UPDATE SEO: Algoritma Google Terkonfirmasi 2020

321 Shares

UPDATE SEO: Algoritma Google Terkonfirmasi 2020

Trend Perkembangan Update Algortima SEO Google 2020

Algoritma BERT Google di awal tahun 2020, Tren SEO ini paling hits adalah peluncuran Algoritma terbaru dari Google yang di beri nama BERT. Algoritma BERT tidak dapat di pungkiri akan sangat mempengaruhi Teknik SEO secara keseluruhan.

Update Google Core Algortima

4 Mei 2020 – Google mengumumkan akan meluncurkan pembaruan inti baru (core update algoritma), pembaruan inti Mei 2020, Senin. Ini adalah pembaruan inti kedua tahun 2020

Pembaruan algoritma Google inti setiap beberapa bulan atau lebih. Itu hanya sedikit lebih dari 3 bulan yang lalu sejak pembaruan inti Januari.

Dampak buruk dari update google core (4 mei, 20) ini banyak situs blog yang rangking turun / hilang dari halaman 1 sehingga volume traffic menurun drastis.

Apa yang harus dilakukan jika situs blog terkena dampak update. Google telah memberikan saran tentang apa yang harus dipertimbangkan jika blog terkena dampak negatif oleh pembaruan inti core algoritma update. 

 

Update Algortima Google Januari

22 Januari 2020 –  Google mengumumkan bahwa hasil URL dalam Cuplikan Unggulan tidak akan lagi muncul sebagai hasil organik sebelumnya yang harus no.1, sekarang hasil cuplikan kaya bisa mengambil dari konten blog yang bukan halaman 1 artinya bisa 2,3 dan seterusnya.

Contoh:

Hasil pencarian dari google versi mobile dengan keyword “harga seo”, URL yang jadi featured search / cuplikan kaya tidak tayang / No di halaman 1.

Hasil update algortima google ini untuk SEO adalah memberikan kesempatan kepada blog yang memiliki konten valid, relevan dengan keyword.

 

Algortima Google Januari bag.2

22 Januari 2020 – Terkonfimasi – FAQ: Schema, Tayang di google penelusuran untuk membantu user informasi mendapatkan pertayaan & jawaban singkat .

UPDATE SEO: Algoritma Google Terkonfirmasi 2020

Informasi terkonfirmasi dari halaman google: https://developers.google.com/search/docs/data-types/faqpage

__Sumber data: MOZ.

Lanjut ke – Penjelasan Algoritma:

Arti BERT (Bidirectional Encoder Representations dari Transformers) merupakan sebuah teknologi yang dapat membuat Google lebih memahami konteks / istilah pencarian yang dimaksud oleh user. Sistem ini dapat menelaah korelasi setiap kata kunci yang diketik oleh user.

Perubahan algoritma ini [bert] akan sangat terasa kepada mereka yang menerapkan teknik SEO dengan cara memanipulasi kata-kata saja.

  • Apa yang harus dikerjakan (SEO) untuk Algortima BERT ?

Pastikan & koreksi konten untuk mengedepankan isi dan pembahasan yang jelas dalam artikelnya berdasarkan judul, keyword & topik yg dibuat tanpa mendahulukan SEO-2an, Sehingga algoritma google Yang baru ini akan lebih memberikan rangking ke konten2 yg relevean.

Intinya Apa yang orang cari lewat google berdasarkan prasa, istilah keyword akan lebih pas, dengan apa yang kita inginkan.

Tambahan: Google Saat ini memberikan Jumlah Konten promote / Iklan google semakin banyak tayang di bagian atas 4 & bawah 3, Tentunya ini membuat hasil penelusuran google lewat SEO organik semakin terpojok khusus keyword transaksional.

 

Kategori terdampak SEO Google 2019 / 2020

Kategori konten ini akan mendapatkan efek buruk secara signifikan setelah google update & trend seo google:

UPDATE SEO: Algoritma Google Terkonfirmasi 2020

Kategori kesehatan, kendaraan, kecantikan menjadi sorotan & prioritas update algortima google 2019 – 2020 utama untuk di pantau dengan frekuensi > 120 derajat.

 

Solusi SEO konten kesehatan

  • Kasus masalah: website toko herbal sudah terlanjur banyak konten kesehatannya gmn ya.. apakah harus dihapus?
  • Solusi seo terbaru: konten tidak perlu dihapus, pastikan konten dikasih rujukan atau link dr pakar, ahli yang kredibel sehingga konten dianggap berkualitas. ya setidaknya ada review dr dokter – ahli terkait.

