SEO trends 2024 tersebut, Anda perlu meningkatkan kualitas konten yang diproduksi agar tetap bisa memenangkan persaingan di mesin pencari.

Pasalnya, informasi yang disajikan oleh SGE nantinya akan tetap mengandung tautan ke konten atau sumber yang dinilai relevan dan mendominasi hasil pencarian.

Direct Language

Untuk menjawab SEO trends 2024 sekaligus bersiap merancang strategi SGE, Anda bisa mulai memproduksi konten dengan direct language. Apa maksudnya?

Saat memasukkan search query tertentu, Anda pasti menyadari bahwa hasil pencarian Google akan merujuk pada bagian atau blok teks dengan visualisasi menyerupai snippet. 

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memproduksi konten secara lugas dan tidak bertele-tele. Sebagai contoh, daripada menyajikan penjelasan panjang lebar dalam beberapa paragraf, user dan mesin pencari akan lebih menyukai hasil direct yang dituangkan dalam list, bullet points, atau section tertentu.

READ :  7 Fakta Tentang SEO Google, Perlu kamu pahami

Post Update

Tren SEO lainnya di 2024 adalah semakin mengutamakan informasi baru. Dengan demikian, Anda sangat disarankan untuk memproduksi konten artikel yang mengandung informasi baru dan bukan hanya mengutip ulasan dari sumber atau situs lain.

Publikasi artikel yang mengungkapkan temuan terbaru, riset eksklusif, atau pandangan yang belum umum dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan visibilitas di hasil pencarian.

Konten Berkualitas

konten artikel SEO-friendly yang dikaji secara mendalam atau divalidasi langsung oleh expert akan lebih berpotensi untuk memenangkan halaman SERP.

Jika user menemukan data yang komprehensif dan divalidasi oleh ahli industri pada artikel yang Anda tulis, maka konten tersebut lebih berpeluang untuk:

  • Memperoleh CTR yang lebih tinggi.
  • Dwell time (waktu yang dihabiskan user pada halaman Anda) yang jauh lebih lama.
  • Meningkatnya engagement rate.

Untuk itu, Anda harus mulai merancang strategi SEO dengan berfokus pada peningkatan kualitas konten agar memenuhi E-E-A-T guidelines yang disarankan oleh Google.

Zero-Click

Belakangan ini, fenomena zero-click searches semakin meningkat dan diperkirakan akan terus dinamis ke depannya.

Menurut studi zero-clicks oleh Semrush, sebanyak 57% pengguna perangkat mobile langsung meninggalkan halaman SERP tanpa melakukan clicking pada konten organik maupun paid content. 

Fenomena ini bisa terjadi karena beberapa alasan. Secara umum, potensi zero-click searches akan semakin besar terutama ketika user melakukan pencarian tentang:

  • Bisnis atau layanan lokal: Google sudah menyediakan informasi lengkap di halaman SERP sehingga user tak lagi harus memasuki halaman situs.
  • Informasi selebritas atau figur publik: Hasil pencarian terkait selebritas umumnya menampilkan informasi lengkap yang dibutuhkan oleh user, baik dari tanggal lahir, umur, pekerjaan, dan riwayat karirnya.
  • Konversi dan kalkulasi: Untuk pencarian seperti “Berapa Rp12.000 dalam dolar Amerika” umumnya akan langsung menyajikan hasil kalkulasi dalam hasil SERP.

Untuk meminimalisir zero-click, Anda bisa berfokus untuk memaksimalkan informasi lugas dan langsung pada jenis konten yang sekiranya kurang ampuh mengundang klik.

User Experience

Google menegaskan bahwa situs web tidak hanya harus mudah digunakan tetapi juga sanggup menyediakan konten yang bermanfaat bagi pengguna.

READ :  Optimasi SEO ibarat investasi bisnis jangka panjang

Intinya, strategi Anda terkait SEO trend 2024 ini juga perlu mengutamakan bagaimana cara membuat user atau visitor Anda merasa puas, baik dari segi informasi yang disajikan, visualisasi, dan navigasi yang mudah di situs tersebut.

Untuk menunjang hal ini, Anda bisa:

  • Menyederhanakan flow atau alur navigasi pada website.
  • Meningkatkan kecepatan loading halaman.
  • Memecah konten dengan pembahasan panjang agar menjadi paragraf yang lebih mudah dibaca.
  • Memprioritaskan user yang menggunakan perangkat mobile. 

Topical Authority

Mesin pencari seperti Google mulai mengandalkan topical authority guna mencari pakar industri yang selalu berhasil menjawab pertanyaan pengguna.

Agar situs Anda bisa menjadi otoritas di niche tertentu, Anda perlu membahas seluruh aspek di dalam sebuah topik.

Selain itu, cobalah untuk mulailah sajikan informasi-informasi tersebut dengan pembahasan yang mendalam.

Pastikan artikel Anda tidak terbatas pada pengertian, tetapi juga membahas contoh penerapan, persentase data, grafik, dan studi kasus nyata di lapangan.