 

Cara SEO Google 2019

Berikut semua cara, tips seo dengan praktik terbaik untuk menghadapi tren SEO google 2019 <> 2020 :

Update Algortima google mulai fokus pada konten berkualitas (SEO OnPage) dengan dukungan domain authority yang kuat termasuk: nilai score domian, DA & PA.

 

1. Fitur Google Asisten

Meningkatnya penggunaan asisten digital (Google asisten) dan perangkat rumah pintar, menjadikan menggunakan fitur seperti “Pencarian Suara” lebih sering pada tahun 2019 / 2020.

Optimalkan keyword longtail / kata kunci turunan karena user berkomunikasi langsung dengan mesin pencari dalam pencarian yang dikontrol oleh suara secara.

 

2. Kurangi konten kesehatan

Berdasarkan update & tren algortima google 2018 – 2019 terbaru yang telah dikonfirmasi, maka kita rekomendasi untuk tidak membuat situs, blog baru dengan kategori ( nice ):

  • Kesehatan
  • Kendaraan: mobil, motor, dll
  • Kecantikan / perawatan.

Jika sudah terlanjur membuat blog kategori diatas, pastikan isi konten dapat terpercaya, valid & mendapatkan rujukan resmi dari ahli / pakar-nya.

Supaya tetap bisa bertahan atau naik di halaman 1 Google di 2019 // 2020. Kamu bisa pilih nice lainya yang aman dan lebih cepat di optimasi dengan metode seo organik,

 

3. Data terstruktur ( cuplikan kaya )

Google memberikan fitur data terstruktur untuk membuat cuplikan kaya seperti rating bintang, review, dll – ini karena ruang yang tersedia menjadi lebih kecil disebabkan perubahan pengaturan iklan yang massive.

UPDATE SEO: Algoritma Google Terkonfirmasi 2020

contoh rating – cuplikan kaya google

Pastikan blog, website kamu memiliki cuplikan kaya sehingga mendapatkan perhatian lebih oleh user & tetap mendapatkan klik (traffic) tinggi, walaupun tidak tayang di paling atas (no.1), karena sudah terisi space iklan.

 

4. Pengalaman Pengguna (UX)

User Experience [ ux ] menjadi fokus utama dalam optimalkan website, blog dengan cara seo 2019, 2020, karena seo yang kita buat bukan hanya untuk robot mesin pencari google, namun lebih ke user (orang) yang menggunaakan google untuk menemukan situs kita.

SEO On-Page masih Work & penting pada tren SEO saat ini !!

Bagian yang harus dimaksimalkan:

A). Performa website, Speed loading fast sangat penting untuk seo saat ini karena prilaku user menyukai sesuatu yang serba instan atau cepat,

Gunakan alat speed test seperti gtmetrix atau PageSpeed ​​gratis dari Google untuk memastikan loading time dibawah 5 detik.

B.) Mobile FriendlySaat ini hasil penelusuran google lebih di dominasi oleh smartphone atau tablet, Penggunaan desain blog responsive menjadi hal super penting.

 

5. Backlink Hidup kembali di tahun 2020

Ada issu: “SEO sudah mati” atau “Pembuatan baklink mati”, Namun pada kenyataannya, bahkan pada 2019 backlink akan terus memainkan peran penting.

  • Fakta Google

mempertimbangkan menyebutkan situs web atau merek di situs web lain, meskipun tidak ada tautan langsung yang merujuk ke halaman target.

Aturan backlink di 2019: bangun tautan ke halaman / backlink yang benar2 berkualitas sehingga menjadi tambahan traffic potensial & mendongkak rangking Google.

  • Kenapa bisa ?

Pada tahun 2018, Gary Illyes dari Google mengatakan pada konferensi bahwa PageRank yang baik masih merupakan sinyal peringkat yang penting bagi Google secara internal. Dan kekuatan tautan, atau otoritas, dicapai melalui backlink.

 

6. Konten gambar / video

Data google menunjukan tren pencarian lewat galeri gambar maningkat tajam khusunya di tahun 2018, ini menjadi sinyal kuat untuk maksimalkan seo disisi image atau video.

  • Fakta lapangan User

Minat baca jaman now! ini udah berkurang, turun drastis! Masukan Konten gambar & video dalam blog agar memberikan pengalaman terbaik untuk user, sehingga blog menjadi tetap ramai & exist.

  • Contoh aplikasi Gambar

Buat desain gambar lebih informatif, menarik yang mengandung muatan brand & topik yang mewakilli konten, sehingga performa gambar / video akan lebih maksimal.

Editor: | Update: Jumat, 29 Mei 2020 14:56 WIB

99 thoughts on “UPDATE SEO: Algoritma Google Terkonfirmasi 2020

  1. Avatar for Fajri AlhadiFajri Alhadi

    OOT : Mas, ini theme barunya pake theme apa ya ?

    Simple, clean dan bagus

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      tema kita custome dari better themes mas.

  2. Avatar for LinimasaadeLinimasaade

    Ada bagusnya juga ya update seperti ini. Apakah blog AGC kenapa dampaknya? Soalnya beberapa artikel saya kena AGC.

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      Jangankan AGC, manual saja kalau tidak memberikan UX yg fresh akan kena imbas nyungsep!

    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      kalau memang perlu bs saja untuk info2 tambahan yg sering ditanyakan oleh customer

    2. Avatar for HasifHasif

      Hirarki url/post itu menambah SEO nggak mas?

    3. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      iya akan lebih baik untuk SEO

    4. Avatar for ArifArif

      Backlink gratis yang disrankan artikel situ aman tidak?

    5. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      asal natural & relevan aman

  3. Avatar for Reynaldi AryaReynaldi Arya

    Ada tutorial cara nambah backlink sendiri nggak hu?

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      iya benar, semakin kreatif karena ada tantangan

  4. Avatar for syarifsoden.xyzsyarifsoden.xyz

    semakin lama tingkat kesulita SEO juga semakin bertambah, apa lagi sekarang pengguna smartphone lebih suka buka youtube ketimbang blog.

    Reply
  5. Avatar for nandananda

    artikel yang sangat membantu bagi kami yang awam ini

    Reply
  6. Avatar for Septyan WidiantoSeptyan Widianto

    Sayang sekali, baru menemukan artikel ini pada akhir 2019.

    Apakah ada prediksi yang akan terjadi untuk 2020?

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      ada mas,coba cek artikle seo terbaru kita.

  7. Avatar for inoxindinoxind

    Konten yang bagus dan penting untuk menambah wawasan

    Reply
  8. Avatar for Ferry Lumban GaolFerry Lumban Gaol

    Terima kasih atas informasinya, hal ini cukup membantu saya dalam membuat konten.
    Cuma menurut pengalaman saya, membuat konten kesehatan sebaiknya benar-benar harus dari sumber terpercaya agar tidak menimbulkan kesalahan informasi.

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      Ok siap mas gan, ini benar banget karena konten kesehatan harus valid dan sumber kredibel karena mencakup kesehatan orang banyak.

  9. Avatar for Bincang HostingBincang Hosting

    Baru pertama main di blognya mas Andreas, kontennya bagus dan informatif. Sudah lama sekali saya tidak update masalah SEO. Semakin kesini semakin susah kayaknya hehe

    Sarannya tentang cuplikan kaya mantul mas, kayaknya bagus buat ningkatin CTR. saya akan coba di blog saya.

    Salam kenal.

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      Ok siap mas, cuplikan kaya untuk sedikit solusi karena masive nya iklan google ads yang sampai 4 biji di atas, sehingga lewat cuplikan kaya akan menarik user lebih dalam = CTR akan lebih baik walau tidak menjadi no.1

  10. Avatar for niken swastikaniken swastika

    Informasi yang sangat bermanfaat,
    Salam sukses 🙂

    Reply
    1. Avatar for Banggita ArchiveBanggita Archive

      Terimakasih untuk ilmunya

  11. Avatar for Reza TakitaReza Takita

    Baru tau semalam mas, karna penasaran kenapa di google search console gak bisa indeks artikel. Pas dicari2 artikel luar ternyata lagi update algoritma

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      Iya benar sekali mas, nanti kalau update sudah Ok akan normal kemabali.

  12. Avatar for RezasayutiRezasayuti

    Mas, apakah update goole 2019 ini berpengaruh juga ke traffic blog yg memakai tema/template lawas versi gratis kah? Makasih mas

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      iya mas, pastikan template simple, fast loading dan responsive

  13. Avatar for DewataDewata

    Siap dicoba di website saya ***ata.id, master. Terima kasih informasinya. Hihi

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      ya sama2 mas, semoga manfaat

  14. Avatar for HeruHeru

    malam pak
    mau nanya
    kira2 niche yang seringkali aman dari amukan google update algoritma apa saja ya?

    Reply
  15. Avatar for Ilham wijayaIlham wijaya

    Apa cuma saya yang masih bulak balik mencari seo 2019 indonesia? Hadeh….

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *